Sukses

Ditanya Soal Denuklirisasi Semenanjung Korea, Ini Jawaban Kim Jong-un

Liputan6.com, Hanoi - Dalam konferensi singkat sebelum berlanjutnya KTT Vietnam, seorang wartawan bertanya kepada Kim Jong-un, apakah dia bersedia untuk sepenuhnya melucuti persenjataan nuklirnya.

"Jika saya tidak bersedia melakukannya, saya tidak akan berada di sini sekarang,: jawab Kim melalui penerjemahnya, sebagaimana dikutip dari CNN pada Kamis (28/2/2019).

Seorang penerjemah CNN mengatakan frasa asli Kim Jong-un juga dapat diartikan sebagai "Saya tidak akan datang ke sini, jika saya tidak memiliki kemauan."

Kim Jong-un telah berulang kali mengatakan pada KTT di Korea Selatan dan Singapura, bahwa ia bersedia menyerahkan persenjataan nuklirnya.

Tetapi, menurut para ahli, sejauh ini hanya ada sedikit bukti kemajuan dalam pembuktian denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Sementara itu, Donald Trump mengatakan, hubungan kedua pemimpin itu "benar-benar bagus."

"Kami membuat banyak kemajuan," kata Trump tentang pertemuan puncak pertama mereka. "Saya pikir kemajuan terbesar adalah hubungan kami, benar-benar bagus."

Ditanya apakah KTT ini akan menghasilkan deklarasi politik untuk mengakhiri Perang Korea, Trump mengatakan: "Kita lihat nanti."

Di lain pihak, Kim mengatakan dia "yakin akan mencapai hasil yang luar biasa yang akan disambut oleh semua orang."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

2 dari 2 halaman

Batal Melakukan Bincang Pagi di Tepi Kolam Renang

Sebelumnya, Donald Trump dan Kim Jong-un membatalkan agenda bincang santai di tepi kolam renang Sofitel Legend Metropole Hanoi, hotel legendaris yang menjadi lokasi pertemuan awal dan jamuan makan malam kedua pemimpin negara.

Menurut pantauan media di Hanoi, Donald Trump dan Kim Jong-un memindahkan agenda obrolan tersebut ke dalam hotel karena cuaca yang panas dan lembab.

Badan cuaca Vietnam melaporkan suhu udara di Hanoi adalah 73 derajat Fahrenheit (sekitar 23 derajat Celsius), namun dengan kelembapan yang sangat tinggi, hingga mencapai 93 persen.

Pagi ini, Donald Trump dan Kim Jong-un disebut mengenakan setelan lengkap yang merepresentasikan kepemimpinan masing-masing.

Belum ada kabar lebih lanjut tentang rangkaian pertemuan Trump-Kim pada hari kedua KTT Vietnam.

Loading
Artikel Selanjutnya
Luncurkan Iklan Anti-Donald Trump, Miliarder New York Siapkan Rp 1,4 Triliun
Artikel Selanjutnya
Ini yang Terjadi Saat Sidang Dengar Pendapat Pemakzulan Donald Trump Terbuka