Sukses

Rangking Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat 16

Indonesia berada di peringkat ke-16 untuk rangking negara dengan masakan terbaik di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara memiliki masakan khasnya sendiri, dengan citra rasa dan teksturnya masing-masing. Baru-baru ini dilakukan pengurutan masakan dari negara mana yang dinilai terbaik di dunia bertajuk 'Best Cuisines in the World'.

Pengurutan ini dilakukan oleh TasteAtlas, situs yang membahas berbagai makanan tradisional di negara-negara di dunia termasuk tentang resep otentik, ulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer.

Per-rangking-an 'Best Cuisines in the World' ini dilakukan berdasarkan jumlah vote terhadap bahan, hidangan, dan minuman dari tiap negara yang terlibat. Tercatat ada 95 negara yang terlibat dalam pengurutan ini.

Dari pengurutan ini, Italia berhasil berada di posisi pertama dengan skor bintang 4.72 /5.00. Beberapa rekomendasi dari negara tersebut adalah piza, espreso, kapucino, spageti, keju mozzarella, dan lasagna.

Posisi kedua dan ketiga masih diisi oleh negara Eropa lainnya, yakni Yunani dan Spanyol. Barulah wakil Asia muncul di posisi keempat dan kelima, yakni Jepang dan India.

Untuk Jepang, negeri Bunga Sakura tersebut dikenal dengan sushi, kare, ramen, teriyaki, yakiniku, mochi, onigiri, dan shabu-shabu.

Posisi enam sampai sepuluh diisi secara berurutan oleh Meksiko, Turki, Amerika Serikat, Prancis, dan Peru. Cina harus puas hanya berada di posisi 11, sedangkan Korea Selatan di posisi 19.

Untuk Argentina, negara yang baru menjuarai Piala Dunia 2022 ini berada di posisi 18 untuk masakan terbaik di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asia Tenggara

Untuk Indonesia sendiri, kita harus puas berada di urutan 16.

Wakil-wakil Asia Tenggara lainnya yang berhasil masuk adalah Vietnam di posisi 20, Filipina di posisi 23, Thailand di posisi 30, Malaysia di posisi 39, dan Singapura di posisi 52.

Untuk negara tetangga Malaysia, mereka terkenal dengan nasi lemak, nasi kandar, laksa, dan bahkan buah rambutan.

Negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Laos, Timor Leste, dan Brunei Darussalam, mereka tidak termasuk dalam 95 negara yang muncul.

3 dari 4 halaman

Makanan Indonesia

Indonesia mendapatkan skor 4.37/5.00. Kita terkenal dengan sate, nasi goreng, nasi padang, ayam goreng, rendang, ketupat, soto, tempe, siomai, bakso, sambal, dan bahkan buah durian.

Untuk acara yang berkaitan dengan makanan, kita dikenal dengan Festival Makanan Ubud yang diselenggarakan di Bali selama tiga hari. 

Festival ini merayakan warisan kuliner Indonesia yang kaya dan menawarkan kepada para pengunjung festival rasa masakan tradisional Indonesia yang kreatif.

4 dari 4 halaman

Sajian Tradisional di Acara Besar

Pengurutan ini tentu dapat membantu memperkenalkan citra masakan khas Indonesia ke seluruh dunia.

Sebelumnya, di acara besar KTT G20 pun berbagai masakan dari berbagai wilayah Indonesia dipilih sebagai jamuan makan malam bagi para pemimpin negara-negara yang datang.

Sebagai makanan pembuka, para pemimpin KTT G20 menikmati mangga, rumput laut, salad dengan bumbu rujak Bali, hingga perkedel jagung, daging rajungan Manado. 

Lalu menu utama berupa tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, mousseline singkong dan kentang asparagus dalam saus kunyit Bali, hingga puree terong balado. 

Untuk menu penutup disuguhkan cokelat mousse Aceh, nasi tuille, beras ketan hitam dengan kelapa parut, dan coulis mangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.