Sukses

Bukan Kafein, Ternyata Ini Minuman yang Bisa Merusak Kualitas Tidur Anda Menurut Pakar

Ternyata ini minuman yang merusak kualitas tidur Anda

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal mendapatkan tidur malam yang nyenyak, ada banyak hal yang harus kita coba. Beberapa ahli mengklaim makan kiwi sebelum tidur atau membuka jendela dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang harus kita hindari sebelum tidur untuk mendapatkan tidur nyenyak. Ada hal-hal yang jelas, seperti menghindari kafein – tetapi ada hal yang kurang jelas yang mungkin tidak Anda pertimbangkan.

Anda mungkin merasa sangat mengantuk setelah minum satu liter bir atau segelas anggur, tetapi ternyata minuman beralkohol juga dapat mengganggu tidur malam Anda.

Dilansir dari Mirror, pakar tidur di Bed Kingdom telah mengungkap potensi penyebab insomnia, dan salah satunya terkait dengan kebiasaan minum alkohol dan konsumsi nikotin.

Para ahli tidur menjelaskan: "Meskipun alkohol sering membuat Anda tertidur lebih cepat, meminumnya menjelang waktu tidur dapat menyebabkan tidur terfragmentasi dan dapat menjadi penyebab sering terbangun sepanjang malam."

"Penelitian telah menemukan bahwa minum alkohol dalam waktu empat jam sebelum tidur dapat berdampak negatif pada kontinuitas dan durasi tidur, yang menyebabkan 'wake after sleep onset' (WASO) yang lebih lama, di mana Anda bangun di malam hari dan berjuang untuk kembali tidur."

"Jika Anda kesulitan tidur setelah minum malam, cobalah untuk minum terakhir sekitar empat jam sebelum tidur untuk memastikan bahwa tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk mencerna dan memetabolisme alkohol sebelum Anda mencoba untuk tertidur."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nikotin juga bikin insomnia

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi nikotin sebelum tidur berhubungan dengan insomnia, karena berdampak pada kemampuan tubuh untuk tertidur dan tetap tertidur.

Para ahli menjelaskan: "Kafein bekerja dengan menghalangi efek adenosin, neurotransmitter yang secara alami menumpuk di tubuh pada siang hari dan menciptakan tekanan untuk tidur."

Meskipun Anda mungkin sudah tahu bahwa mengonsumsi kafein dapat menghambat kemampuan Anda untuk tidur, Anda mungkin tidak tahu berapa lama kafein bertahan di sistem Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, kafein ditemukan memiliki waktu paruh lima jam pada orang sehat – artinya dibutuhkan waktu sekitar lima jam untuk setengah kafein meninggalkan tubuh Anda.

Para ahli mengatakan: "Meskipun kedengarannya ekstrem, jika Anda kesulitan tidur di malam hari, pertimbangkan untuk menghentikan kafein delapan hingga 12 jam sebelum waktu tidur Anda.

"Jika Anda biasanya tidur jam 11 malam, ini bisa berarti minum minuman berkafein terakhir Anda sekitar jam 1 siang dan memilih opsi tanpa kafein untuk sisa hari itu."

Jika insomnia memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan telah menjadi masalah selama lebih dari sebulan, dan tidak terkait dengan faktor seperti konsumsi alkohol dan nikotin, para ahli menyarankan Anda untuk membuat janji bertemu dengan dokter umum.

3 dari 4 halaman

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal Anda melakukan beberapa fungsi penting: Tidak hanya membuang limbah dari aliran darah, ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah, meningkatkan kesehatan tulang, dan banyak lagi.

Menurut American Kidney Fund, "penyakit ginjal tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan." Mereka mengatakan bahwa saat ini, 37 juta orang Amerika hidup dengan penyakit ginjal, dan sekitar 807.000 orang Amerika hidup dengan gagal ginjal.

Lebih buruk lagi, sembilan dari 10 orang dengan penyakit ginjal tahap awal tidak menyadari mereka mengidapnya. Namun, ini tidak berarti mendapatkan penyakit ginjal adalah kepastian.

Ada banyak cara yang berdampak untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah kondisi gagal ginjal. Berikut beberapa di antaranya seperti dihimpun dari Bestlife:

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

7 Alasan Anda Kerap Terbangun di Malam Hari

Jika Anda cenderung tertidur tanpa masalah hanya untuk bangun di tengah malam, Anda tidak sendiri. Menurut sebuah studi tahun 2010 di Journal of Psychosomatic Research, kira-kira sepertiga lebih dari 2.000 orang yang disurvei melaporkan terbangun di tengah malam setidaknya tiga malam per minggu.

Meskipun gangguan tidur jarang menunjukkan masalah mendasar yang serius, gangguan tersebut dapat membuat Anda merasa lelah dan pada akhirnya berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Jika Anda ingin mengatasi masalah tidur Anda, dokter mengatakan langkah pertama adalah mengidentifikasi faktor apa saja yang dapat menyebabkannya. Berikut ini tujuh alasan umum mengapa Anda terbangun malam hari dan cara mengatasinya. Dihimpun dari Bestlife ini dia.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.