Sukses

Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Prancis Akan Berlaga dengan Polandia

Daftar tim yang lolos 16 besar Piala Dunia 2022 sudah terlihat, kali ini giliran Kylian Mbappé bertemu dengan Lewandowski.

Liputan6.com, Jakarta Penyisihan grup di Piala Dunia Qatar 2022 hampir berakhir. Hingga saat ini, dipastikan sudah ada 10 tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sepuluh tim besar tersebut terdiri dari Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Australia, Argentina, Polandia, Brasil, dan Portugal.

Dilansir dari Olympics, pada Kamis (1/12/2022), sebanyak 32 tim yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar dibagi menjadi delapan grup, Grup A hingga H untuk fase pertama.

Di setiap grup, tim saling berhadapan satu kali dalam round-robin tournament (sistem kompetisi). Yang nantinya, dua tim teratas dari setiap grup lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Tim pertama yang lolos ke babak 16 besar setelah memenangkan dua pertandingan grup pertama mereka adalah Prancis, dari Grup D. Les Bleus pertama kali mengalahkan Australia 4-1, sebelum mengalahkan Denmark 2-1.

Sejauh ini, Kylian Mbappe telah menjadi pemain yang menonjol untuk Prancis dan merupakan salah satu kandidat terdepan untuk penghargaan pencetak gol terbanyak FIFA World Cup 2022.

Demikian pula, Polandia berhasil mengalahkan tantangan berat dari Meksiko berkat keunggulan selisih gol untuk maju ke babak selanjutnya sebagai tim runner up.

Meksiko unggul 2-0 atas Arab Saudi, yang berarti Polandia hanya menempati posisi kedua di Grup C karena mendapat kartu kuning lebih sedikit daripada El Tri.

Kedua tim tersebut akan bertemu nantinya dalam fase knockout. Prancis akan menghadapi Polandia di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Minggu, 4 Desember 2022 dengan kickoff pukul 18.00 waktu setempat di Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Argentina dan Polandia Mewakili Grup C di Babak 16 Besar

Dengan berakhirnya penyisihan Grup C Piala Dunia 2022, Argentina dan Polandia mewakili grup di babak 16 besar. Argentina mengamankan posisi teratas di Grup C dengan menghajar Polandia dengan skor 2-0 yang dibukukan oleh Alexis Mac Allister (46') dan Julian Alvarez (67').

Walapun kalah, Polandia tetap melaju ke fase knockout berkat kemenangan 2-1 untuk Meksiko atas Arab Saudi di pertandingan grup lainnya, yang mana membuat tim Czeslaw Michniewicz maju hanya karena selisih gol.

Mengingat pertandingan sebelumnya, Argentina menelan kekalahan mengejutkan di tangan Arab Saudi pada laga pembuka. Membuat Lionel Messi harus berjuang keras meraih kemenangan dalam dua pertandingan sisa mereka.

Setelah berhasil menang 2-0 atas Meksiko di laga kedua, Argentina pun kembali menang dengan skor yang sama di partai penentuan. Dengan hasil ini, Argentina menduduki puncak klasemen Grup C Piala Dunia Qatar dengan total enam poin dari tiga pertandingan.

Diikuti Polandia dengan catatan empat poin. Sementara, Polandia bisa bernafas lega tidak kalah lebih banyak gol dari Argentina. Jika satu gol lebih banyak, maka bisa dipastikan posisinya tergeser oleh Meksiko.

3 dari 4 halaman

Australia Susul Prancis Masuk 16 Besar Piala Dunia

Australia menjadi wakil Asia pertama yang sukses meraih tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Socceros melenggang mendampingi juara bertahan Prancis sebagai runner up Grup D.

Dengan kemenangan ini Australia berada di peringkat ke-2. Mereka mengoleksi enam poin, perolehan angka Australia sama dengan Prancis. Namun, mereka kalah selisih gol sehingga Prancis tetap menjadi juara Grup D.

Prancis sendiri secara mengejutkan kalah 0-1 dari Tunisia pada laga terakhirnya. Les Bleus menurunkan banyak pemain pelapis karena sudah memastikan diri lolos ke 16 besar sejak laga kedua. Prancis juga hampir pasti bakal jadi juara grup karena selisih gol yang begitu besar. 

Karena Tunisia bisa mengalahkan Prancis maka Denmark menjadi juru kunci Grup D dengan koleksi satu angka saja. Tunisia mendapat empat poin dan berada di urutan tiga.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar

Sabtu, 3 Desember 2022

22.00 WIB: Belanda vs Amerika Serikat - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Minggu, 4 Desember 2022

02.00 WIB: Argentina vs Australia - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

22.00 WIB: Prancis vs Polandia - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Senin, 5 Desember 2022

02.00 WIB: Inggris vs Senegal - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

22.00 WIB: Juara Grup E vs Runner up Grup F - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Selasa, 6 Desember 2022

02.00 WIB: Juara Grup G vs Runner up Grup H - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

22.00 WIB: Juara Grup F vs Runner up Grup E - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola 

Rabu, 7 Desember 2022

02.00 WIB: Juara Grup H vs Runner up Grup G - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.