Sukses

5 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup di Tahun Baru 2023

Tahun baru menjadi awal yang tepat untuk perlahan meningkatkan kualitas hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Di setiap penghujung tahun, kamu mungkin memikirkan akan bagaimana menjalani kehidupan di tahun berikutnya. Hari pertama di tahun baru menjadi awal lembaran baru yang siap kamu beri tinta cerita kehidupan.

Tentu saja, kamu juga merasa ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Peningkatan kualitas hidup akan kamu butuhkan untuk menghadapi hal-hal baru di tahun berikutnya.

Tahun baru 2023 sudah di depan mata, dan itu berarti dimulainya awal yang baru. Ini adalah waktu yang tepat untuk menilai kembali ke mana kamu akan melangkah dalam hidup, ke mana kita ingin pergi, dan bagaimana kita akan sampai ke sana.

Berikut ini lima cara untuk meningkatkan kualitas hidup di tahun yang baru, seperti dilansir dari Psychology Today, Sabtu (31/12/2022).

1. Tetapkan Batasan yang Lebih Baik

Menetapkan batasan adalah salah satu hal paling berani yang bisa kita lakukan. Ini adalah tantangan untuk memberi tahu orang lain apa yang akan dan tidak akan kamu toleransi.

Sadarilah bahwa menetapkan batasan dapat mengakibatkan orang lain marah kepadamu. Akan tetapi, orang-orang yang menjadi sahabat sejatimu dalam hidup akan menghormati batasan-batasanmu. Pertimbangkan untuk menetapkan batasan dan mengatakan "tidak."

2. Tidur Lebih Banyak

Manusia membutuhkan delapan hingga 10 jam tidur berkualitas setiap malam. Remaja membutuhkan 10 hingga 12 jam.

Ketika kamu mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu bangun dengan perasaan segar. Jika kamu bangun dan tidak pernah sepenuhnya merasa pulih, kamu mungkin mengalami kurang tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Berolahraga Setiap Hari

Olahraga terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk kecemasan, depresi, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).

Ketika kamu berolahraga bahkan selama 20 menit, ini membantu meningkatkan zat kimia otak, seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Jika kamu mengalami depresi, kecemasan, atau ADHD, bahan kimia otak ini mungkin rendah secara alami. Jadi, olahraga membantu mengobati gejalamu.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS merekomendasikan satu jam olahraga per hari. Ingat, naik tangga daripada lift dihitung sebagai olahraga, begitu juga parkir lebih jauh dari kantormu dan berjalan kaki. Carilah cara-cara kecil untuk memasukkan olahraga dalam rutinitas harianmu.

3 dari 4 halaman

4.Tuliskan Tujuanmu

Penelitian telah menemukan bahwa jika kamu menuliskan tujuan, kemungkinan besar kamu akan mencapainya. Selain itu, beritahu sebanyak mungkin orang tentang tujuanmu.

Ketika kamu berbagi tujuanmu dengan orang lain, kemungkinan kamu akan mencapainya lebih besar. Hal ini disebabkan oleh prinsip yang disebut konsistensi sosial.

Sebagai manusia, kita ingin terlihat baik di mata orang lain, jadi kita akan melakukan apa yang kita katakan kepada orang lain. Bahkan, jika kamu menetapkan resolusi untuk tahun baru, beritahu sebanyak mungkin orang tentang resolusi tersebut.

4 dari 4 halaman

5.Tetapkan Prioritas

Jika kamu hanya bisa melakukan tiga aktivitas selama sisa hidupmu, apakah tiga aktivitas itu? Mulailah memangkas aktivitas yang membuatmu terpuruk.

Perhatikan dengan seksama di mana kamu menghabiskan waktu. Apakah kamu mendapatkan hasil dari investasi waktu, uang, dan energimu? Atau apakah kamu mencapai jalan buntu?

Kita akan melampaui aktivitas dan bahkan orang lain seiring dengan bertambahnya pengalaman hidup kita. Hal ini tidak baik atau buruk, hanya saja begitulah adanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.
    Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru 2023

  • Kualitas hidup