Sukses

Tak Hanya Malaysia, 3 Ibu Negara Ini Juga Dikenal Kerap Tampil Sederhana

Selain Siti Hasmah, ada sejumlah ibu negara yang juga tampil sederhana di setiap pertemuan mendampingi kepala negara. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Mahathir Mohamad kembali terpilih menjadi perdana menteri Malaysia, sang istri pun kembali menjadi sorotan. Bukan karena penampilannya yang mencolok, tapi justru akibat kesederhanaannya.

First Lady Malaysia Siti Hasmah Mohamad Ali terlihat mengenakan tas tangan senilai 125 ringgit atau sekitar Rp 445.656. Hal itu diketahui dari sejumlah foto perempuan 91 tahun yang beredar di media sosial dan belakangan viral.

Selain Hasmah, ternyata ada sejumlah ibu negara yang juga kerap tampil sederhana di setiap pertemuan mendampingi kepala negara. Siapa saja?

Berikut ini beberapa di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber, Selasa (22/5/2018):

1. Ibu Negara Malaysia

Siti Hasmah Mohamad Ali menjadi sorotan ketika menemani sang suami, Perdana Menteri Mahathir Mohamad, memberikan pidato pertamanya di hadapan pegawai negeri sipil Malaysia.

Pilihan aksesori Hasmah yang cukup sederhana ini menjadi sorotan di tengah sensasi yang datang dari mantan First Lady Malaysia, Rosmah Mansor. Rosmah merupakan istri mantan Perdana Menteri Najib Razak. Ia dikenal memiliki gaya hidup glamor.

Beberapa hari lalu, publik dibuat ternganga setelah polisi menyita ratusan tas mewah berbagai merek, sejumlah perhiasan, dan barang-barang berharga lainnya dari sejumlah properti milik keluarga Najib saat mereka melakukan penggeledahan terkait dengan skandal megakorupsi 1MDB.

Menurut situs Free Malaysia Today, warganet meyakini bahwa mereknya adalah Marie Claire. Itu merupakan brand yang relatif terjangkau dan banyak dijual secara online. Demikian seperti dikutip dari Asian Correspondent.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ibu Negara Amerika Serikat

Michelle Obama

Meski tinggal di Amerika yang merupakan merupakan salah satu kiblat mode dunia, istri Presiden ke-44 AS itu tak lantas selalu mengenakan pakaian atau aksesori dari merek-merek papan atas. Meski kerap terlihat modis, istri Barack Obama ini tetap terlihat sederhana.

Dalam sejumlah kesempatan, Michelle yang sempat berprofesi sebagai pengacara itu tertangkap kamera pergi berbelanja ke Target, sebuah supermarket murah.

Statusnya kala itu sebagai Ibu Negara AS membuat ia tak leluasa untuk berbelanja. Michelle pun terpaksa menyamar.

Kebiasaan berbelanja di supermarket murah sudah dilakukan ibu dari Malia dan Sasha itu jauh sebelum dirinya menjadi first lady.

Dalam sebuah kesempatan ia pernah mengatakan, kebiasaan tersebut adalah salah satu hal yang dirindukannya setelah ia menjadi penghuni Gedung Putih.

Meski membeli baju yang diproduksi secara massal, Michelle tetap tampil memukau. Bayangkan, istri dari Barack Obama itu pernah mengenakan busana senilai Rp 300 ribu untuk tampil di hadapan publik.

 

3 dari 4 halaman

3. Ibu Negara Singapura

Ho Ching

Dalam daftar negara-negara kaya di dunia, Singapura berada pada urutan ke-3. Namun hal tersebut tak serta-merta membuat pemimpin Negeri Singa serta keluarganya senang mengumbar kemewahan.

Penampilan Ho Ching, istri dari Perdana Menteri, Lee Hsien Loong itu dikenal bersahaja. Bahkan, dalam sejumlah kesempatan, ia mengenakan aksesori sederhana, tetapi menyimpan nilai sejarah mendalam.

Sebut saja dompet bermotif dinosaurus yang ia genggam ketika bertandang ke Gedung Putih, Amerika Serikat. Sepintas, tak ada yang istimewa dari tampilan fisik dompet itu, baik secara desain maupun warna.

Namun ternyata dompet dino itu bernilai luar biasa berharga. Bukan karena harganya, melainkan karena dibuat oleh seorang penyandang autis, Sheetoh Sheng Jie.

Momen saat Ho Ching membawa dompet dino saat mendampingi sang suami melakukan lawatan resmi ini menjadi sorotan dunia. Tak lazim mungkin jika sosok perempuan nomor satu asal negara kaya memakai aksesoris sederhana.

Ho Ching kembali mencuri perhatian dengan kebersahajaannya. Ketika menghadiri jamuan makan siang dengan Kaisar Jepang, Akihito dan Permaisuri Michiko ia menjinjing sebuah tas yang lagi-lagi memiliki kesan mendalam.

Tas itu adalah milik Yoko, seorang perempuan Jepang yang meninggal sekitar dua tahun lalu. Suaminya, Masamoto, berniat menyerahkan barang milik istrinya itu ke Ho Ching setelah ia membaca artikel terkait dompet dino dan merasa tergugah dengan hal tersebut.

Di hadapan publik, Ho Ching yang diketahui memegang jabatan penting di perusahaan investasi Temasek nyaris selalu tampil dengan riasan dan busana sederhana. Di satu sisi ia dipuji untuk itu, tapi ada pula yang mengkritik selera modenya.

 

4 dari 4 halaman

4. Ibu Negara Indonesia

Iriana Joko Widodo

Pada Desember 2015 lalu, istri dari Presiden Joko Widodo, Iriana, membuat heboh. Bagaimana tidak, ia kedapatan duduk di kelas ekonomi ketika menumpangi pesawat Garuda Indonesia dengan rute Solo-Jakarta.

Kala itu, tak ada kegaduhan yang ditimbulkan terkait dengan statusnya sebagai seorang ibu negara. Tak hanya bersahaja dalam bersikap, Iriana juga memiliki gaya berbusana yang sederhana, meski dalam sejumlah acara yang dihadirinya ia memilih warna-warna cerah.

Dalam berbagai kesempatan bahkan sejumlah acara kenegaraan, Iriana yang merupakan ibu dari tiga anak ini kerap mengenakan kebaya jenis kutu baru. Menurutnya, kutu baru memiliki nilai yang tinggi.

Dari banyak foto yang beredar secara luas, sejumlah kebaya yang dikenakan Iriana memiliki potongan simpel dan sopan. Tak ada riasan wajah atau aksesori yang berlebihan.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.