Sukses

7 Tips Frugal Travel, Liburan Hemat Tanpa Menguras Dompet

Rahasia agar lebih sering bepergian? Caranya dengan bikin perencanaan, teliti pilihan Anda, pilih penawaran, dan atur waktu dengan tepat—Anda akan takjub betapa jauh Anda dapat menghemat anggaran liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sering berandai-andai dan melamun tentang rencana liburan berikutnya, bahkan setelah liburan terakhir Anda? Selain itu, apakah terpikir untuk menjelajahi kota-kota yang jauh, sambil bersantai di pantai yang berpasir, atau berkumpul bersama keluarga di kabin tepi danau?

Jika iya, pasti Anda berpikir untuk menabung uang lebih banyak agar rencana liburan lebih sering. Padahal, dalam pengaplikasiannya tidak terlalu sulit lho. Nah, tahukah Anda kalau saat ini sedang marak tren liburan yang sebenarnya mengadaptasi dari konsep frugal living?

Ya, kenalan yuk, dengan frugal travel. Rahasia agar lebih sering bepergian? Sebenarnya cukup sederhana saja. Langkah pertama yaitu dengan habiskan lebih sedikit uang untuk setiap perjalanan, dan Anda dapat meningkatkan anggaran liburan tahunan Anda menjadi lebih sering bepergian.

Selain itu, pelajari cara membuat rencana ke depan, teliti pilihan Anda, pertimbangkan penawaran, dan atur waktu dengan tepat. Setelah melakukan semua secara rinci seperti yang sudah dijelaskan, Anda akan takjub melihat seberapa banyak yang bisa dihasilkan dari anggaran liburan Anda.

Baik Anda berencana untuk melakukan perjalanan di jalan terbuka atau cuaca bersahabat, lihatlah cara mudah ini untuk menjadi frugal travel dan lebih sering keluar kota, seperti yang sudah dilansir dari RealSimple, Sabtu (21/10/2023) berikut ini! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pilih waktu pas off-season

Salah satu cara termudah untuk menjadi frugal travel adalah dengan melakukan perjalanan di luar musim liburan. Maskapai penerbangan dan hotel sering kali memangkas harga saat Anda mengunjungi tujuan liburan pada tanggal perjalanan di luar jam sibuk.

Dengan menentukan waktu di luar musim yang lebih murah tapi tetap aman, bukan berarti berarti Anda pergi ke suatu tujuan saat rawan badai atau badai pasir hanya karena lebih murah. Maka dengan begini, Anda pun perlu memerlukan sedikit riset, tapi pasti sepadan dengan usahanya.

Meskipun memerlukan sedikit perencanaan, perjalanan di luar musim liburan akan menghemat uang Anda dan sebagai keuntungan tambahan, Anda juga terhindar dari keramaian.

2. Gunakan travel sites untuk memesan hotel yang lebih murah

Daripada memesan langsung dengan hotel atau maskapai penerbangan, periksa situs perjalanan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, Anda dapat membandingkan beberapa hotel sekaligus, sehingga membantu Anda menemukan penawaran terbaik untuk destinasi yang dipilih.

Selanjutnya jika Anda mendaftar ke program rewards situs web tertentu, Anda dapat berhemat lebih banyak lagi dan mendapatkan keuntungan. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan tabungan khusus anggota sudah cukup banyak.

3 dari 4 halaman

3. Pesan tiket pesawat di waktu yang tepat

Menggunakan travel sites dapat menghemat banyak uang. Namun, Anda dapat menggandakan penghematan dengan memesan penerbangan pada waktu yang tepat. Menurut studi tahun 2023 yang dilakukan Cheapair.com, periode pemesanan utama adalah antara 1,5 bulan hingga 5,5 bulan sebelum tanggal perjalanan Anda.

Studi ini juga menemukan bahwa yang terpenting bukanlah hari apa Anda memesan penerbangan, melainkan hari apa Anda bepergian. Misalnya, Rabu adalah hari termurah dalam seminggu untuk terbang, dengan rata-rata penghematan $100, diikuti oleh Selasa dan Sabtu.

Untuk bepergian secara hemat dengan terbang pada saat termurah, lewati penerbangan pada hari Minggu dan Jumat.

4. Pilih penginapan yang memiliki dapur

Para frugal travel biasanya menghemat banyak uang dengan memilih hotel atau penginapan yang dilengkapi dapur. Tentu saja menyenangkan untuk bersantap di luar. Namun sebenarnya, Anda bisa menghemat cukup banyak jika Anda memasak hanya satu atau dua kali makan setiap hari.

4 dari 4 halaman

5. Temukan tujuan liburan yang terjangkau

Tips ini jelas tetapi tidak boleh diabaikan. Caranya dengan temukan saja destinasi yang lebih terjangkau. Kota-kota kecil, kota-kota yang kurang dikenal, dan pantai-pantai terpencil biasanya jauh lebih murah dibandingkan destinasi-destinasi utama. Hal ini tentunya memungkinkan Anda melewati keramaian turis dan menikmati pesona unik suatu lokasi.

6. Temukan aktivitas yang murah dan gratis

Cara terbesar untuk menjadi frugal travel dan lebih sering bepergian adalah dengan menemukan hal-hal menyenangkan, murah, dan gratis untuk dilakukan selama perjalanan Anda.

Saat merencanakan atau bahkan setelah Anda tiba, lakukan pencarian cepat online untuk aktivitas terjangkau di tujuan Anda seperti taman lokal, museum sejarah, dan kebun raya.

Selain itu, teliti tujuan Anda terlebih dahulu agar waktu perjalanan Anda bertepatan dengan acara atau festival gratis. Misalnya, banyak destinasi pantai yang menjadwalkan festival musik dan acara lainnya selama musim panas.

7. Gunakan rewards dari kartu kredit

Tentu saja, yang terbaik adalah menabung untuk liburan Anda dan tidak menumpuk hutang. Meskipun demikian, sebagian besar waktu Anda menggunakan kartu kredit untuk memesan hotel, penerbangan, dan biaya perjalanan lainnya. Jadi gunakan kartu yang memberi keuntungan finansial bagi Anda dan dapatkan fasilitas tersebut.

Dapatkan kartu kredit yang menawarkan reward dan travel miles, sehingga Anda bisa mendapatkan barang gratis untuk perjalanan Anda. Saat Anda melakukannya, temukan kartu tanpa biaya tahunan dan juga suku bunga yang lebih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.