Sukses

6 Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Dilihat dari Perubahan Fisik

Kolesterol tinggi seringkali tidak disadari karena gejalanya yang cukup umum, sehingga seringkali dianggap remeh. Untuk meningkatkan kewaspadaan, yuk simak lebih lanjut apa saja tandanya!

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, kolesterol tinggi memang bukan termasuk penyakit kronis. Tetapi, jika tidak segera disadari dan diobati, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai komplikasi penyakit, seperti serangan jantung hingga stroke.

Tanda-tanda fisik yang muncul pun biasanya cukup ringan, sehingga jarang yang menyadari jika gejala yang timbul menandakan kadar kolesterol sedang tinggi. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kewaspadaan agar kolesterol tinggi bisa segera terdeteksi dan diobati dengan benar. 

Dirangkum dari beberapa sumber, pada Selasa (30/4/2024), berikut dipaparkan 6 tanda fisik yang mengindikasikan bahwa tubuh sedang kelebihan kolesterol. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Kehilangan Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan ternyata menjadi salah satu tanda kolesterol yang sedang tinggi. Orang dengan kolesterol tinggi umumnya kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Namun, sayangnya tanda yang satu ini jarang sekali disadari, bahkan sering diabaikan. Maka dari itu, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter ketika tanda ini terjadi.

3 dari 13 halaman

2. Mudah Mengantuk

Melansir dari Siloam Hospitals, orang dengan kolesterol tinggi cenderung mudah mengantuk. Penumpukan kolesterol di pembuluh darah menyebabkan aliran darah tidak lancar, sehingga oksigen tidak tersalurkan dengan baik dan menimbulkan rasa kantuk.

4 dari 13 halaman

3. Nyeri Dada

Nyeri dada pada penderita kolesterol tinggi terjadi akibat kolesterol yang membentuk plak di pembuluh arteri. Plak inilah yang menghambat aliran darah pada pembuluh arteri dan menyebabkan dada terasa nyeri

5 dari 13 halaman

4. Nyeri Kaki

Tak hanya nyeri dada, nyeri pada kaki juga bisa mengindikasikan kolesterol tubuh yang sedang tinggi. Biasanya rasa nyeri akibat kolesterol tinggi ini dibarengi dengan sensasi terbakar, kaku, dan sakit pada paha. 

6 dari 13 halaman

5. Timbul Xanthoma

Xanthoma merupakan munculnya timbunan lemak yang terlihat seperti benjolan di area mata. Biasanya xanthoma ini muncul di bagian kelopak mata. Meski tidak terlalu bahaya, namun xanthoma bisa mengindikasikan kondisi kesehatan, seperti kolesterol tinggi.

7 dari 13 halaman

6. Kuku Menguning

Kuku yang menguning ini bisa disebabkan oleh aliran darah di pembuluh arteri yang tidak sampai ke kuku. Akibatnya, kuku jadi menguning, menebal, bahkan berubah bentuk.

8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kolesterol

9 dari 13 halaman

Apa yang Dirasakan saat Kolesterol Tinggi?

Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah pada otak karena kekurangan pasokan oksigen dan darah. Hal ini dapat menginduksi timbulnya gejala seperti penurunan kekuatan pada salah satu sisi tubuh, muntah yang kuat, atau sakit kepala yang parah.

10 dari 13 halaman

Pusing Kolesterol seperti Apa?

Tanda yang sering terlihat pada peningkatan kadar kolesterol adalah nyeri di bagian belakang kepala. Meskipun sangat mengganggu dan parah, nyeri kepala ini akan mereda setelah tingkat kolesterol yang tinggi berkurang.

11 dari 13 halaman

Kolesterol Keluar Melalui Apa?

Di dalam tubuh, kolesterol akan dipecah atau dikeluarkan melalui feses atau tinja. Setiap individu memiliki kadar kolesterol dalam darah yang direkomendasikan yang bervariasi.

12 dari 13 halaman

Apakah Bisa Cek Kolesterol Tanpa Puasa?

Sebelum menjalani pemeriksaan kadar kolesterol, disarankan untuk melakukan puasa minimal selama 9–12 jam. Tujuannya adalah untuk memperoleh kadar kolesterol dasar dalam tubuh tanpa campur tangan apa pun. Lebih baik lagi jika pemeriksaan kadar kolesterol dilakukan di pagi hari setelah berpuasa semalaman sebelumnya.

13 dari 13 halaman

Sakit Kolesterol Tidak Boleh Makan Sayur Apa?

Salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol pada penderita adalah sayuran yang digoreng, sehingga disarankan untuk dihindari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.