Sukses

Kylian Mbappe Pecahkan Rekor Pele di Piala Dunia, Berapa Gol?

Liputan6.com, Jakarta - Prancis langsung tancap gas dengan tampil gemilang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Tidak main-main, timnas yang dijuluki Les Bleus ini langsung melibas habis Polandia dengan skor akhir 3-1.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Al Thumama, Minggu (4/12/2022) pukul 22.00 WIB ini, Kylian Mbappe tampil gemilang. Pesepak bola muda kelahiran 20 Desember 1998 ini berhasil mencetak dua gol, yakni pada menit ke-74 dan ke-90+1. Kedua golnya itu memastikan nasib akhir Lewandowski cs.

Dengan dua gol tersebut, kini Kylian Mbappe tercatat telah memiliki jumlah 9 gol dalam perhelatan kompetisi Piala Dunia. Lebih dari itu, dilansir Sports Brief, Senin (5/12/2022), dengan dua gol tersebut Kylian Mbappe berhasil memecahkan rekor Pele sebagai pemain pria dengan gol Piala Dunia terbanyak (9 gol) sebelum berusia 24 tahun.

Keseluruhan gol Kylian Mbappe tersebut diraihnya setelah mengikuti dua edisi Piala Dunia, yakni pada 2018 di Rusia dan 2022 di Qatar. Sebelumnya pada Piala Dunia 2018 Rusia, Kylian Mbappe mencetak 4 gol, termasuk 1 golnya di final melawan Kroasia yang saat itu semakin membuatnya disebut sebagai pemain muda paling berbakat. 

Untuk Piala Dunia 2022 Qatar, sejauh ini bintang PSG tersebut memimpin klasemen Top Scorer Piala Dunia 2022 Qatar dengan jumlah keseluruhan 5 gol. Selain 2 gol melawan Polandia, 3 gol lainnya didapat Kylian Mbappe saat menjamu Australia dan Denmark dua pertandingan awal Grup D.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lewati Ronaldo

Dengan jumlah gol yang dimiliki tersebut, Kylian Mbappe juga berhasil melewati jumlah keseluruhan gol milik idolanya di ajang Piala Dunia, yakni Cristiano Ronaldo. Perlu diketahui bahwa sejauh ini, mega bintang Portugal tersebut baru memiliki 8 gol di keseluruhan 5 edisi Piala Dunia yang telah diikuti (2006-2022).

Di masing-masing Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014, Cristiano Ronaldo hanya berhasil mencetak 1 gol. Lalu di Piala Dunia sebelumnya, yakni edisi 2018, Cristiano Ronaldo mencat 4 gol, termasuk hattrick-nya saat melawan Spanyol.

Dalam Piala Dunia 2022 Qatar, gol kedelapan Cristiano Ronaldo dicetak saat melawan Ghana. Gol itu juga yang membuatnya menjadi pemain sepak bola pertama yang mencetak gol di lima kompetisi Piala Dunia berbeda.

3 dari 4 halaman

Samakan Messi

Selain melewati gol Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe juga menyamai jumlah gol Lionel Messi di Piala Dunia. Perlu diketahui bahwa sejauh ini pemain yang biasa dipanggil La Pulga tersebut telah mencetak 9 gol di ajang Piala Dunia, termasuk tiga golnya di edisi 2022 Qatar.

Satu gol Lionel Messi cetak masing-masing pada Piala Dunia 2006 dan 2018. Pada Piala Dunia 2014, Lionel Messi mencetak 4 gol. Sayangnya pada Piala Dunia 2010, walau terlibat dalam lima pertandingan, Lionel Messi tidak mencetak satu gol pun.

4 dari 4 halaman

Fokus Juara

Saat ini Kylian Mbappe memimpin klasemen Top Scorer Piala Dunia 2022 Qatar. Namun saat ditanyai, dirinya menjawab lebih fokus pada kemenangan bersama tim, yakni dengan mempertahankan title Prancis sebagai juara dunia.

"Saya datang ke sini untuk memenangkan Piala Dunia ini. Saya tidak datang ke sini untuk memenangkan Golden Ball atau Golden Boot. Jika saya memenangkannya, tentu saja saya akan bahagia, tetapi bukan itu alasan saya di sini. Saya di sini untuk menang dan membantu tim nasional Prancis," ucapnya dilansir The42.

Selanjutnya pada babak perempat-final Prancis akan bertemu sesama raksasa Eropa lainnya, yakni Inggris yang juga melaju setelah berhasil mengalahkan juara AFCON (Africa Cup of Nations) edisi 2022, Senegal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS