Sukses

Trik Kurangi Munculnya Uban dengan 1 Bahan Masak, Tak Perlu Semir Rutin

Mencegah munculnya uban dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur, lho! Begini cara selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya uban seiring bertambahnya usai memang menjadi hal yang wajar. Namun, realitanya pada beberapa uban bisa lebih cepat muncul di usia yang masih terbilang muda. Akibatnya, hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri.

Untuk meminimalisir kemunculan uban, tips racikan sampo dari warganet Instagram @sararevuelta ini bisa dicoba. Mengandung bahan-bahan alami yang mudah didapat, racikan sampo ini diklaim bisa menghambat pertumbuhan uban.

Berikut penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Rabu (15/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Bahan-bahan

Dalam video pendek yang di unggah di Instagram-nya, @sararevuelta menggunakan satu bahan masak yang mudah hampir selalu ada di dapur, yaitu bawang bombai. Berikut bahan-bahan selengkapnya:

  • Teh kantong
  • Kopi bubuk
  • Bawang bombai
  • Sampo
3 dari 13 halaman

1. Seduh Kopi dengan Teh

Pertama, seduh teh kantong dan kopi bubuk. Penggunaan teh berfungsi untuk membantu melembutkan dan menumbuhkan rambut, sekaligus menambah kilaunya. Sedangkan, kopi berfungsi mencegah rambut rontok.

4 dari 13 halaman

2. Haluskan Bawang Bombai

Kedua, blender bawang bombai hingga benar-benar lembut. Penggunaan bawang bombai ini berperan sebagai agen alami untuk mencegah munculnya uban. Selain itu, bawang bombai bersifat antibakteri yang bisa menyehatkan kulit kepala dan melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut bisa cepat tumbuh. 

5 dari 13 halaman

3. Campurkan Shampo dan Bawang Bombai

Ketiga, Siapkan botol bersih dan campurkan sampo dengan bawang bawang bombai yang sudah dihaluskan tadi.

6 dari 13 halaman

4. Tambahkan Larutan Kopi dan Teh

Terakhir, tambahkan air teh dan air kopi. Lalu, kocok hingga semua bahan tercampur dengan baik. Sampo pencegah uban pun bisa digunakan. 

7 dari 13 halaman

Cara Penggunaan

Gunakan sampo pencegah uban ini secara rutin sebagaimana menggunakan sampo pada umumnya. Untuk hasil yang lebih optimal, saat keramas, lakukan pemijatan kulit kepala selama 5 menit sebelum dibilas air.

8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Menghilangkan Uban

9 dari 13 halaman

Apakah Rambut yang Sudah Beruban Bisa Hitam Kembali?

Apabila rambut sudah beruban, ia akan kembali menghitam hanya jika uban tersebut rontok dan digantikan oleh rambut baru yang tumbuh dari akar yang sama. Sejalan dengan proses penuaan alami, meskipun rambut yang memutih berubah menjadi hitam, uban bisa muncul lagi.

10 dari 13 halaman

Bisakah Uban Dicegah?

Apabila uban disebabkan oleh faktor genetik, perubahan warna rambut menjadi putih tidak dapat dicegah. Namun, jika uban muncul karena masalah kesehatan, ada kemungkinan rambut dapat kembali ke warna aslinya jika penyakit yang mendasarinya ditangani dengan baik.

11 dari 13 halaman

Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Mengatasi Uban?

Secara keseluruhan, belum ditemukan produk yang dapat mencegah atau menghilangkan uban sepenuhnya. Oleh karena itu, penggunaan minyak kayu putih untuk mengatasi uban belum terbukti efektif. Hingga saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mengaitkan penggunaan minyak kayu putih dengan penghilangan uban.

12 dari 13 halaman

Apakah Minyak Kemiri Bisa Mengatasi Uban?

Keuntungan lain dari minyak kemiri adalah menghambat pertumbuhan uban. Selain itu, rambut yang tampak kusam dan tidak bercahaya dapat dirawat dengan minyak kemiri. Penggunaan minyak ini juga dianjurkan untuk rambut beruban yang disebabkan oleh proses penuaan pada kulit kepala.

13 dari 13 halaman

Apakah Beruban karena Banyak Pikiran?

Rupanya, uban tidak hanya disebabkan oleh pertambahan usia. Stres yang dialami dapat mempercepat munculnya uban. Ketika merasa stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang mempengaruhi seluruh sistem saraf, termasuk folikel rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.