Sukses

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Warna Mata Berbeda Kanan dan Kiri

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita tahu, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer selain anjing. Hewan yang satu ini memang sebuah pilihan yang tepat untuk dipelihara di rumah.

Saat memelihara hewan ini, akan ada banyak keuntungan yang akan kita dapatkan. Pada umumnya, kucing adalah hewan yang lucu dan jinak.

Tampilan dan juga tingkah laku kucing bisa menjadi obat pelepas stres yang kita rasakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang akhirnya memilih kucing untuk dipelihara.

Saat akan memilih kucing untuk dipelihara, ada banyak sekali jenis kucing yang tersedia. Beragamnya jenis kucing menjadi sebuah pertimbangan untuk memilih jenis kucing yang sesuai dengan keinginan kamu. Salah satu jenis kucing yang bisa kamu pilih adalah kucing odd eye.

Apa Itu Kucing Odd Eye?

Dilansir Catster.com, Sabtu (26/11/2022), kucing odd eye merupakan jenis kucing yang memiliki dua mata dengan warna yang berbeda antara kiri dan kanan. Biasanya yang paling sering kita jumpai adalah kebanyakan orang akan menemukan kucing odd eye yang mempunyai warna mata biru dan kuning.

Kucing odd eye ini bukanlah nama dari sebuah jenis ataupun ras kucing, tapi hanyalah sebutan untuk kucing yang mempunyai warna mata yang berbeda.

Penyebab warna mata kucing berbeda antara kanan dan kiri adalah karena kelainan genetik. Dalam hal ini ada perbedaan lapisan melanin pada mata kucing.

Pada kasus tersebut, pigmentasi iris mata pada kucing tidak berjalan bersamaan. Pada akhirnya hal ini membuat warna bola mata kucing menjadi berbeda antara mata kiri dan kanan.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fakta Unik Kucing Odd Eye

Saat kucing baru lahir, kucing tersebut tidak dapat melihat dan belum bisa membuka kedua matanya dengan sempurna. Setelah berhasil membuka matanya, akan terlihat mata kucing yang berwarna biru.

Kemudian mata kucing akan mulai membesar seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya usia pada kucing. Mata kucing tersebut akan mengalami perubahan warna karena adanya zat melanin yang bertambah dan menghasilkan pigmen warna mata.

Pada kucing odd eye akan terjadi pigmentasi yang tidak sempurna pada kedua mata kucing yang nantinya menyebabkan satu dari kedua mata tersebut berhenti mengalami pigmentasi lebih cepat dibandingkan dengan satu mata lainnya.

Hal tersebut akan menyebabkan warna mata kucing menjadi berbeda. Kondisi kelainan pigmentasi pada kucing odd eye ini disebut dengan Heterochromia Iridis. Berikut ini fakta unik kucing odd eye:

1. Sering Dianggap Kucing Keturunan Setan

Karena keunikan yang dimilikinya, pada zaman dulu kucing odd eye ini selalu dihubungkan dengan hal-hal mistis sama seperti kucing hitam.

Kucing odd eye bahkan dianggap sebagai kucing keturunan setan sebab warna matanya yang tidak sama seperti kucing biasanya. 

3 dari 4 halaman

2. Mitos seputar gangguan pendengaran

Banyak orang yang beranggapan kalau semua kucing odd eye terlahir tuli atau tidak bisa mendengar. Mitos ini muncul karena adanya cacat genetik pada kucing putih.

Beberapa kucing putih memang memiliki cacat genetik berupa tuli bawaan yang disebabkan oleh degenerasi pada telinga bagian dalam. Namun anggapan tersebut ternyata salah karena sekitar 60-70 persen kucing odd eye dapat mendengar dengan baik.

3. Kondisi odd eye bisa terjadi pada kucing selain bulu putih

Banyak orang yang mengira jika hanya kucing yang berwarna putih yang dapat terlahir dengan keadaan mata yang warnanya berbeda.

Namun, anggapan tersebut pun salah, sebab kelainan yang satu ini dapat terjadi atau ditemukan pada kucing lainnya yang tidak selalu berwarna putih. 

Jadi, jika kamu mempunyai kucing odd eye dengan warna selain putih, tidak perlu khawatir karena itu adalah kelainan yang normal seperti yang terjadi pada kucing odd eye yang berwarna putih.

 

4 dari 4 halaman

4. Termasuk kucing langka

Kucing odd eye ini termasuk ke dalam kucing yang langka sebab jarang sekali ditemukan. Hal ini yang menjadikan kucing odd eye sangat spesial dibandingkan dengan kucing pada umumnya. Selain memiliki warna yang berbeda menjadikannya terlihat sangat misterius. 

Langkanya kucing odd eye ini pula menambah daya tariknya sendiri untuknya di mata pecinta kucing. Bagi kamu yang memiliki kucing dengan mata beda warna, ini berarti kamu sangat beruntung karena tentu saja tidak semua orang bisa memilikinya. 

5. Harga yang lumayan mahal

Tentu saja harga dari kucing misterius dengan penuh karismatik ini cukup mahal di pasaran karena banyak sekali peminat dari kucing odd eye. Lantas, berapa harga kucing odd eye

Nah, untuk harga dari anakan kucing mata biru sebelah kuning ini saja bisa mencapai  Rp1,5 juta hingga Rp6,6 juta  tergantung dari ras kucing. Misalnya persia, anggora, ataukah domestik (kampung).

Perawatan untuk kucing odd eye ini sama dengan perawatan kucing yang lainnya. Hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin merawat kucing odd eye adalah membeli makanan yang cocok dengan kucing odd eye, kesehatan dan kebersihan tubuhnya. 

Si kucing misterius ini memang penuh dengan karisma yang mempunyai banyak sekali mitos dan sulit ditemukan maka dari itu harganya pun menjadi sangat mahal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS