Sukses

Seperti di Restoran, 7 Bumbu Paling Populer dalam Masakan Jepang

Suka makanan Jepang? Stok bumbu masakan Jepang di rumah sendiri, yuk!

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti masakan khas negara lain pada umumnya, bumbu khas Jepang punya peran penting untuk membuat makanan asal negeri Sakura ini semakin lezat. Maka jangan heran kalau masakan Jepang sendiri sudah menjamur ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Pada umumnya, masakan Jepang sering didominasi oleh makanan laut, misalnya ikan laut, kerang, udang, cumi, gurita, dan sebagainya. Dan sedikit berbeda dengan kuliner Indonesia yang menggunakan banyak bumbu dan rempah, masakan asal Jepang bisa dibilang lebih sederhana.

Meskipun begitu, rasanya juga tetap lezat dan nikmat untuk dinikmati oleh berbagai macam kalangan. 

Nah, biar Anda semakin paham tentang bumbu khas apa saja yang sering ada dalam sajian masakan Jepang, berikut ulasannya seperti merangkum dari berbagai sumber.

1. Dashi

Apakah Anda familiar dan pernah menggunakan dashi ke dalam masakan Jepang? Dashi atau dashijiru sering dipakai untuk membuat kaldu sup Jepang atau masakan berkuah lainnya.

Namun, berbeda dari kaldu sup masakan lain yang biasanya dibuat hingga beberapa jam, dashi hanya berisi satu atau dua bahan dan persiapannya sangat singkat, yaitu membutuhkan waktu hanya sekitar 20 menit. 

Penggunaan dashi dapat memberikan rasa gurih yang kaya rasa serta unik pada menu yang Anda konsumsi. Jika ingin mencarinya di pasaran, dashi biasa dijual dalam bentuk bubuk dalam kemasan sachet atau dibungkus seperti kantong teh instan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Shoyu

Shoyu atau kecap asin pasti sudah tidak asing lagi bagi pencinta sushi. Bentuknya yang cair ditambah wasabi bisa membuat sushi yang Anda konsumsi semakin enak dan menggugah selera. Dalam masakan Jepang, sangat lazim menggunakan kecap dari hasil fermentasi kedelai ini untuk menambah rasa asin.

Shoyu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu usukuchi shoyu dan koikuchi shoyu. Usukuchi shoyu berupa kecap asin yang encer dan digunakan sebagai pelengkap sushi atau tempura. Sementara koikuchi shoyu teksturnya lebih kental dan asin daripada usukuchi shoyu yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Rasanya pun lebih asin dan kental dari usukuchi shoyu.

3. Japanese mayonnaise

Bisa jadi ini menjadi salah satu bumbu Jepang yang ada di meja makan Anda, mayones Jepang. Berbeda dengan mayones Barat, mayones Jepang rasanya lebih kaya dan lembut, karena hanya mengandung kuning telur dan campuran cuka khusus. Biasanya digunakan untuk membuat tuna mayo, okonomiyaki, salad, sandwich, bahkan sushi. 

 

3 dari 4 halaman

4. Miso

Salah satu bumbu khas Jepang populer lainnya yaitu miso. Penggunaannya pun bisa berbagai macam masakan, seperti membuat kaldu sup, kuah, ramen, udon, marinasi daging, serta saus salad.

Dilansir dari TsunaguJapan, miso adalah semacam pasta yang terbuat dari fermentasi yang berasal dari kacang kedelai dan telah digunakan sebagai bumbu masakan Jepang sejak dahulu.

Miso pun juga tidak cuma dari satu jenis, karena ada banyak jenis miso yang tergantung dari lamanya proses fermentasi serta bahan baku pembuatannya. Rasanya mulai dari manis yang ringan, asin dan penuh rasa, serta sangat gurih. Tiga jenis miso yang paling dikenali yaitu yang berasal dari beras alias kome, miso dari barley alias mugi, dan miso yang berasal dari kedelai alias mame.

5. Furikake

Furikake bentuknya seperti abon yang memang ditaburkan di atas nasi. Bumbu asal Jepang yang satu ini terbuat dari serpihan salmon, telur dadar, biji wijen, serpihan rumput laut, dan ikan kering.

Kombinasi rasa dan teksturnya yang unik membuatnya mampu meningkatkan cita rasa berbagai hidangan. Anda pun juga bisa menambahkannya pada mi, ayam goreng, atau salad, lho. 

4 dari 4 halaman

6. Katsuobushi

Kalau Anda memang penyuka masakan Jepang pasti tidak asing lagi dengan katsuobushi. Bumbu yang satu ini berasal dari produk ikan kering yang sudah difermentasikan sehingga mengeluarkan aroma yang khas.

Katsuobushi biasanya berbentuk seperti serpihan yang sangat tipis dan ditaburkan di atas berbagai masakan Jepang seperti topping. 

7. Kombu

Jenis bumbu pada masakan Jepang yang terakhir adalah kombu. Kombu yaitu rumput laut yang kaya mineral untuk menambah rasa gurih pada saat dikonsumsi. Biasanya, penggunaan kombu untuk membuat makanan dari kacang-kacangan supaya menghasilkan rasa yang enak serta dapat membantu Anda memasak menjadi lebih cepat.

Selain itu, kombu dapat memberi cita rasa yang unik untuk sushi atau dapat juga dimasukkan sebagai kaldu pada masakan berkuah. Sayangnya, karena tidak bisa larut ke dalam air, sebaiknya kombu harus diangkat atau disisihkan terlebih dahulu sebelum disajikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.