Sukses

Detik-Detik Jembatan Layang di Genoa Italia Ambruk

Sejauh ini 26 orang tewas dan 15 orang terluka parah akibat terdampak jembatan ambruk di Genoa, barat laut Italia.

Liputan6.com, Genoa - Jembatan layang di Kota Genoa, barat laut Italia ambruk pada Selasa 14 Agustus 2018. Polisi mengatakan sedikitnya 26 orang tewas dan 15 terluka parah, ketika puluhan kendaraan jatuh dari ketinggian 45 meter (148 kaki).

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/8/2018), sekitar 300 petugas pemadam kebakaran dari seluruh Italia dikerahkan. Anjing pelacak dan tim yang menggunakan climbing gear juga diturunkan dalam upaya pencarian korban.

Laporan yang beredar mengatakan terdengar suara tangisan dari orang yang terperangkap di bawah puing-puing. Sebanyak 12 orang dilaporkan hilang.

Ratusan orang di sekitarnya juga dievakuasi, di tengah kekhawatiran bagian lain dari jembatan itu mungkin akan ambruk lagi.

Penyebab bencana, yang terjadi selama hujan deras, sejauh ini belum diketahui. Kendati demikian mengarah pada keamanan struktur tersebut.

Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini bersumpah untuk menghukum siapa yang bertanggungjawab sebagai penyebab jembatan runtuh. 

Jembatan Morandi yang runtuh itu dibangun pada tahun 1960-an, berada di jalan raya tol A10, jalur penting untuk lalu lintas barang dari pelabuhan setempat, yang juga menghubungkan Italian Riviera dan pantai selatan Prancis.

Tim penyelamat berada di antara puing-puing jembatan jalan raya Morandi yang ambruk di kota Genoa, Italia, Selasa (14/8). Mobil-mobil jatuh dari jembatan serta puing-puing tiang ke arah rel kereta. (Vigili Del Fuoco via AP)

Bagaimana Jembatan Itu Runtuh?

Bagian jembatan berukuran sekitar 200 meter jatuh sekitar pukul 11.30 waktu setempat. Polisi mengatakan hujan deras tengah mengguyur kota itu.

Seorang saksi mata yang tak disebutkan namanya, dikutip oleh kantor berita Italia Ansa mengatakan: "Kami mendengar suara dentuman yang luar biasa keras dan awalnya kami pikir itu adalah guntur.

"Kami tinggal sekitar 5 kilometer dari jembatan dan mendengar ledakan keras... Kami sangat takut ... Lalu lintas menjadi kacau dan kota lumpuh."

Gubernur wilayah Liguria, Giovanni Toti, pun angkat bicara terkait tragedi ini.

"Runtuhnya jembatan itu merupakan "insiden dengan proporsi besar di jalan arteri yang vital, tidak hanya untuk Genoa, tetapi untuk seluruh negeri", kata Toti.

"Jembatan Morandi menghubungkan tiga pelabuhan utama di negara kita, yang digunakan oleh puluhan, bahkan ratusan ribu orang. Mereka berangkat dari pelabuhan-pelabuhan ini pada hari libur. Dermaga ini menerima sebagian besar barang impor negara. Ini merusak struktur logistik Italia. Kami mengharapkan respons yang sangat cepat dari pemerintah," tegas Toti.

Kepala Departemen Perlindungan Sipil Italia, Angelo Borrelli, mengatakan pihak berwenang tengah berusaha mengatur bantuan bagi mereka yang terkena dampak bencana, serta mengatur pengalihan untuk lalu lintas.

Berikut ini detik-detik saat jembatan di Genoa, barat laut Italia runtuh:

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi Penyelamatan

Juru bicara polisi Genoa, Alessandra Bucci menyebut, operasi penyelamatan korban yang tertimpa puing jembatan masih berlangsung hingga kini.

"Kami melanjutkan operasi penyelamatan karena kami pikir ada orang lain yang masih hidup di bawah reruntuhan," kata Bucci.

Tim penyelamat dari seluruh Italia utara tengah berjibaku menyelematkan mereka yang terjebak di antara reruntuhan.

Tim penyelamat berada di antara puing-puing jembatan jalan raya Morandi yang ambruk di Genoa, Italia, Selasa (14/8). Hanya 100 meter dari total satu kilometer panjang jembatan tersebut yang dilaporkan ambruk. (Vigili Del Fuoco via AP)

Dinas pemadam kebakaran Italia kemudian memposting video salah satu orang yang dievakuasi dan dengan hati-hati menurunkan kabel dari kendaraan yang hancur, yang tergantung di reruntuhan jembatan layang.

Antara 30 hingga 35 mobil dan tiga kendaraan berat berada di jembatan pada saat jembatan itu runtuh.

Sebuah menara besar dan bagian-bagian jembatan tersebut abruk ke jalur kereta api, sungai dan gudang penyimpanan.

Tim penyelamat dikerahkan ke lokasi ambruknya jembatan jalan raya Morandi di Genoa, Italia, Selasa (14/8). Jembatan layang Morandi yang menghubungkan Italia dengan Prancis runtuh tak lama setelah badai menerjang kota itu. (Luca Zennaro/ANSA via AP)

Marcello de Angelis, yang mengkoordinasi upaya penyelamatan Palang Merah Italia, menyampaikan kepada BBC bahwa tim penyelamat memperlakukan bencana ini seperti gempa bumi.

"Mungkin ada kemungkinan beberapa cekungan yang terbentuk akibat puing-puing jembatan ambruk, orang-orang terlindungi oleh reruntuhan," katanya.

"Unit yang kami kirim adalah yang kami gunakan selama gempa bumi. Jadi itu adalah situasi yang sama - dan juga risiko runtuh lainnya, jelas, sama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini