Sukses

Mengintip 6 Kendaraan Masa Depan Impian Orang Awam

Desain dan sketsa mobil dan kendaraan lainnya ini menggambarkan mobil teknologi canggih seperti apa yang diinginkan masyarakat.

Liputan6.com, London - Perusahaan kendaraan setiap tahunnya selalu memproduksi alat transportasi dengan teknologi yang semakin canggih.

Contohnya, pada era 80an, mobil dan bus hanya berfungsi sebagai alat berpindah dari satu lokasi ke yang lainnya. Kini, mobil sudah bisa dilengkapi televisi, radio, bahkan alat komunikasi. Kendaraan umum yang dilengkapi wi-fi juga sudah banyak.

Baca Juga

Boleh saja ahli ternama bekerjasama dengan desainer mobil yang namanya paling terdengar dalam mendesain kendaran, pribadi maupun umum. Namun, pengguna mobil sehari-hari lah yang paling menentukan mobil seperti apa yang akan 'laku'.

Sebagai bagian rangkaian 'future of transportation series', Guardian mengumpulkan sketsa dan desain mode transportasi futuristik, yang digagas oleh pembaca. Desain antara lain termasuk mobil tenaga angin dan skuter kota portabel.

Inilah desain-desain kendaraan tersebut, dikutip Minggu (6/12/2105)!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pesawat Luar Angkasa 'Mandiri'

 Kendaraan luar angkasa model 'mandiri'

Salah satu pembaca, William Elliot, menganggap "mesin yang bisa bergerak sendiri di luar angkasa" akan menjadi model kendaraan penting di dasawarsa mendatang.

Perjalanan jarak jauh di luar angkasa, seperti Mars, akan memerlukan mesin yang menggunakan tenaga pendorong lebih kecil. Riset terbaru pun muncul untuk menentukan apakah teknologi ini memungkinkan.

3 dari 7 halaman

Mobil Tenaga Udara

Mobil tenaga udara

Mobil hasil desain Ian Bates ini ditenagai oleh tanki tekanan udara, yang ketika dilepaskan akan mengendarai mesinnya.

Teknologi ini berpotensi tidak menghasilkan emisi gas buang, seperti hampir keseluruhan mobil yang beredar saat ini.

4 dari 7 halaman

Mobil yang 'Jago' di tikungan

Mobil dengan 'camber' reaktif

Dengan menggunakan sistem penyangga, kendaraan hasil desain Eduardo Salcedo ini memiliki roda yang bisa miring ke arah luar, memberi cengkraman pada tanah yang lebih kuat saat berbelok.

Dalam kata lain, bagian camber--condongan pada samping mobil berfungsi reaktif.

Namun dengan sistem ini juga, kendaraan akan menggunakan roda motor yang lebih kecil, dan hanya sebagian kecil dari permukaannya yang menyentuh tanah. Ini akan meminimalisasi perlawanan saat mobil berjalan, dan seretan saat mobil berjalan lurus.

5 dari 7 halaman

Tenaga Angin

Mobil tenaga angin terkini

Dari penampilannya mobil hasil desain John Adams ini terlihat kuno, mobil 'tenaga angin' pun bukan lagi penemuan yang amat baru. Namun cara kendaraan dalam menggerakan mesinnya berbeda dari cara yang selama ini ada.

Melalui bagian grill (bagian mobil yang melindungi radiator berbentuk serutan di bagian ujung depan), kendaraan akan menghisap angin dan menghasilkan listrik melalui turbin angin. Semakin cepat mobil berjalan, semakin banyak angin yang bisa diisap.

Generatornya menggunakan kecepatan tinggi (RPM) dan torsi rendah--dibandingkan dengan turbin uap atau turbin jet, sehingga turbin dan pemindah tenaga hadir dalam bentuk lebih ringan dan tipis.

Mobil akan terlihat seperti movil normal dengan grill lebih besar, juga memiliki ventilasi samping yang besar dan ventilasi bawah yang memberi aliran udara lebih baik.

6 dari 7 halaman

Skuter super praktis

Skuter kota portabel super praktis

Kendaraan desain pengguna dengan nama simonsurreyUK ini merupakan prototipe skuter listrik tiga roda, yang bisa dinaiki pengendara sambil duduk maupun berdiri.

Skuter bisa melaju dengan kecepatan sampai 20 mph, dan mampu berjalan sampai 50 mil sekali isi tenaga dan bobotnya hanya seberat koper dorong. Ditambah dengan bentuknya yang bisa dilipat dan dibawa, kendaraan ini super praktis.

Kendaraan ini dianggap mampu menyelesaikan masalah 'mengganggu' dari berjalan dari rumah menuju stasiun kendaraan umum (kereta atau bus) terdekat.

7 dari 7 halaman

Mobil tenaga campuran

Mobil tenaga campuran angin dan matahari

Dengan menggunakan lebih dari satu elemen alam, mobil gagasan Mike Polaski ini diharapkan bisa mengeliminasi kebutuhan bahan bakar atau listrik.

Menggunakan tekanan angin, mesin akan menyimpan energi untuk menjadi tenaga penggerak, bersamaan dengan sel matahari yang dengan strategis diletakkan.

Kendaraan juga dilengkapi dengan unit penyaring udara, yang menyaring udara yang masuk ke dalam sistem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini