Sukses

Lavender hingga Kemangi, 6 Tanaman Ini Ampuh Mengusir Nyamuk dari Halaman Rumah Anda

Para ahli memberi tahu tentang beberapa tanaman mana yang akan menjauhkan serangga dan nyamuk dari halaman rumah Anda. Berikut deretan tanaman yang akan mengusir nyamuk dari pekarangan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang cerah tentu sangat sayang jika tak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk mengundang beberapa tamu untuk barbekyu, atau sekadar nongkrong di halaman. 

Namun sayangnya berkumpul di halaman kadang bisa terganggu akibat gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Untungnya, ada tanaman tertentu yang bisa meminimalisir nyamuk, dan membuat halaman Anda terlihat bagus. 

Para ahli memberi tahu Best Life, tentang beberapa tanaman mana yang akan menjauhkan serangga dan nyamuk dari halaman rumah Anda. Berikut deretan tanaman yang akan mengusir nyamuk dari pekarangan Anda. 

1. Serai

 

Anda mungkin akrab dengan Citronella, dan mungkin pernah menggunakan lilin atau gelang pengusir serangga yang terbuat dari minyak atsirinya. Tapi Anda juga bisa langsung ke sumbernya dan menanam tanaman pengusir nyamuk yang populer ini di halaman rumah Anda.

"Baunya seperti lemon dan menutupi aroma Anda yang disukai nyamuk," kata Bryan Clayton, CEO GreenPal. Anda bisa menanamnya di dalam pot atau di tanah di sekitar area luar ruangan yang mungkin menarik nyamuk.

Amber Noyes, ahli hortikultura dan editor di Gardening Chores, mengatakan semua jenis tanaman beraroma lemon adalah pilihan tepat untuk menjaga halaman Anda bebas nyamuk. Serai, yang paling mirip dengan citronella, lemon balm, atau lemon verbena semuanya anti nyamuk, tergantung mana yang paling cocok untuk iklim Anda, katanya kepada Best Life.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Lavender

Lavender memang sangat cantik dan pastinya merupakan aroma yang populer, tetapi tahukah Anda bahwa lavender sangat baik untuk mengusir nyamuk?

"Nyamuk tidak tahan dengan Lavender, apalagi mengandung linalool, bahan kimia yang mengusir mereka," kata Clayton. Menanam tanaman yang satu ini adalah kemenangan nyata, dan kelopak keringnya bahkan bisa berfungsi sebagai solusi anti gatal.

Tanaman ungu ini paling baik dalam kondisi cerah. "Ini sangat membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh, jadi pastikan Anda tidak menanamnya di tempat yang teduh," kata Ben McInerney, pendiri Home Garden Guides.

3 dari 6 halaman

3. Catnip

Catnip tidak hanya akan membuat kucing Anda lebih bahagia, tetapi juga akan menjauhkan nyamuk karena mengandung nepetalactone, senyawa yang menurut Clayton lebih baik daripada DEET dalam mengusirnya. McInerney juga mencatat kekuatan nepetalactone. 

"Perlu Anda ketahui bahwa bahan kimia ini ampuh melawan nyamuk," katanya. "Belum lagi, catnip mudah tumbuh dan dipelihara."

Selain menjadi tanaman yang mudah dirawat, catnip juga menjadi tambahan yang cantik untuk halaman atau kebun apapun. "Ini sangat kuat, mereka dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah, asalkan memiliki drainase yang baik," kata Noyes. Jangan khawatir jika cuaca mendung, karena tanaman ini dapat tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari penuh atau di tempat yang teduh sebagian.

4 dari 6 halaman

4. Marigold

Marigold adalah bunga yang cerah yang akan membuat halaman Anda semakin cantik, tetapi keuntungan terbesarnya adalah mereka memiliki bau yang tidak disukai nyamuk.

"Mereka juga memiliki piretrum, insektisida alami yang membunuh mereka, jadi Anda harus menanamnya di dekat pintu, jendela, atau tempat duduk Anda," kata Clayton. Begitu nyamuk mencium bau bahan kimia itu, mereka tidak akan terbang mendekatinya.

5 dari 6 halaman

5. Daun Mint

Mint adalah bahan pokok di dapur dan harus menjadi bahan pokok di halaman Anda. Bahan paling aktifnya adalah mentol, yang dikenal dapat mengusir dan mengendalikan nyamuk dan hama lainnya.

"Aroma mint benar-benar ajaib dalam mengusir nyamuk, dan semua jenis mint bekerja dengan baik, tetapi saya sangat menyukai mint Aljazair karena rasa pedasnya," kata Noyes. Ini juga sangat mudah tumbuh. Noyes menyebutkan bahwa ia dapat tumbuh subur di semua jenis tanah, serta naungan sebagian.

6 dari 6 halaman

6. Kemangi

Kita semua tahu kemangi sangat baik untuk memasak, tetapi juga cukup bagus untuk ada di halaman Anda. “Tanaman ini mengandung minyak yang dapat membunuh jentik nyamuk,” kata David Lundquist, pemilik Mosquito Hunters of Austin.

Clayton menyarankan untuk menanamnya di dekat area pemanggangan di luar ruangan. "Kemangi memiliki eugenol, senyawa yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk dan Anda dapat menggunakan daunnya untuk losion atau semprotan pengusir nyamuk," katanya. Senyawa ini membingungkan dan mengiritasi nyamuk, yang pada akhirnya memaksa mereka untuk pergi dan mencari sumber makanan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.