Sukses

Nekat Selfie Bersama Buaya, Turis Ini Nyaris Tewas

Seorang turis Prancis digigit buaya di Taman Nasional Khao Yai, Thailand. Gara-gara selfie.

Liputan6.com, Bangkok - Seorang turis Prancis digigit buaya di Taman Nasional Khao Yai, Thailand. Gara-garanya, ia mencoba sedekat mungkin dengan hewan buas itu demi mengambil foto diri alias selfie dengan pose yang 'tak biasa'.

Insiden tersebut terjadi pada Minggu sore, 1 Januari 2017 di taman nasional yang populer dengan jalur hiking di antara hutan lebat dan air terjunnya itu. Khao Yai bisa ditempuh 3 jam naik mobil dari Bangkok.

"Ia ingin selfie dengan buaya yang sedang berbaring di dekat sungai," kata seorang pejabat taman nasional seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (3/1/2016).

Pejabat itu tak mau disebut namanya, dengan alasan ia tak punya kewenangan bicara dengan media. "Buaya itu terkejut dan mengigit kakinya," tambah dia.

Pejabat tersebut mengatakan, dua buaya sudah menandai lokasi kejadian sebagai sarang mereka. Sudah bertahun-tahun keduanya ada di sana.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, petugas taman nasional memasang sejumlah tanda peringatan.

"Saya menduga, turis itu ingin melihat apakah buaya itu nyata adanya," tambah sang pejabat.

Media lokal memuat sejumlah foto yang menunjukkan sejumlah penjaga taman nasional (rangers) dengan pakaian kamuflase sedang mengevakuasi korban.

Perempuan 47 tahun itu diikat ke tandu, sementara balutan perban tebal melilit lututnya.

Foto lainnya memperlihatkan petugas menunjuk ke genangan tanah di dekat papan peringatan yang ditulis dalam Bahasa Thailand dan Inggris. "Bahaya Ada Buaya, Jangan Berenang," itu yang tertulis di papan.

Korban segera dilarikan ke rumah sakit dan diharapkan segera pulih.

Buaya Siam kini masuk daftar hewan terancam punah (Wikipedia)

Sementara, 'pelaku' yang mengigit kakinya diketahui sebagai Buaya Siam.

Spesies itu dulu tersebar di Asia Tenggara. Namun, populasi hewan tersebut berkurang drastis dalam seabad terakhir akibat perburuan dan rusaknya habitat.

Kini, Buaya Siam masuk ke dalam daftar hewan terancam punah International Union for Conservation of Nature.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Buaya

Video Terkini