Sukses

Gempa 5,7 SR Guncang Tanzania, 11 Warga Tewas

Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan kerusakan yang signifikan pada bangunan di Bukoba.

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan 5,7 skala Richter mengguncang Tanzania. Lindu melanda dekat perbatasan dengan Uganda dan Rwanda dekat Danau Victoria.

"Menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai 192 di Tanzania utara," kata pihak berwenang seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/6/2016).

Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan kerusakan yang signifikan pada bangunan di Bukoba, kota berpenduduk lebih dari 70.000 orang di mana sebagian besar korban dilaporkan.

Tremor terasa jauh hingga ke Kenya barat.

"Kejadian ini telah menyebabkan banyak kerusakan," beber Deodatus Kinawila selaku komisaris distrik Bukoba kepada BBC.

"Ketika kita berbicara sekarang, jumlah korban cedera mencapai 192 dan 11 lainnya meninggal. Karena kita saat ini masih mengumpulkan informasi, sehingga ada kemungkinan akan bertambah. Bahkan total korban cedera bisa saja naik," imbuh Kinawila.

Petugas penyelamat mengatakan kepada BBC bahwa rumah sakit setempat penuh dan tidak bisa mengobati korban cedera. Banyak bangunan runtuh akibat gempa bumi itu, dan orang-orang masih terjebak di bawah reruntuhan.

US Geological Survey mengatakan gempa terjadi pada kedalaman 10 km (enam mil) pukul 15.27 waktu setempat (12.27 GMT).

Afrika Timur Great Rift Valley berada di sepanjang garis patahan geologi, namun gempa bumi besar di sana jarang terjadi.

Sebelumnya, Tanzania di Arusha, timur Bukoba juga pernah diguncang gempa berkekuatan 6 SR pada Juli 2007.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini