Sukses

Menyulap Teknologi Kuno Menjadi Alat Musik

Penggemar musik elektronika ciptakan orgel dari cakram flopi dengan pengendali Arduino Uno menjadi gelombang MIDI.

Liputan6.com, Markdorf - Dalam tangan seseorang yang kreatif, teknologi kuno bisa diciptakan kembali menjadi alat baru dengan fungsi yang kekinian. Pada masa awal kehadiran komputer pribadi pada tahun 80'an, floppy disk merupakan media untuk merekam dan menyimpan data.

Namun sejak itu teknologi sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat, komputer menjadi lebih minimalis sementara penyimpanan menjadi ekonomis-- seperti USB, SD Card dan perekam data lainnya.

Gabar dari http://www.tiedetuubi.fi/

Namun, jika teknologi lama dipadukan dengan prosesor mikro keluaran Arduino Uno, 49 cakram flopi bisa disulap menjadi organ pipa (Orgel). Dikutip dari Ars Technica UK, kelompok nirlaba sekaligus penggemar elektronika di Jerman, Toolbox Bodensee e.V., menciptakan alat musik tekan dengan menjalankan kode yang diterjemahkan ke gelombang MIDI.

Kelompok pencinta elektronika di Markdorf, Jerman itu kemudian mengunggah video yang memperlihatkan permainan sejumlah lagu menggunakan alat yang mereka beri nama Floppy Orgel.

Contoh lagu yang dimainkan antara lain cuplikan dari lagu dari ‘River Flows in You’ oleh Yiruma, ‘My Heart Will Go On’ oleh Celine Dion, lalu lagu tema permainan Tetris dan lagu dari film Pirates of the Caribbean.

Sumber dari www.arduino.cc

Melalui situs resmi Arduino, disebutkan bahwa Arduino/ Genuino Uno adalah papan pengendali mikro berbasis ATmega328P. Papan itu memiliki 14 pin masukan/keluaran digital, 6 masukan analog, sebuah kristal kuarsa dengan frekuensi 16 MHz, koneksi USB, colokan daya, dan tombol reset. (Alx/ Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.