Sukses

Boleh Sombong, Pemain MU Beri Kontribusi Besar di Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Jakarta - Babak Kualifikasi Grup Piala Dunia 2022 Qatar sudah sampai pada titik penentuan. Dilansir dari Sportstars, Rabu (30/11/2022), sejauh ini sudah ada tujuh negara yang telah dipastikan lolos ke babak 16 besar, sehingga masih ada 9 negara lagi untuk mengisi salah satu posisi itu.

Negara pertama yang berhasil mengamankan slot di babak 16 besar adalah Prancis. Sang juara bertahan memastikan tempat setelah di dua pertandingan awal Grup D meraih kemenangan, yakni saat melawan Denmark dan Australia. 

Negara kedua dan ketiga adalah Brasil dan Portugal. Sama seperti Prancis, kedua negara itu juga meraih kemenangan di dua pertandingan awal masing-masing grup. Brasil yang menghuni Grup G berhasil mengalahkan Serbia dan Swiss. Sedangkan Portugal yang berada di Grup H berhasil mengamankan posisinya setelah mengalahkan Ghana dan Uruguay.

Ketiga tim masih memiliki satu pertandingan lagi, namun apapun hasil pertandingan itu, dipastikan tidak akan memengaruhi bagian mereka di babak 16 besar.

Dua negara selanjutnya yang lolos adalah Belanda dan Senegal dari Grup A. Lalu dua negara lainnya lagi adalah Inggris dan Amerika serikat dari Grup B. Keempat negara tersebut berhasil lolos setelah menjalani pertandingan terakhir masing-masing grup.

Di balik lolosnya ketujuh negara tersebut, ternyata ada fakta unik yang menarik perhatian. Tiga dari tujuh negara tersebut berhasil lolos setelah mendapatkan kontribusi besar dari pemain Manchester United atau MU. Ketiga negara tersebut adalah Brasil, Portugal, dan Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Casemiro

Pertama adalah Casemiro dari Timnas Brasil. Perlu diketahui bahwa Brasil tampil meyakinkan saat melawan Serbia dengan kemenangan 2-0. Tapi saat pertandingan kedua melawan Swiss, Brasil terlihat loyo. 

Brasil akhirnya mampu memetik kemenangan tipis 1-0 atas Swiss setelah Casemiro berhasil mencetak gol lewat aksi tembakannya di menit ke-83. Hasil itu membawa Brasil maju ke babak 16 besar, mengikuti Prancis yang lebih dulu sudah mengamankan salah satu posisi 16 besar itu.

Dilansir situs resmi Manchester United, Casemiro ditransfer ke Manchester United pada 22 Agustus 2022, dan melakukan debutnya lima hari setelahnya, yakni saat melawan Southampton. Kontrak Casemiro dengan MU berlaku hingga Juni 2026, dengan opsi perpanjangan selama satu tahun lebih lanjut.

Casemiro yang berposisi midfielder ini memakai nomor punggung 18.

3 dari 4 halaman

Bruno Fernandes

Portugal berhasil memastikan tempat di babak 16 besar. Hal itu berhasil diraih setelah kemenangan 2-0 atas Uruguay di pertandingan kedua Grup H. 

Pahlawan pada laga ini adalah Bruno Fernandes. Dalam laga tersebut, kedua gol Portugal dicetak oleh Bruno Fernandes yakni pada menit ke-54 dan menit ke-90+3. Uniknya di laga ini, sampai saat ini masih ada perdebatan apakan gol pertama Portugal itu seharusnya milik Bruno Fernandes atau Cristiano Ronaldo.

Tidak hanya saat melawan Uruguay, sebelumnya saat melawan Ghana, Bruno Fernandes juga menunjukkan taringnya dengan memberikan dua assist yang menentukan kemenangan 3-2 Portugal.

Di Manchester United, Bruno Fernandes mengenakan jersey bernomor punggung 8 dan berposisi sebagai midfielder. Bruno Fernandes dibeli dari Sporting CP pada Januari 2020. 

4 dari 4 halaman

Marcus Rashford

Inggris baru saja menaklukkan Wales 3 gol tanpa balas. Kemenangan ini membuat Inggris lolos babak 16 besar, setelah sebelumnya melindas Iran 6-2 tapi hanya imbang 1-1 dengan Amerika Serikat.

Dalam laga melawan Wales, dua dari tiga gol Inggris dicetak oleh Marcus Rashford. Setelah babak pertama berjalan dengan hasil imbang tanpa gol, Marcus Rashford membuka keunggulan Inggris di babak kedua, tepatnya pada menit ke-50. Gol kedua Marcus Rashford dicetaknya pada menit ke-68.

Di Manchester United, Marcus Rashford memiliki nomor punggung 10 dan berposisi sebagai forward. Di MU, Marcus Rashford melakukan debutnya pada pertandingan melawan FC Midtjylland di UEFA Europa League 2016. Di pertandingan itu, Marcus Rashford mencetak dua gol. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS