Sukses

Harga Kripto Hari Ini 15 Januari 2023: Bitcoin Lesu, Solana Masih Perkasa

Harga kripto jajaran teratas beragam pada perdagangan Minggu, 15 Januari 2023. Bitcoin kembali lesu sedangkan solana pimpin penguatan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin cenderung tertekan pada perdagangan Minggu siang (15/1/2023). Harga kripto antara lain dogecoin (DOGE) memimpin koreksi dan solana masih melanjutkan penguatan pada akhir pekan ini.

Mengutip data Coinmarketcap, Minggu, 15 Januari 2023, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) turun 0,65 persen. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin melonjak 22,23 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 20.711,19 atau sekitar Rp 313,61 juta (asumsi kurs Rp 15.142 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH) bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum terpangkas 1,24 persen. Dalam sepekan terakhir, harga ethereum melompat 20,90 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.526 atau sekitar Rp 23,10 juta.

Harga binance coin (BNB) terpangkas 2,69 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB melonjak 14,31 persen. Dengan demikian, harga BNB berada di posisi USD 298,59.

Koreksi juga diikuti harga XRP. Selama 24 jam terakhir, harga XRP tergelincir 2,62 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga XRP melompat 14,41 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,3892.

Harga cardano (ADA) terperosok 2,14 persen dalam 24 jam terakhir. Meski demikian, selama sepekan terakhir, harga ADA melonjak 25,84 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,347.

Demikian juga harga dogecoin terpangkas 2,56 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin melesat 18,17 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,08498.

Sementara itu, harga solana (SOL) bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga solana melesat 4,24 persen. Selama sepekan terakhir, harga solana melambung 72,75 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 23,01.

Stablecoin seperti tether (USDT) susut 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ether naik 0,03 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) bertambah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USD Coin berada di zona hijau. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,9999.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BUSD susut 0,01 persen. Kini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global turun 1,1 persen menjadi USD 972,50 miliar.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengadilan Ungkap Pemborosan Dana Perusahaan oleh Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried

Sebelumnya, seiring berjalannya kasus FTX, terungkap soal Sam Bankman-Fried (SBF) yang diduga melakukan pemborosan dana perusahaan. Pengajuan pengadilan meninjau detail minggu ini SBF menghabiskan puluhan juta dolar dengan boros untuk akomodasi perumahan, hotel, makanan, dan penerbangan tahun lalu. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu, 11 Januari 2023, catatan menunjukkan sekitar USD 15,4 juta atau setara Rp 239,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS) dihabiskan untuk hotel dan akomodasi mewah. 

Sebagian besar dari uang itu digunakan untuk membayar penthouse mewah SBF senilai USD 30 juta atau setara Rp 466,5 miliar di resort tepi laut Albany. Kemudian USD 3,6 juta atau setara Rp 56 miliar digunakan untuk membeli kamar hotel di Grand Hyatt, sebuah hotel bintang empat. 

Selanjutnya, uang sebanyak USD 800.000 atau setara Rp 12,4 miliar dihabiskan SBF di Rosewood, untuk sebuah hotel bintang lima.

Laporan juga menunjukkan resor pantai Jimmy Buffett, Margaritaville, berutang lebih dari USD 55.000 atau setara Rp 855,4 juta, karena manajemen resor telah terdaftar sebagai kreditur dalam kasus kebangkrutan. 

Karyawan FTX dan Alameda dilaporkan tinggal di 20 suite selama beberapa bulan tahun lalu, membayar tagihan tetapi tidak pernah membayar akomodasi Margaritaville. 

Selain hotel, suite mewah, dan apartemen mewah, USD 3,9 juta atau setara Rp 60,6 miliar dihabiskan untuk penerbangan dan pesawat pribadi. Ketika seorang karyawan FTX membutuhkan paket Amazon yang diambil dari Miami, mereka diduga menggunakan pesawat pribadi untuk mengirimkan kotak-kotak itu ke pulau itu.

Laporan lain mengatakan co-founder itu sangat altruistik sehingga SBF secara teratur menghabiskan lebih dari USD 2.500 atau setara Rp 38,3 juta di bistro Nassau untuk makan siang dan melemparkan jutaan pada politisi dan pejabat Bahama sebelum keruntuhan FTX. Fox News mengungkapkan bahwa SBF juga memiliki kapal pesiar setinggi 52 kaki bernilai jutaan dolar. 

3 dari 4 halaman

Regulator AS Luncurkan Situs untuk Pengaduan Korban FTX

Sebelumnya, Pemerintah AS telah meluncurkan situs web untuk para korban dugaan penipuan pendiri pertukaran cryptocurrency FTX Sam Bankman-Fried untuk berkomunikasi dengan penegak hukum.

Dalam perintah Jumat malam, 6 Januari 2023, Hakim Distrik AS Lewis Kaplan di Manhattan memberi wewenang kepada jaksa federal untuk menggunakan situs web tersebut, dan tidak perlu menghubungi korban satu per satu.

"FTX dapat berutang uang kepada lebih dari 1 juta orang, sehingga tidak praktis jika pihak berwenang menghubungi masing-masing korban,” kata jaksa penuntut, dikutip dari Channel News Asia, Senin (9/1/2023). 

Undang-undang federal mewajibkan jaksa untuk menghubungi calon korban kejahatan untuk memberi tahu mereka tentang hak mereka, termasuk hak untuk mendapatkan restitusi, didengar di pengadilan dan dilindungi dari terdakwa.

"Jika Anda yakin Anda mungkin telah menjadi korban penipuan oleh Samuel Bankman-Fried, alias SBF, harap hubungi koordinator korban atau saksi di kantor Kejaksaan Amerika Serikat," tulis situs web tersebut. Situs web tersebut telah aktif pada Jumat sore.

Bankman-Fried, 30, telah mengaku tidak bersalah atas delapan tuduhan penipuan kawat dan konspirasi atas runtuhnya FTX November. Jaksa mengatakan dia mencuri miliaran simpanan pelanggan FTX untuk membayar hutang dana lindung nilai miliknya, Alameda Research, dan berbohong kepada investor tentang kondisi keuangan FTX.

Mantan miliarder itu mengakui kekurangan manajemen risiko, tetapi mengatakan dia tidak menganggap dirinya bertanggung jawab secara pidana. 

4 dari 4 halaman

Terungkap, Ada Transaksi Kripto Rp 469 Miliar Terkait Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried

Sebelumnya, menurut penelitian onchain, dompet yang terhubung ke Sam Bankman-Fried (SBF), salah satu pendiri FTX, mentransfer sejumlah besar transaksi yang sebelumnya tidak dilaporkan di berbagai blockchain. 

Transfer tersebut ditemukan oleh Conor Grogan, dan sementara sebagian besar transaksi terjadi pada 28 Desember. Meskipun begitu, ada beberapa aktivitas baru-baru ini dalam beberapa hari pertama tahun baru.

Sejumlah besar token yang terhubung dengan SBF yang dipindahkan ke berbagai blockchain. Pergerakan terjadi di blockchain seperti Polygon, Binance Smart Chain (BSC), Arbitrum, dan Avalanche. Alamat melihat pergerakan keluar untuk koin seperti MATIC, AVAX, USDC, USDT, BTCB, WBTC, SPELL, PTP, MDX, dan banyak lagi.

“SBF (atau seseorang dengan akses ke dompetnya) kemungkinan besar mentransfer USD 10 juta (Rp 156,3 miliar) dalam transaksi yang sebelumnya tidak dilaporkan di blockchain Avalanche, BSC, Arbitrum, dan Polygon,” tulis Grogan dalam cuitan di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat, 6 Januari 2023.

Grogan menambahkan, ada aktivitas baru-baru ini antara 2 sampai 3 Januari 2023 dengan dompet penerima kripto senilai USD 30 juta (Rp 469 miliar). Maka total pemindahan dana terkait SBF beberapa hari terakhir menjadi USD 40 juta (Rp 625,4 miliar).

“Saya memeriksa setiap alamat yang ditautkan ke SBF dan memeriksa blockchain lainnya. Kunci pribadi untuk ETH berfungsi di rantai EVM lainnya,” tambah Grogan.

Selain tweet Grogan, peneliti onchain Ergo menulis cuitan tentang beberapa pergerakan bitcoin terkait FTX pada 4 Januari 2023. Menurut Ergo ini kemungkinan aktivitas tim bangkrut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.