Sukses

Gerak Pasar Kripto Reli Kencang di Tengah Sentimen Geopolitik dan Peretasan

Penguatan harga aset kripto didorong oleh pelemahan Dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan pasar kripto tiba-tiba berbalik 180 derajat sejak Rabu sore 3 Agustus 2022 hingga Kamis (4/8/2022). Pasar kripto terus berlari kencang meski naik tipis. Penguatan harga aset kripto ini tampaknya didorong oleh pelemahan dolar AS yang membawa angin segar.

Nilai dolar AS sempat menguat pada Rabu lalu, setelah pejabat The Fed menyatakan kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter tahun depan. Kemudian, disusul oleh tensi geopolitik AS dan China kian panas, setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono menjelaskan, Kamis pagi ini investor mulai optimistis masuk ke market kripto, setelah kekhawatiran mereka atas tensi geopolitik antara China, Taiwan, dan AS memudar. 

Sedangkan, sentimen negatif dari peristiwa peretasan ekosistem Solana dan jaringan jembatan antar blockchain, Nomad belum berdampak pada market secara keseluruhan. 

"Dari analisa teknikalnya saat ini investor tengah melakukan akumulasi, setelah terjadi oversold jenuh melakukan aksi jual dan ambil untung (profit taking) sejak awal pekan lalu. Kemudian, aksi beli juga dilakukan setelah harga Bitcoin kembali menembus level 10-day MA dan 50-day MA,” ujar Afid dalam siaran pers, Kamis (4/8/2022).

Afid menuturkan, investor biasanya mengaitkan tembusnya dua level moving average tersebut sebagai sinyal bullish. Namun, masih belum yakin BTC benar-benar mengalami fase reversal, mengingat penguatan harganya tidak dibarengi dengan kenaikan volume trading. Sehingga, ada kemungkinan hanya bertahan sementara.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Gerak Bitcoin

“Analisis gerak harga Bitcoin sekarang ada di rentang harga baru yakni USD 21.200 hingga USD 24.400. Level resistensi BTC terdekat berada pada harga USD 23.459 dan level support-nya di USD 22.654,” tutur Afid.

Sedangkan untuk analisis gerak harga Ethereum saat ini level support berada pada harga USD 1.678 dan level support di harga USD 1.559. Meskipun dalam beberapa hari ini harga ETH mengalami penurunan, tetapi pergerakan harganya masih berada di atas day-20 EMA.

Di sisi lain, khusus untuk token SOL justru mengalami penurunan tipis pada Kamis (4/8/2022) pagi ini, dampak dari peristiwa peretasan pada jaringan blockchain-nya. Solana dengan cepat didorong kembali setelah harganya mencoba bergerak di atas resistance kunci di USD 44. Harga sekarang jatuh menuju support kunci di USD 35.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 4 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Kamis, 4 Agustus 2022. Mayoritas kripto teratas kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis pagi (4/8/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat tipis 0,72 persen dan 2,16 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.261 per koin atau setara Rp 346.2 juta (asumsi kurs Rp 14.886 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) harus kembali melemah, setelah sempat menguat kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 0,91 persen, tetapi masih menguat 0,72 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.634 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melanjutkan penguatan sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 6,14 persen dan 11,74 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 301,63 per koin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano kembali menguat. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,48 persen dan 0,20 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5082 per koin.

Adapun Solana (SOL) pagi ini harus terkoreksi. Sepanjang satu hari terakhir SOL turun 4,65 persen dan 0,52 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 39,32 per koin.

XRP sayangnya masih melemah pagi ini. XRP turun 0,33 persen dalam 24 jam terakhir. Namun masih menguat 4,45 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3737 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini kompak menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat keduanya masih berada di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,1 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir masih berada di level USD 1 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.