Sukses

Apakah Mata Biru Lebih Baik dalam Kondisi Gelap? Ini Penjelasan Ilmuwan

Setiap orang memiliki warna mata yang berbeda. Mata biru adalah salah satu warna mata paling umum setelah warna mata coklat.

Liputan6.com, Malang Manusia memiliki beragam warna mata, yang umumnya dipengaruhi oleh kadar melanin. Melanin mempengaruhi bagaimana mata merespons cahaya, silau, atau kekurangannya. Warna mata biru adalah warna mata paling umum kedua setelah coklat dan sering dianggap lebih menarik.

Mata biru diklaim memiliki penglihatan yang lebih baik dalam kegelapan. Namun, apa yang sebenarnya menyebabkan mata menjadi biru dan bagaimana perbedaannya dengan warna mata lainnya? Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa Bedanya Warna Mata Biru dan Coklat?

Orang bermata biru tidaklah jarang ditemui. Secara global, 27% populasi memiliki mata biru, sedangkan 45% memiliki mata coklat.

Individu dengan mata biru menunjukkan sedikit variasi dalam DNA melanin, yang mengindikasikan asal usul yang sama. Mata biru muncul sekitar 6.000 hingga 10.000 tahun yang lalu di Eropa Tenggara akibat mutasi genetik yang kemudian diwariskan ke generasi berikutnya.

3 dari 8 halaman

Benarkah Mata Biru dapat Melihat Lebih Baik dalam Gelap?

Orang dengan mata cokelat memiliki lebih banyak melanin, sehingga mata mereka kurang mampu memantulkan cahaya. Akibatnya, mereka biasanya melihat lebih baik di siang hari tetapi mungkin mengalami kesulitan dalam cahaya terang.

Sebaliknya, orang dengan mata biru atau warna yang lebih terang memiliki lebih sedikit melanin dan cenderung dapat melihat lebih baik di malam hari, meskipun mereka mungkin juga menghadapi masalah dengan cahaya terang. Hal ini karena mata yang lebih terang mampu memantulkan cahaya lebih baik dibandingkan dengan mata yang lebih gelap.

4 dari 8 halaman

Apakah Warna Mata Biru Langka?

Pemilik warna mata biru hanya berjumlah 10% di dunia. 

 

5 dari 8 halaman

Apa Kelebihan Warna Mata Biru?

Memiliki mata berwarna biru memiliki sejumlah keunggulan. Sebagai contoh, mereka dapat mengurangi risiko terkena katarak. Namun, ini juga bisa meningkatkan kemungkinan mengalami beberapa masalah kesehatan mata, seperti kanker. Melindungi mata dan menjalani pemeriksaan rutin sangatlah penting, tak peduli warna iris mata Anda.

6 dari 8 halaman

Apa yang Menyebabkan Warna Mata Biru?

Black eye atau mata memar, yaitu perubahan warna menjadi hitam atau biru di sekitar mata karena cedera atau trauma pada mata. Ini bisa disebabkan oleh pukulan, benturan, atau cedera wajah lainnya.

7 dari 8 halaman

Bola Mata Biru dari Negara Apa?

Black eye atau mata memar, yaitu perubahan warna menjadi hitam atau biru di sekitar mata karena cedera atau trauma pada mata. Ini bisa disebabkan oleh pukulan, benturan, atau cedera wajah lainnya.

8 dari 8 halaman

Ada Berapa Warna Mata?

Skala tersebut mencakup 20 warna yang meliputi spektrum dari biru langit hingga nuansa coklat tua yang dalam, mencerminkan variasi alami dalam pigmen melanin di iris mata: Warna-warna normal berkisar dari coklat tua yang mendalam hingga biru terang yang mencolok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini