Sukses

9 Fakta Menarik Kim Soo Hyun, Aktor Mahal yang Membintangi Drakor Queen of Tears

Kim Soo Hyun merupakan salah satu aktor asal Korea Selatan yang berhasil membuktikan kesuksesannya hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Kim Soo Hyun merupakan salah satu aktor asal Korea Selatan yang berhasil membuktikan kesuksesannya hingga saat ini. Memulai debutnya pada tahun 2008, namanya semakin bersinar karena perannya sebagai Song Sam Dong pada drama Korea (drakor) Dream High.

Para penggemar drakor pasti tahu, aktor kelahiran 1988 ini tidak pernah gagal dalam setiap proyek yang diambilnya. Baik drama maupun film, seluruhnya sukses menarik perhatian penggemar. Bukan tanpa alasan, memiliki kualitas akting terbaik membuatnya menjadi aktor papan atas yang selalu dinanti.

Hal ini juga berlaku pada drakor terbaru Kim Soo Hyun yang berjudul Queen of Tears. Mulai tayang sejak 9 Maret 2024, drama ini sangat menyita perhatian publik hingga selalu menjadi trending di media sosial X setiap minggunya. Penonton berhasil dibuat penasaran dengan sosok Baek Hyun Woo yang diperankan oleh Kim Soo Hyun.

Bagi kamu yang menikmati drama Korea Kim Soo Hyun, berikut 9 fakta menariknya yang wajib kamu tahu.

1. Memiliki Suara yang Bagus

Pernah membintangi drakor Dream High pada tahun 2011, saat itu Kim Soo Hyun berperan sebagai anak desa yang memiliki bakat menyanyi. Dia pun mendaftar ke sekolah seni pertunjukkan terkenal di Seoul untuk meraih mimpinya sebagai seorang penyanyi.

Untuk mendalami perannya, Kim Soo Hyun juga belajar bernyanyi dan menari selama 3 bulan di JYP Entertainment. Di drama itu dia beradu akting dengan aktor-idol lain seperti Suzy dari Miss A, IU, dan Taecyeon dari 2PM.

Tidak ketinggalan, dia juga mengisi soundtrack drama Dream High dengan lagu berjudul “Dream High” dan “Dreaming.” Kemudian, dia pun kerap kali mengisi soundtrack dari drama lain yang dibintanginya. Apakah kamu pernah mendengar lagu-lagu Kim Soo Hyun?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Dibesarkan oleh Orangtua Tunggal

Kim Soo Hyun sebenarnya memiliki latar belakang keluarga yang cukup rumit. Ditinggalkan oleh ayahnya sejak kecil, membuat ibu Soo Hyun harus berjuang seorang diri untuk menghidupinya. Ayahnya merupakan penyanyi utama dari sebuah band tahun 80-an.

Oleh sebab itu, tidak heran bila bintang The Moon Embracing The Sun ini sangat menyayangi sang ibu. Sewaktu dia pernah bekerja sebagai pegawai restoran demi mencukupi kebutuhannya, dia pernah membelikan ibunya sebuah kaos kaki dari penghasilan pertamanya.

3. Pribadi yang Introvert

Meskipun Kim Soo Hyun terkenal sebagai pribadi yang humoris ketika berada di belakang layar, siapa sangka bahwa dia sebenarnya adalah seorang introvert? Namun berkat usaha ibunya yang memasukkannya ke sekolah akting, hal ini pun membuahkan hasil dan membuat dirinya lebih terbuka dan humoris kepada para penggemarnya.

3 dari 5 halaman

4. Membuat Nama Panggilan untuk Diri Sendiri

Pada salah satu episode variety show Korea yang berjudul Running Man, Kim Soo Hyun pernah menjadi bintang tamunya. Kepada Yoo Jae Suk dan Lee Kwang Soo, aktor tersebut berkata bahwa dia juga memiliki nama panggilan.

Baginya, nama Kim Soo Hyun terasa sangat feminim sehingga hal itu cukup mengganggunya. Oleh karena itu, dia membuat nama panggilan sendiri yaitu Kim Soo Men, yang menurutnya lebih manly.

5. Kidal

Di banyak kesempatan, fans dapat melihat bahwa Kim Soo Hyun kerap kali menggunakan tangan kirinya di berbagai acara. Faktanya aktor 36 tahun itu memang seorang kidal. 

Namun saat dirinya harus membintangi drama My Love From the Star, dia dituntut untuk dapat menggunakan tangan kanannya. Sebagai aktor profesional, dia pun berlatih keras untuk itu. Hingga saat ini, dia dapat menggunakan kedua tangannya dengan nyaman, termasuk saat bermain bowling dengan tangan kanannya.

4 dari 5 halaman

6. Mengidap Penyakit Jantung

Di balik kesuksesannya, tidak ada yang menyangka bahwa sebenarnya dia memiliki penyakit jantung bawaan. Dalam sebuah wawancara, dia bercerita pernah melakukan operasi jantung. 

Saat ini, dia pun merasa dirinya sudah sehat. Penyakit itu tidak lagi menghalangi dirinya, termasuk untuk melaksanakan wajib militer pada tahun 2017 lalu. Tidak hanya itu, ketika wamil dia ditempatkan di zona demiliterisasi, perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara.

7. Memiliki Adik Tiri

Pada tahun 2015, publik dihebohkan dengan sosok Kim Ju Na, adik tiri Kim Soo Hyun dari ayahnya. Dikenal sebagai anak semata wayang, Ju Na memiliki hubungan darah dengan Soo Hyun karena mereka mempunyai ayah yang sama.

Saat itu, adik Kim Soo Hyun sedang mengikuti ajang survival korea Produce 101. Pada episode pertamanya, terlihat Ju Na diwawancarai termasuk soal hubungannya dengan Kim Soo Hyun.

5 dari 5 halaman

8. Sering Menjadi Cameo

Penggemar dapat melihat wajah Kim Soo Hyun yang muncul di berbagai drama. Namun, sebenarnya hingga saat ini aktor tersebut baru memiliki enam drama di mana dia berperan sebagai pemeran utama. Sedangkan pada dramanya yang lain, dia hanya berperan sebagai cameo.

Meskipun hanya sebagai cameo, penampilan selalu dapat menyita perhatian publik. Seperti saat dia muncul sebagai CEO dari Hotel Blue Moon dalam drakor Hotel Del Luna, hingga saat ini masih banyak penggemar yang berharap ada kelanjutan kisah ini.

9. Aktor Termahal di Korea Selatan

Sudah bukan rahasia umum, Kim Soo Hyun dinobatkan sebagai aktor termahal hingga saat ini. Kualitas akting yang tidak main-main, serta kehadirannya yang selalu sukses membuat banyak rumah produksi Korea Selatan mendamba-dambakannya.

Menurut rumor yang beredar, Kim Soo Hyun mendapatkan bayaran kurang lebih 9 miliar won per episode untuk aksinya dalam drakor Queen of Tears. Angka ini tentu meningkat berkali-kali lipat dari penampilannya di drama-drama sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.