Sukses

Sejumlah Seleb Internasional Belajar Bahasa Isyarat, Promosikan Inklusi

Liputan6.com, Jakarta Beberapa selebritas tidak hanya berbicara dalam berbagai bahasa internasional, tetapi juga belajar bahasa isyarat, meningkatkan kesadaran penyandang tunarungu, dan mempromosikan inklusi.

Dilansir dari DerbyInformer, berikut ini daftar seleb yang tak hanya terkenal di negaranya tetapi juga di dunia, yang mempelajari bahasa isyarat untuk bonding dengan lawan bicaranya.

1. Harper Beckham

Pada tahun 2019, legenda sepak bola David Beckham membagikan di media sosial sebuah video menggemaskan dari putrinya Harper yang mengucapkan Selamat Natal kepada para penggemarnya.

Klip menunjukkan Becks dan si kecil Victoria mengucapkan selamat berlibur kepada semua orang, sebelum mengeja setiap huruf namanya dalam Bahasa Isyarat Amerika. Sang Atlet dengan bangganya mempresentasikan video itu sebagai "sangat imut."

2. Miley Cyrus

Penyanyi 'Wrecking Ball' Miley Cyrus adalah artis yang benar-benar berkomitmen pada fandomnya. Bintang pop itu belajar Bahasa Isyarat Amerika setelah tidak dapat berkomunikasi dengan salah satu penggemarnya, yang memiliki masalah gangguan pendengaran.

3. Eva Longoria

Pada tahun 2011, setelah merilis bukunya 'Eva's Kitchen', bintang 'Desperate Housewives' mengungkapkan bahwa ia telah belajar Bahasa Isyarat Amerika. Saat berbicara di GLAD Benefit Extravaganza Tahunan ke-9, Longoria mengatakan, "Saya memiliki banyak orang Tuli yang telah membeli buku saya dan saya dapat berbicara dengan mereka tentang apa resep favorit saya dan apa yang harus dimasak."

4. Rachel Shenton

Bintang 'Hollyoaks' Rachel Shenton mulai belajar Bahasa Isyarat Inggris ketika ayahnya Geoff kehilangan pendengarannya. Ia pernah mengatakan kepada surat kabar The Daily Mail, "Awalnya saya hanya ingin mendapatkan pemahaman dasar tentang bahasa isyarat, tetapi seiring berjalannya waktu saya benar-benar mendapatinya menarik dan ingin menjadi mahir sehingga saya dapat memanfaatkan keterampilan saya dengan baik."

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

5. Johnny Depp

 

Pada tahun 2012, aktor 'Pirates of the Caribbean' muncul dalam video musik Sir Paul McCartney untuk 'My Valentine', untuk menafsirkan lirik lagu melalui bahasa isyarat. Namun, beberapa penggemar mengkritik karyanya karena penggunaan beberapa tanda yang tampaknya salah. Depp diduga mengucapkan kata "tampon" alih-alih "muncul" dengan bahasa isyarat.

6. Natalie Portman

Depp bukan satu-satunya selebriti yang muncul dalam video McCartney. Aktris 'Black Swan' Natalie Portman juga terlihat masuk dalam promo tersebut.

7. Alexander Skarsgard

Aktor Alexander Skarsgard mengungkapkan dalam sebuah wawancara Australia bahwa ia belajar Bahasa Isyarat Amerika untuk dapat berkomunikasi dengan lawan mainnya di 'Godzilla vs. Kong' Kaylee Hottle, yang Tuli. Dalam film tersebut, Kaylee terlihat berkomunikasi dengan gorila raksasa Kong melalui Bahasa Isyarat Amerika.

 

3 dari 4 halaman

8. Pemeran A Quiet Place

John Krasinski menyutradarai film horor 'A Quiet Place', yang berlangsung 95 persen dalam keheningan karena plotnya. Karena ceritanya tentang alien yang berburu melalui kebisingan, Krasinski dan para pemain dan kru belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi.

Berbicara di Festival Film SXSW pada tahun 2018, ia berbagi: “Kami semua belajar bahasa isyarat. Kami memiliki aktris paling luar biasa [Millicent Simmonds] yang kebetulan Tuli dalam kehidupan nyata, yang merupakan hal yang tidak dapat dinegosiasikan bagi saya.”

 

4 dari 4 halaman

9. Lady Gaga

Pada tahun 2011, National Deaf Children's Society mengungkapkan bahwa penyanyi Lady Gaga sedang belajar Bahasa Isyarat Amerika. Menurut organisasi tersebut, pelantun 'Bad Romance' itu memutuskan untuk melakukannya setelah melihat video dari penggemar Tulinya menyanyikan lagu-lagunya.

10. Olivia Rodrigo

Untuk Grammy Awards 2022, penyanyi 'SIM' Olivia Rodrigo meningkatkan kesadaran tentang pentingnya inklusi. Bintang musik tersebut menghadiri upacara tersebut bersama dengan seorang penerjemah bahasa isyarat, sehingga wawancaranya dapat dihargai dan dinikmati oleh semua orang dan ia sendiri telah mempelajari beberapa frasa.