Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Anda Sulit Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ketahui beberapa kebiasaan sebelum tidur mana yang sebaiknya dihentikan demi mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun kurang tidur malam bisa memengaruhi kesehatan, penampilan dan kualitas hidupmu secara keseluruhan, 35% orang dewasa tidur kurang dari 7 jam per malam.

Meskipun kekhawatiran dan stres bisa mengacaukan otakmu dan menyebabkan malam gelisah, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan sebelum tidur mana yang sebaiknya dihentikan demi mendapatkan tidur malam yang nyenyak, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (24/1/2024).

 

1. Tidur dengan jenis selimut yang salah

Meskipun kita tidak bisa tertidur tanpa selimut, memilih selimut yang tepat sangat penting untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. 

Selimut berbahan polyester mudah dicuci dan dirawat, tapi bukan pilihan terbaik untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. 

Poliester merupakan bahan sintesis, sehingga tidak bisa bernapas dan tidak memungkinkan tubuhmu mengatur suhunya sehingga menyebabkanmu merasa panas dan berkeringat.

Daripada membeli selimut polyester, pilihlah selimut yang terbuat dari wol, karena selimut tersebut akan membuatmu tetap hangat dan membuat kulitmu bernapas. 

2. Pergi ke gym di malam hari

Berolahraga membantu Anda rileks dan menghilangkan kecemasan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Namun berolahraga terlalu larut di siang hari mungkin lebih banyak merugikan daripada menguntungkan dan merusak kualitas tidur malam Anda. 

Pergi ke gym dalam waktu satu jam sebelum tidur tidak akan memberikan waktu bagi suhu tubuh Anda untuk turun, menyebabkanmu sulit tidur dan terbangun di malam hari.

Jika Anda suka begadang dan lebih suka berolahraga di malam hari, lakukan olahraga intensitas rendah setidaknya 4 jam sebelum tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Minum teh hitam sebelum tidur

Teh herbal terkenal dengan efek menenangkannya dan telah digunakan untuk mengobati insomnia selama bertahun-tahun. 

Meskipun banyak teh, seperti chamomile atau lavender, bisa membantumu rileks dan bahkan meningkatkan kualitas tidur, beberapa minuman justru memberikan efek sebaliknya. Misalnya, teh hitam mengandung kafein tinggi dan bisa menyebabkan kegelisahan dan insomnia. 

4. Mengenakan piyama saat tidur

Di malam hari, tidak ada yang lebih menarik daripada mengenakan piyama favorit Anda dan akhirnya tidur. Namun beberapa piyama sebenarnya terlalu hangat untuk Anda dan mungkin mengganggu tidur Anda.

Kita tidur lebih nyenyak ketika suhu tubuh kita sedikit menurun. Jadi, pilihlah pakaian tidur ringan yang terbuat dari bahan alami dan menyerap keringat, seperti linen atau katun.

 

3 dari 3 halaman

5. Melewatkan sarapan

Sarapan disebut sebagai waktu makan paling penting dalam sehari karena suatu alasan. Meskipun Anda mungkin tidak punya waktu di pagi hari yang sibuk, terburu-buru keluar rumah tanpa makan tidak hanya memengaruhi berat badan dan kemampuan berkonsentrasi, namun juga kualitas tidur Anda. 

Orang yang sering melewatkan sarapan cenderung kurang tidur dan bangun dengan perasaan rewel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.