Sukses

Mengandung Banyak Vitamin, 5 Jenis Sayuran Hijau Berikut Ini Cocok Dijadikan Tambahan Salad

Salad merupakan makanan yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tambahkan 5 sayuran berikut ke dalam campuran salad Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Menambahkan sayuran hijau ke dalam salad dapat membuat hidangan menjadi lebih sehat, lezat, dan berwarna.

Sayuran hijau rendah kalori dan tinggi nutrisi, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk salad. Salad adalah hidangan yang mengenyangkan sehingga Anda dapat menyantapnya sebagai camilan atau sebagai pendamping makanan. Pastikan Anda menambahkan berbagai jenis sayuran, sumber protein seperti ayam atau ikan serta saus yang sehat untuk membuat salad menjadi sehat.

Salad biasanya disajikan dengan saus atau dressing, yang terbuat dari campuran minyak, cuka, dan bahan-bahan lainnya untuk memberikan rasa yang lebih enak. Salad biasanya dikonsumsi sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama dalam menu makanan sehat dan bergizi. Salad sangat populer di seluruh dunia karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan rasanya yang segar dan lezat.

Salad sayur sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk tubuh kita. Selain itu, mengonsumsi salad sayur secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Berikut adalah lima jenis sayuran yang dapat Anda tambahkan ke dalam resep salad Anda, seperti melansir dari laman Times of India, Jumat (14/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bayam

Ketika berbicara tentang sayuran hijau, sayuran pertama yang muncul di benak kita adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini tidak hanya tersedia dalam jumlah yang melimpah, tetapi juga dikemas dengan sejumlah nutrisi yang baik.

Mengkonsumsi bayam akan memberikan Anda nutrisi seperti zat besi, kalsium, serta vitamin A dan C. Bayam dapat ditambahkan secara mentah ke dalam salad atau bahkan dapat direbus untuk memberikan warna hijau yang cerah.

Bayam juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas.

Untuk membuat salad bayam yang lezat dan sehat, Anda dapat mencampurkan bayam segar dengan bahan-bahan lain seperti tomat ceri, mentimun, alpukat, kacang almond, atau keju. Dressing yang cocok untuk salad bayam bisa menggunakan bahan-bahan seperti minyak zaitun, cuka apel, dan madu untuk memberikan rasa yang sedikit manis dan asam.

3 dari 4 halaman

2. Daun Arugula

Daun arugula merupakan salah satu daun salad populer lainnya yang digunakan dalam berbagai resep. Daun ini memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas yang secara sempurna menyeimbangkan rasa komponen salad lainnya. Daun Arugula kaya akan vitamin A, C, K, serat, kalsium, kalium, zat besi dan antioksidan seperti beta-karoten.

Salad arugula sangat baik untuk kesehatan dan sangat cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat. Kandungan serat dan rendah kalori dalam arugula dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

3. Kale

Kale adalah sayuran berdaun hijau yang kaya serat dan dapat dimakan mentah atau dimasak. Karena bentuk dan tekstur daunnya, Kale akan menambahkan lapisan pada segala jenis salad dasar. Kale memiliki rasa yang sedikit pedas dan bersahaja dan akan menambah kerenyahan pada salad. Kale adalah sumber asam omega-3, protein, kalium, kalsium dan vitamin seperti A, C dan K.

4 dari 4 halaman

4. Selada

Selada merupakan salah satu sayuran yang biasanya ditambahkan sebagai campuran dalam burger, sandwich dan lalapan. Selada juga dapat ditambahkan ke dalam salad untuk memberikan tekstur yang renyah pada hidangan. Jika Anda tidak dapat menemukan selada, Anda dapat menggunakan kubis sebagai penggantinya.

Dengan rasa manis dan pikirannya, selada dapat menambah volume dan kesegaran pada salad. Selada adalah sumber nutrisi yang kaya dan dikemas dengan vitamin C dan A, serat, antioksidan, kalsium dan air.

Ada banyak jenis selada yang bisa digunakan dalam pembuatan salad, seperti selada hijau, selada romaine, selada es, selada endive, dan masih banyak lagi.

5. Brokoli

Ingin membuat salad Anda lebih bergizi? Tambahkan brokoli ke dalam salad agar tidak hanya menyehatkan tetapi juga berwarna.

Cara terbaik untuk menggunakan brokoli adalah dengan memotongnya menjadi kecil-kecil kemudian merebusnya selama dua menit. Setelah direbus, celupkan brokoli ke dalam air dingin selama beberapa menit lalu tiriskan. Oleskan brokoli dengan tisu dapur untuk menghilangkan kelembapan berlebih dan tambahkan brokoli ke dalam salad Anda.

Merebus brokoli akan membuat brokoli menjadi sedikit empuk namun tetap renyah. Brokoli merupakan sumber protein, serat, vitamin C dan fitokimia yang baik yang memiliki efek anti inflamasi pada tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.