Sukses

Ketahui Manfaat dan Dampak Buruk Tidur Pakai Kaus Kaki

Mengenai kebiasaan malam hari, topik memakai kaus kaki saat tidur telah menimbulkan diskusi yang beragam seperti kecenderungan tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenai kebiasaan malam hari, topik memakai kaus kaki saat tidur telah menimbulkan diskusi yang beragam seperti kecenderungan tidur.

Meskipun sebagian individu merasa lebih suka menggunakan selimut untuk menghangatkan kaki saat tidur, tapi ada individu yang suka mengenakan kaus kaki untuk membuat tubuh semakin hangat saat tidur

Oleh karena itu, ketahui kelebihan dan kekurangan memakai kaus kaki saat tidur, seperti melansir dari Times of India, Kamis (11/1/2024).

Manfaat memakai kaus kaki saat tidur:

  • Lebih cepat tidur

Anda mungkin tertidur lebih cepat jika mengenakan kaus kaki sebelum tidur, yang merupakan salah satu manfaat tak terduga.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menemukan bahwa individu yang memakai kaus kaki akan tertidur lebih cepat dibandingkan individu yang tidak mengenakannya.

Rahasia keajaiban kaus kaki adalah kemampuannya dalam mengontrol suhu tubuh. Hal ini dilakukan dengan memicu proses yang disebut vasodilatasi, yaitu pembuluh darah melebar, melepaskan panas dan mengingatkan otak kapan waktunya untuk beraktivitas.

  • Melawan hawa dingin

Karena kaus kaki menjaga pembuluh darah di jari tangan dan kakimu tetap hangat, kaus kaki merupakan penyelamat bagi orang-orang dengan kondisi seperti penyakit Raynaud.

Dengan melakukan ini, ekstremitas akan tetap hangat, mati rasa dan berubah warna. Selain itu, kaus kaki dan terhidrasi jika Anda mengalami masalah tumit pecah-pecah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak buruk memakai kaus kaki saat tidur

  • Mengatasi panas

Mengenakan kaus kaki saat tidur memang mempunyai kelebihan, namun ada juga kekurangannya. Ada kemungkinan Anda akan kepanasan, terutama jika kaus kaki Anda berbahan sintesis atau terlalu tebal.

Berkeringat berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mengganggu tidurmu. Jika cuaca menjadi terlalu panas, pertimbangkan untuk menggunakan AC atau kipas angin daripada kaus kaki.

  • Kebersihan itu penting

Mengenakan kaus kaki yang kotor atau tidak bisa menyerap keringat meningkatkan risiko infeksi jamur dan bakteri. Penyakit kutu air dan selulitis bisa menjadi teman yang tidak diinginkan.

Jaga daya tahan kaus kakimu dengan memilih kaus kaki yang bersih dan menyerap keringat, serta menggantinya secara rutin untuk mengusir kuman dan bau.

 

3 dari 3 halaman

Masalah dengan sirkulasi

Mengenakan kaus kaki yang terlalu ketat bisa menggangg aliran darah, yang bisa menyebabkan edema, rasa tidak nyaman, atau kesemutan pada kaki.

Kecuali jika doktermu menginstruksikan sebaliknya, simpanlah penggunaan kaus kaki kompresi untuk hari itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.