Sukses

Menyingkap Rahasia Kakbah, Kiblat Suci Umat Islam

Liputan6.com, Makkah - Jutaan muslim rutin mengunjungi Kakbah sepanjang tahun dalam sebuah perjalan ziarah yang dikenal sebagai haji dan umrah.

Dua kota suci, Mekah dan Madinah di Arab Saudi menjadi saksi bisu masuknya peziarah haji dan umrah yang melimpah dari seluruh penjuru dunia--dari berbagai latar belakang bangsa dan ras.

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari dua juta muslim melakukan ibadah haji setiap tahunnya.

Selama ziarah tahunan itu, perhatian dunia beralih ke Masjidil Haram dan Kakbah. Masih ada beberapa muslim maupun non-Muslim bertanya-tanya tentang apa yang begitu penting dari struktur berbentuk kubus di Kompleks Masjidil Haram itu.

Kakbah merupakan bukti kontinuitas keberlanjutan sejarah pra-Islam, zaman kenabian, hingga masa Islam modern saat ini. Disimbolisasikan sebagai rumah Tuhan, Kakbah juga merepresentasikan denyut jantung muslim dunia.

Bangunan berbentuk kubus itu terbuat dari batu granit, dengan tinggi sekitar 13,1 m dan sisi 11,03 m. Di dalam Kakbah, terdapat lantai yang terbuat dari marmer dan batu pualam.

Di dalamnya, yang dihiasi ornamen interior nan mewah, terletak Batu Hitam (Hajar Aswad) sebagai simbol dan bukti keberadaan manusia pertama ciptaan Tuhan, Adam dan Hawa.

Ingin tahu lebih lanjut tentang rahasia kiblat umat Islam tersebut? Berikut video yang menyingkap rahasia Kakbah, seperti yang diwartakan oleh Alarabiya.net, Rabu, (24/5/2017).

 

Loading