Sukses

Tidur Jadi Lebih Nyenyak dan Berkualitas, Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Dikonsumsi

Kualitas tidur ternyata juga bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kacang-kacangan, buah, dan susu merupakan beberapa contoh makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Kualitas tidur seseorang umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat stres, serta makanan dan minuman yang dikonsumsi. Stres berlebih terkadang bisa membuat seseorang kesulitan untuk terlelap, begitupun dengan makanan dan minuman tertentu, terlebih yang tinggi kandungan kafein.

Karenanya, untuk mendapat kualitas tidur yang baik pengelolaan stres dan menjaga pola makan sangat dianjurkan. Tubuh dengan pengelolaan stres yang baik cenderung lebih rileks, sehingga tidur bisa lebih nyenyak. Sama hal nya dengan makanan, beberapa kandungan nutrisi dalam makanan bisa menunjang kualitas tidur seseorang. 

Berikut 9 rekomendasi makanan dan minuman yang baik dikonsumsi menjelang tidur, dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (29/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Pisang dengan Selai Almond

Kombinasi buah pisang dengan selai almond dapat menjadi pilihan cemilan malam yang sehat. Pisang dan almond tinggi akan kandungan magnesium, potasium, dan protein yang mana berkaitan dengan peningkatan kualitas tidur manusia. 

3 dari 14 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal tinggi kandungan magnesium dan melatonin yang merupakan hormon tidur. Karenanya, konsumsi oatmeal menjelang tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan catatan, oatmeal yang dikonsumsi lebih baik bukan oatmeal instan.

4 dari 14 halaman

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu sumber kalsium. Melansir dari Sleep Foundation, kalsium mampu membuat seseorang lebih mudah tidur dengan kualitas tidur yang juga meningkat. Selain itu, yoghurt juga kaya akan vitamin B6, vitamin B 12, magnesium, dan protein yang dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak.

5 dari 14 halaman

4. Teh Bunga Passion Flower

Teh bunga passion flower merupakan herbal yang bisa menurunkan gejala kecemasan, depresi, dan gejala terkait permasalahan psikis lainnya. Selain itu, konsumsi teh satu ini bisa meningkatkan produksi brain chemical gamma aminobutyric acid, yang bisa menghambat hormon penghasil stress. Bersifat menenangkan, teh bunga passion flower bisa memicu rasa kantuk, karenanya bagus dikonsumsi sebelum tidur. 

6 dari 14 halaman

5. Kiwi

Kiwi menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Selain kaya akan vitamin dan mineral, kiwi juga mengandung berbagai senyawa pemicu hormon tidur, seperti melatonin, anthocyanins, flavonoids, carotenoids, magnesium, dan potassium. 

7 dari 14 halaman

6. Susu Hangat

Mengonsumsi susu hangat sebelum tidur mampu membuat tubuh terasa lebih rileks. Pasalnya, susu mengandung beberapa komponen penunjang rasa kantuk, seperti triptofan, kalsium, vitamin D, daan melatonin. 

8 dari 14 halaman

7. Teh Chamomile

Teh bunga chamomile sepertinya menjadi salah satu teh herbal yang paling populer untuk mengatasi insomnia. Teh ini bisa membantu menurunkan stress, depresi, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Ini karena teh chamomile mengandung apigenin yang merupakan reseptor rasa kantuk pada otak. 

9 dari 14 halaman

Pertanyaan Warganet Seputar Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

10 dari 14 halaman

Minum Vitamin Apa Supaya Bisa Tidur Nyenyak?

Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa pemberian suplemen kompleks Magnesium-melatonin-vitamin B selama 3 bulan menghasilkan dampak positif yang cukup signifikan pada masalah tidur dan terbukti efektif dalam merawat pasien yang menderita insomnia.

11 dari 14 halaman

Susah Tidur Kekurangan Zat Apa?

Suatu penelitian yang dimuat dalam Jurnal Orthomolecular mengindikasikan bahwa defisiensi magnesium pada tubuh dapat mengakibatkan kesulitan tidur. Oleh karena itu, saat mengalami kesulitan tidur, mungkin disebabkan oleh kekurangan magnesium dalam tubuhmu.

12 dari 14 halaman

Makanan Apa yang Mengandung Melatonin?

Sumber makanan yang baik untuk melatonin meliputi beberapa jenis jamur, sereal, serta kacang-kacangan atau biji-bijian.

13 dari 14 halaman

Melatonin Terdapat pada Buah Apa?

Buah ceri merupakan salah satu makanan yang dapat dimakan untuk meningkatkan produksi hormon melatonin.

14 dari 14 halaman

Bagaimana Cara Meningkatkan Hormon Melatonin?

Penelitian telah mengungkap bahwa selain susu, vitamin B6 dalam bentuk tunggal atau gabungan dengan zinc, folat, dan magnesium dapat meningkatkan kadar melatonin dalam plasma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.