Sukses

Kalahkah Singapura, Uni Emirat Arab Jadi Negara Pemilik Paspor Paling Sakti

Kenaikan Uni Emirat Arab (UEA) ke puncak daftar paspor paling sakti di dunia ini mengejutkan sebagian kalangan. Tahun sebelumnya bahkan tak masuk 10 besar.

Liputan6.com, Jakarta - Sangat tak diduga, Uni Emirat Arab sekarang menjadi negara pemilik paspor paling sakti di dunia dan dengan akses paling banyak ke sejumlah besar negara bebas visa.

Menurut penilaian The Passport Index yang dikutip dari New Zealand Herald, Selasa (4/12/2018), negara Timur Tengah mendapatkan akses masuk ke empat negara baru pada awal bulan. Menjadi 167 tepatnya.

Jumlah tersebut mengalahkan perolehan paspor nomor satu tahun lalu, Singapura. Menurut The Passport Index, Singapura saat itu menjadi yang teratas setelah Paraguay menyingkirkan pembatasan untuk orang Singapura. Itu berarti sekitar 5,6 juta pemegang paspor Singapura sekarang dapat melakukan perjalanan ke 159 negara tanpa visa sama sekali, atau dengan visa on arrival--pada saat kedatangan.

Singapura, yang sekarang berbagi tempat di posisi kedua dengan Jerman, adalah paspor pertama dari Asia yang masuk ke daftar paspor paling sakti.

Sementara paspor Australia berada di tempat ketujuh, sejajar dengan Malaysia, Slovenia, Polandia, Lithuania, Slovakia, dan Latvia.

Di posisi tersebut, warga Australia dapat melakukan perjalanan ke 109 negara bebas visa dan mendapatkan visa on arrival dari 52 negara.

Sedangkan pemilik paspor hitam, Selandia Baru, berada di tempat keenam bersama Islandia dan Malta. Para wisatawan itu dapat memasuki 162 negara tanpa visa yang telah diatur sebelumnya.

Selandia Baru memiliki akses bebas visa ke 112 negara, dengan visa on arrival yang diberikan oleh 50 negara pada saat kedatangan.

Kenaikan UEA ke puncak daftar paspor paling sakti di dunia ini mengejutkan sejumlah pihak. Sebab, tahun lalu paspor biru yang memiliki gambar burung elang itu bahkan tak masuk jajaran 10 besar.

Kendati demikian, pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, menyambut baik berita itu.

"Selamat kepada UEA dan rakyatnya, terima kasih banyak kepada tim Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional," tulis Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum dalam unggahan statusnya di Twitter.

Data peringkat paspor ini dianalisis oleh perusahaan konsultan global yang berbasis di Kanada, Arton Capital. Indeks paspornya diperoleh dari peringkat pada akses lintas batas yang diberikan oleh masing-masing paspor.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Peringkat...

Lalu, di bagian paling bawah daftar pemilik paspor paling sakti di dunia di tempati oleh Irak dan Afghanistan, dengan akses bebas visa hanya ke 32 dan 29 negara.

Berikut ini peringkat sepuluh besar paspor paling sakti di dunia dari urutan teratas.

1. Uni Emirat Arab

2. Singapura, Jerman

3. Denmark, Swedia, Finlandia, Luksemburg, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Norwegia, Korea Selatan dan Amerika Serikat

4. Belgia, Austria, Jepang, Yunani, Portugal, Swiss, Irlandia dan Kanada dan Inggris

5. Republik Ceko dan Hungaria

6. Malta, Islandia, Selandia Baru

7. Malaysia, Slovenia, Polandia, Lithuania, Slovakia, Latvia dan Australia

8. Estonia

9. Rumania dan Bulgaria

10. Siprus dan Liechtenstein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.