Sukses

Mau Interview Kerja? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Membantu untuk Tetap Fokus

Sejumlah makanan ini sangat bagus dikonsumsi sebelum Anda memulai interview agar membantu tetap fokus

Liputan6.com, Jakarta Sudah siap untuk hari wawancara kerja yang tinggal menghitung hari? Anda pasti telah memilih pakaian yang apik dan profesional, membuat beberapa salinan resume Anda, dan menyelesaikan penelitian menyeluruh tentang perusahaan yang akan Anda kagumi.

Akan tetapi, apakah Anda ingat untuk makan makanan yang meningkatkan energi? Makanan apa yang terbaik untuk dimakan sebelum interview kerja? Dan pertanyaan yang lebih baik adalah, apakah Anda makan sesuatu yang berpotensi melemahkan semua pekerjaan yang Anda lakukan saat ini?

Menghimpun dari Eat This, Not That!, Kamis (16/11/2023), Jay Cardiello CSCS, penulis Bodyweight Strength Training dan Cardio Core 4×4 dan salah satu pendiri Off the Scale, sebuah intervensi perilaku kesehatan program di Mount Sinai Health System, New York, mengatakan, “Pengisian bahan bakar yang tepat sebelum wawancara dapat menjadi peluang penentu dalam karier Anda,”

Dalam artikel ini, Cardiello memberikan wawasan tentang makanan apa yang harus dan tidak boleh Anda makan sebelum Anda masuk ke ruang wawancara. Ada juga konsultasi dengan Laura Burak MS, RD, CDN, yang juga bersertifikat Nutritious Life, untuk wawasan tambahan tentang bagaimana makanan ini dapat membantu Anda merasa fokus dan berenergi atau membuat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman.

Untuk menghindari kegagalan wawancara dan malah membantu Anda mendapatkan pekerjaan itu, berikut lima makanan yang disarankan Cardiello untuk Anda makan sebelumnya untuk membantu Anda tetap fokus dan berpotensi mendapatkan posisi yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Protein tanpa Lemak

Cardiello mengatakan bahwa protein tanpa lemak seperti telur dan ikan dikemas dengan asam amino yang disebut tirosin, yang membantu tubuh memproduksi dua bahan kimia penting dan neurotransmiter otak: norepinefrin dan dopamin.

Untuk lebih jelasnya, dopamin adalah bahan kimia yang memungkinkan Anda merasakan perasaan senang dan puas, dan juga memainkan peran penting dalam keterampilan motorik.

Sementara itu, norepinefrin adalah hormon stres yang menandakan respons "lawan atau lari" dalam situasi di mana Anda merasa kewalahan dan stres. Kedua bahan kimia otak ini bekerja secara bersamaan untuk meningkatkan keterampilan kognitif penting seperti perhatian dan berpikir.

“Mengisi protein tanpa lemak akan membantu sintesis neurotransmiter [ini], yang memainkan peran penting dalam membuat Anda tetap fokus selama wawancara,” kata Cardiello.

Norepinefrin sebenarnya disintesis dari dopamin, dan bersama-sama kedua bahan kimia tersebut bekerja untuk membantu Anda tetap waspada, tetap fokus, dan mempertahankan motivasi. Hal itulah yang Anda inginkan saat berada dalam wawancara.

Burak setuju bahwa protein tanpa lemak (lean protein) merupakan komponen penting untuk disertakan dalam makanan sebelum wawancara Anda.

“Sebelum wawancara, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak untuk memperlambat pencernaan dan menjaga kestabilan gula darah, sehingga pikiran dan tubuh Anda bekerja paling efisien saat Anda menjawab pertanyaan sulit tersebut,” katanya.​

3 dari 6 halaman

2. Kopi

Berbicara tentang tetap waspada dan fokus, Cardiello mengatakan kopi adalah stimulan yang bagus untuk diminum sebelum Anda masuk ke ruangan itu, selama Anda tidak berlebihan.

"Hati-hati saja, karena terlalu banyak minum kopi favorit Anda mungkin membuat Anda merasa gugup saat menjalani proses wawancara," katanya.

Burak sependapat dengan hal itu. Ia pun berkata, "Kopi mengandung kafein dalam biji alami tersebut, yang akan memberi Anda tambahan energi dan konsentrasi sebelum wawancara."

Dia juga menambahkan bahwa kopi adalah minuman yang lebih penting untuk diminum sebelum wawancara jika Anda tidak mendapatkan istirahat malam yang cukup pada malam sebelumnya.

“Secangkir kopi kental dapat membangunkan Anda dan membantu Anda menyelesaikan wawancara itu,” tambahnya.

4 dari 6 halaman

3. Blueberry

Cardiello menyarankan Anda memasukkan blueberry ke dalam makanan atau camilan sebelum wawancara. Terutama jika Anda merasa cemas.

“Dikemas dengan vitamin C, buah ini dapat membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel kita, sangat cocok bagi kita yang merasa stres dan cemas saat wawancara,” ujarnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda-tanda stres mental dan fisik sebanyak yang diperkirakan akan terjadi di tengah situasi yang seharusnya memicu stres. Seperti misalnya berbicara di depan umum.

Terlebih lagi, orang yang memiliki kadar vitamin C yang cukup mampu pulih dari situasi stres lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak memiliki cukup vitamin tersebut.

Selain mengurangi stres, blueberry juga merupakan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi sebelum Anda melakukan sesuatu yang penting seperti melakukan pertunjukan berikutnya.

“Berry adalah salah satu buah favorit saya secara umum karena kandungan gulanya yang lebih rendah secara alami dan kandungan serat yang lebih tinggi, jadi jika Anda memasukkannya ke dalam makanan Anda sebelum wawancara, buah tersebut tidak akan meningkatkan gula darah Anda,” kata Burak.

5 dari 6 halaman

4. Almond

Almond kaya akan vitamin dan mineral, namun yang terpenting di sini adalah mineral magnesium.

Magnesium telah terbukti menjadi, "pengobatan yang efektif untuk gejala yang berhubungan dengan kecemasan, karena rendahnya kadar magnesium dapat mengurangi tingkat neurotransmitter serotonin di otak," kata Cardiello.

Ada hubungan antara magnesium dan tingkat stres. Di mana kekurangan magnesium di otak mengurangi kadar serotonin, yang juga dikenal sebagai zat kimia "bahagia" atau "merasa baik". Serotonin dipercaya mengatur kecemasan, kemampuan Anda untuk merasa bahagia, dan bahkan suasana hati Anda secara keseluruhan.

Sekitar 95% pasokan neurotransmitter tubuh Anda terletak di usus. Jadi apa yang Anda makan berdampak langsung pada kadar serotonin Anda. Tidak mengonsumsi makanan kaya magnesium dalam jumlah yang cukup secara teratur dapat menyebabkan Anda merasa cemas dan bahkan membuat Anda merasa sedikit sedih.

Cardiello menyarankan untuk mengonsumsi beberapa ons almond sebelum wawancara agar Anda merasa percaya diri dan tenang. Sebagai gambaran, satu ons almond saja mengandung 20% kebutuhan magnesium harian Anda.

Burak juga menegaskan bahwa almond adalah makanan yang baik untuk dimakan sebelum wawancara.

“Kacang secara alami mengandung semua makronutrien yang kita butuhkan untuk menjaga tubuh kita bekerja secara efisien,” katanya. "Jika Anda tidak punya waktu untuk makan, segenggam almond akan selalu menstabilkan gula darah dan tingkat rasa lapar Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tenaga saat wawancara."​

6 dari 6 halaman

5. Sayuran Hijau yang Tinggi Vitamin B

Anda tidak akan pernah salah memilih sayuran. Namun siapa sangka, ternyata beberapa sayuran hijau sebenarnya merupakan makanan padat untuk dimakan sebelum wawancara.

“Sayuran seperti brokoli dan bayam kaya akan vitamin B. Vitamin ini membantu mengatasi kelelahan dan kecemasan,” kata Cardiello.

Tidak mengonsumsi cukup makanan yang kaya akan tiga jenis vitamin B tertentu—B12, B6, dan B9—dapat menyebabkan kecemasan, serangan panik, dan bahkan depresi.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan vitamin B9, atau dikenal sebagai asam folat. Cardiello mengatakan yang terbaik adalah memasukkan beberapa sayuran berdaun hijau ke dalam rencana makan harian Anda. Terutama beberapa hari menjelang wawancara besar.

Burak bahkan menyarankan Anda makan sayuran berdaun hijau setiap kali makan jika bisa.

“Saya selalu merekomendasikannya setiap kali makan karena banyaknya vitamin, mineral, dan serat yang disediakan oleh semua sayuran, yang akan membuat Anda merasa segar secara mental dan siap menaklukkan apa pun—terutama sebelum acara besar,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.