Sukses

Wangi dan Kesat hingga 3 Hari, Begini Cara Mengepel Lantai Tanpa Campuran Garam

Tak hanya menggunakan cairan pembersih lantai, ternyata beberapa bahan tambahan juga diperlukan agar lantai bisa bersih dan kesat hingga tiga hari. Mari cari tahu lebih lanjut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak beredar di pasaran cairan pembersih lantai dengan klaim mampu membersihkan dan membuat lantai wangi tahan lama. Namun sayangnya, kebanyakan hal tersebut hanya menjadi salah satu strategi marketing semata.

Karenanya, cairan pembersih lantai saja seringkali tidak cukup mampu membuat lantai bersih dan wangi dalam waktu yang lama. Meski begitu, salah satu postingan dari akun Instagram @myla.place membagikan tips mengepel lantai yang kesat dan wanginya bisa tahan hingga tiga hari. 

Salah satu tipsnya adalah dengan menambahkan sabun cuci piring. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada Jumat (3/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Bahan-bahan

Pertama, siapkan bahan-bahan cairan pel nya terlebih, terdiri dari:

  • Air hangat
  • Cairan pembersih lantai
  • Sabun cuci piring
3 dari 12 halaman

2. Buat Cairan Pel

Langkah selanjutnya, tuangkan air hangat secukupnya ke dalam ember pel. Lalu campur dengan cairan pel dan sabun cuci piring. Aduk hingga sabun dan cairan pembersih lantainya larut. 

4 dari 12 halaman

3. Pel Lantai Seperti Biasa

Setelah cairan pel nya jadi, gunakan untuk mengepel lantai seperti biasa. Agar lantai bisa dibersihkan dengan baik, disarankan untuk menggunakan kain pel berbahan microfiber. Selain itu, pastikan kain pel tidak terlalu basah ketika digunakan, untuk menghindari timbulnya bercak-bercak bekas air ketika lantai sudah kering. 

5 dari 12 halaman

4. Lakukan Dua Kali Pengepelan

Lakukan dua kali pengepelan jika di tahap pertama pengepelan muncul bercak air. Di tahap mengepel yang ke dua, pastikan kain pel benar-benar setengah basah agar bercak air tidak muncul lagi saat lantai kering. 

6 dari 12 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tumpahan Minyak di Lantai

  1. Gunakan air panas. Tuangkan air panas di noda minyak. Tunggu beberapa menit. Lalu, lap menggunakan kain kering.
  2. Baking soda dan air. Campur baking soda dengan air, lalu gosokkan ke noda minyak. Tunggu beberapa saat, kemudian lap dengan kain bersih. 
  3. Gunakan Cuka Putih. Cukup campur air dengan cuka, lalu semprotkan ke noda minyak. Diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain bersih
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengepel Lantai

8 dari 12 halaman

Kenapa Habis Ngepel Lantai Bau Amis?

Aroma amis dari lantai sering kali disebabkan oleh kain pel yang kotor. Kebersihan lantai sulit terjaga bila kain pel tidak dibersihkan dengan baik. Oleh karena itu, merawat kebersihan kain pel yang digunakan dalam proses pembersihan sangatlah penting.

9 dari 12 halaman

Kenapa Lantai Terasa Lengket setelah Dipel?

Keadaan lain yang dapat menyebabkan lantai menjadi lengket dan sulit untuk kesat setelah dibersihkan adalah ketika terlalu banyak menuangkan cairan pembersih ke dalam air dalam ember. Disarankan untuk tidak mencampur cairan pembersih dengan air sabun pencuci piring.

10 dari 12 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Pertama Kali ketika Akan Mengepel Lantai?

Salah satu langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memastikan hasil pengepelan lantai menjadi lebih bersih adalah dengan melakukan penyapuan terlebih dahulu. Hal ini karena jika kotoran di lantai tidak disapu terlebih dahulu, akan tersebar lebih luas ketika langsung di pel.

11 dari 12 halaman

Apa Manfaat Mengepel dengan Air Panas?

Menurut laporan dari Home Viable pada Jumat (17/11/2023), terbukti bahwa penggunaan air panas efektif dalam mematikan kuman, dan lebih cepat menghilangkan noda, lemak, serta kotoran yang menumpuk pada lantai jika dibandingkan dengan penggunaan air dingin. Bahkan, beberapa jenis bahan pembersih lantai juga menunjukkan kinerja yang lebih baik ketika digunakan dengan air panas.

12 dari 12 halaman

Berapa Hari Sekali Mengepel Lantai?

Menurut laporan Real Simple pada Rabu (11/10/2023), umumnya disarankan oleh para ahli untuk membersihkan lantai rumah dengan sapu atau pel minimal dua hingga tiga minggu sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.