Sukses

7 Rekomendasi Drakor Kerajaan atau Sageuk, Anti Boring!

Menonton drakor sejarah (saeguk) dapat menambah pengetahuan penonton mengenai sedikit masa lalu Korea Selatan, terutama pada masa dinasti Joseon.

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea (drakor) memiliki banyak genre, salah satunya yaitu drama kerajaan atau sejarah. Drakor jenis ini dikenal juga sebagai drakor saeguk. Menyaksikan drama Korea sejarah dapat menambah pengetahuan penonton mengenai sedikit masa lalu Korea Selatan, terutama pada masa dinasti Joseon.

Meskipun identik dengan sejarah yang membosankan, namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Drama saeguk biasanya juga dipadukan dengan genre lain, seperti romantis, komedi, melodrama, hingga thriller.

Hanya saja, latar yang digunakan dalam drakor tersebut ada pada zaman kerajaan dengan nilai sosial-budaya yang berlaku pada masa itu. Penonton dapat memilih drakor saeguk berdasarkan genre yang disukai.

Selain itu, drakor saeguk juga menyajikan keindahan tempat yang berasal dari arsitektur kuno Korea, pemandangan alam yang memukau, serta kostum tradisional yang khas. Semua itu tentu dapat menambah daya tarik tersendiri bagi para pecinta drama sejarah.

Berikut rekomendasi drakor saeguk yang pasti menghibur kamu!

1. Mr. Queen (2020)

Ketika koki Blue House yang temperamental, Jang Bong Hwan (Jin Hyuk), tiba-tiba terbangun dalam di era Joseon. Lebih parahnya, jiwanya berada di dalam tubuh Ratu Cheorin (Shin Hye Sun).

Ratu yang semula berkarakter sendu dan penuh tata krama pun tiba-tiba selalu bertindak semaunya. Dia tidak lagi mempedulikan aturan kerajaan serta menyusahkan orang-orang di sekitarnya. Kelucuan terjadi karena seluruh tingkah anehnya dikendalikan oleh Bong Hwan.

Tanpa disangka, perangai barunya justru menarik perhatian Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun), suami yang tidak mencintainya. Bagaimana hubungan Ratu dengan Raja Cheoljong ke depannya? Serta bagaimana Bong Hwan dapat kembali ke masa modern?

Pemain: Shin Hye Sun, Kim Jung Hyun, Choi Jin Hyuk, Seol In Ah, Na In Woo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lovers of the Red Sky (2021)

Dalam romantis fantasi ini, Hong Cheon Gi (Kim Yoo Jung) dan Ha Ram (Ahn Hyo Seop) adalah dua jiwa malang yang terikat oleh takdir. Cheon Gi merupakan seorang pelukis berbakat yang diberkati oleh para dewa.

Cheon Gi pun menggunakan kemampuannya untuk menghasilkan uang dan merawat ayahnya yang sakit. Meskipun terlahir dalam keadaan buta, dia tiba-tiba mendapatkan penglihatannya kembali bertahun-tahun kemudian.

Sementara itu, Ha Ram dirasuki oleh Raja Iblis dan kehilangan penglihatannya saat masih kecil. Saat ini, dia adalah seorang ahli astrologi dengan mata merah yang tidak bisa melihat. Dengan pesona karismatiknya, dia juga memiliki kecenderungan untuk membuat ramalan. 

Ketika keduanya bertemu, mereka pun mulai jatuh cinta. Tanpa disangka, hubungan mereka ternyata akan menghadapi ujian seumur hidup.

Pemain:  Kim Yoo Jung, Ahn Hyo Seop, Gong Myung, Kwak Si Yang

3. The Tale of Nokdu (2019)

The Tale of Nokdu merupakan drama bergenre romantis dan komedi yang berlatar belakang di era Joseon. Drakor ini menceritakan kisah Jeon Nok Du (Jang Dong Yoon), yang menyamar sebagai wanita untuk masuk ke dalam komunitas perempuan misterius.

Di sisi lain, Dong Dong Joo (Kim So Hyun) merupakan seorang gadis yang sedang dilatih menjadi gisaeng yang ingin menjadi apa pun selain gisaeng (wanita panggilan). Mereka pun bertemu dan terlibat dalam takdir satu sama lain.

Akting fenomenal dan penampilan emosional Jang Dong Yoon dan Kim So Hyun membuat hubungan karakter mereka terasa segar dan sangat meyakinkan. Dinamika dari duo ini meninggalkan kesan mendalam bagi para penontonnya.

Pemain: Jang Dong Yoon, Kim So Hyun, Kang Tae Oh

3 dari 5 halaman

4. The Red Sleeve (2021)

Sebagai drakor yang telah memenangkan banyak penghargaan, drakor ini tidak boleh dilewatkan dalam jajaran drakor saeguk terbaik. Salah satu penghargaan tersebut didapat dari Baeksang Arts Awards, salah satu penghargaan bergengsi di Korea Selatan, untuk Lee Jun Ho sebagai aktor terbaik.

Drakor ini menceritakan kisah Raja Jeongjo (Jun Ho) yang berusaha untuk memenangkan hati Sung Deok Im (Im Se Young). Perbedaan latar belakang keduanya menjadi jurang yang sangat dalam, sehingga membuat Deok Im sulit menerima cinta sang Raja.

Sebagai perempuan biasa, Doek Im hanya bisa menjadi selir raja dan tidak bisa dinikahi secara resmi. Oleh sebab itu dia memilih untuk tetap merdeka dan tidak terikat dengan Raja.

Kisah ini diangkat dari novel romansa kerajaan antara Raja Jeongjo dan selir kerajaan Uibin Seong. Keduanya merupakan figur dalam sejarah Korea Selatan. 

Pemain: Lee Junho, Lee Se Young, Kang Hoon

5. Alchemy of Souls (2021)

Kisah ini berlatar di tanah fiksi bernama Daeho, yaitu ketika penyihir dapat bertukar jiwa dengan orang lain untuk bertahan hidup. Kemudian seorang pembunuh bayangan Naksu turut mengalami pergeseran jiwa dan dia terbangun dalam tubuh Mu Deok (Jung So Min). 

Mu Deok merupakan pelayan bangsawan Jang Uk (Lee Jae Wook). Dia merupakan penyihir yang kuat, namun dia dijauhi karena kurangnya keajaiban. Saat cerita berjalan, penonton akan menemui keluarga penyihir lainnya, termasuk Seo Yul (Mihyun).

Selain memiliki sisi humor yang tajam, drakor ini juga menampilkan efek grafis yang sangat mengesankan. Drama ini tayang di platform streaming Netflix.

Pemain: Lee Jae Wook, Jung So Min, Hwang Minhyun, Shin Seung Ho

4 dari 5 halaman

6. 100 Days My Prince (2018)

Bagi siapa saja yang merasa drama sejarah sulit untuk dimengerti, mungkin mereka perlu menonton drama yang satu ini terlebih dahulu. 100 Days My Prince merupakan drama sejarah romantis yang ringan dan sangat menghibur. Meskipun tayang pada tahun 2018 silam, drama ini masih menempati drama rating tertinggi untuk slot Senin dan Selasa.

Drakor ini mengisahkan tentang Lee Yul (D.O. EXO), putra mahkota yang dinyatakan hilang dari kerajaannya. Ternyata, dia ditemukan oleh masyarakat desa dalam keadaan mengalami hilang ingatan, sehingga tidak bisa mengingat dirinya yang sebenarnya. 

Lee Yul kemudian diberi nama Won Deuk sebagai identitas barunya. Serta akibat dari peraturan istana yang mewajibkan para pemudanya menikah, Hong Shim (Nam Ji Hyun), perawan paling tua di Joseon, memutuskan untuk menikahi Won Deuk.

Karakter utama yang menggemaskan, dengan komedi-romantisnya yang menawan membuat drakor ini sangat menyenangkan untuk ditonton bagi penggemar K-drama mana pun.

Pemain: Doh Kyung Soo, Nam Ji Hyun, Kim Seon Ho, Han So Hee.

5 dari 5 halaman

7. Secret Royal Inspector and Joy (2021)

Drama bergenre komedi romantis ini menampilkan Taecyeon sebagai Ra Yi Eon dan Kim Hye Yeon sebagai Kim Joy. Kisahnya menceritakan tentang seorang pemilik toko pangsit yang memiliki cita-cita tinggi untuk lulus di ujian negara. Namun entah bagaimana, dia pun ditunjuk menjadi seorang penyidik rahasia kerajaan yang tidak dia suka.

Namun, pandangan tentang pekerjaannya yang tidak menyenangkan itu sirna ketika Yo Eon bertemu dengan Kim Joy. Joy adalah wanita cerdas dan bersemangat yang dapat membuat lingkungan sekitarnya menjadi positif.

Saat itu dia sedang berjuang untuk bercerai dari suaminya yang seorang penjudi dan pemabuk. Dia bertemu Yi Eon ketika sedang menyelesaikan proses perceraian. Mereka pun menjadi duo brilian yang memecahkan kasus bersama-sama.

Pemain:  Ok Taecyeon, Kim Hye Yoon, Lee Joon Hyuk, Yang Hee Kyung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.