Sukses

Selain Olahraga, Ini 4 Cara Mudah dan Efektif Membakar Lemak

Liputan6.com, Jakarta - Jika kalian merasa putus asa karena melakukan sit-up yang tak terhitung jumlahnya untuk membakar lemak perut, atau menempuh jarak jauh tanpa henti untuk mengecilkan lingkar pinggang dan tidak melihat hasilnya, cobalah gunakan cara lain.

Membakar lemak tubuh bisa tampak mustahil, terutama ketika menargetkan area tertentu.

Meskipun memperkuat otot inti dan melakukan latihan kardio dapat membantu kalian menurunkan berat badan yang tidak diinginkan, ini saja tidak akan menjaga berat badan dalam jangka panjang.

Kunci menemukan cara alami yang berkelanjutan untuk membakar lemak yakni dengan mengembangkan rencana jangka panjag untuk menjalani gaya hidup sehat.

Hal ini mencakup makan sehat, berolahraga secara teratur, tidur nyenyak, mengelola stres, dan meninggalkan makanan olahan yang terlalu menggoda kapanpun kalian menemukannya.

Pada dasarnya, kalian dapat memecahnya menjadi tiga langkah penting. Pertama adalah membuat rencana berkelanjutan untuk mencapai tujuan penurunan berat badan kalian. Langkah keduadengan menindaklanjuti dan mendapatkan hasil.

Dan langkah terakhir dengan mempersiapkan diri kalian untuk kesuksesan jangka panjang dengan tetap berpegang teguh pada kebiasaan sehat yang baru kalian temukan untuk jangka panjang.

Kedengarannya mudah, bukan? Nah, seperti proses lainnya, membangun kebiasaan sehat untuk membakar lemak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Mengutip laman Eat This Not That, Senin (21/11/2022), berikut empat cara alami yang efektif untuk dapat membakar lemak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Hindari Makanan Fast Food

Salah satu tren diet yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang yakni membatasi untuk konsumsi makanan cepat saji atau fast food. Itu karena makanan cepat saji memiliki banyak kandungan lemak di dalamnya.

Makanan seperti daging olahan, kue-kue, permen, makanan penutup mengandung kalori tinggi dan bahan-bahan berbahaya lainnya, yang berkontribusi secara signifikan terhadap penambahan berat badan.

Sebagian besar makanan olahan tinggi gula dan bahan dasar lemak yang membuat kalian menginginkan dan membeli lebih banyak.

Makanan-makanan ini berkontribusi pada lemak tubuh secara keseluruhan, dan menghilangkannya dari diet dapat membantu kalian menghilangkan lemak yang disumbangkan oleh makanan-makanan ini secara alami.

3 dari 5 halaman

2. Batasi Makanan Bebas Gula

Jika kalian berpikir memilih produk "bebas gula" adalah pilihan yang lebih sehat, pikirkan lagi. Istilah bebas gula adalah taktik pemasaran licik untuk meyakinkan kalian bahwa apa yang kalian beli bermanfaat karena tidak mengandung gula.

Namun, produsen biasanya menukar gula dengan pemanis buatan bersama dengan bahan-bahan berbahaya lainnya yang sama buruknya atau lebih buruk bagi kesehatan kalian.

Mengurangi konsumsi gula adalah cara terbaik karena bagaimanapun gula juga menyeimbangkan energi yang kita miliki dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Latihan Kardio

Latihan yang meningkatkan detak jantung kalian ke zona pembakaran lemak adalah cara yang sehat dan alami untuk menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa zona pembakaran lemak biasanya berada di antara 60% dan 80% dari detak jantung maksimum.

Kalian dapat memperkirakan detak jantung maksimum dengan mengurangi berapa usia kalian dari 220.

Kardio membuat Anda berkeringat dan membakar kalori, meskipun tidak akan menambah banyak otot nyatanya kardio akan membantu kalian membakar lemak tubuh.

Latihan kardio yang menjaga detak jantung kalian tetap tinggi untuk periode yang berkelanjutan termasuk berlari, bersepeda, mendayung, berenang, jalan cepat, dan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

5 dari 5 halaman

4. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah aktivitas yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang di semua tingkat kebugaran untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori.

Selain membakar lemak tubuh dan mendorong penurunan berat badan, penelitian mengungkapkan bahwa berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi kemungkinan kalian terkena penyakit jantung, stroke, obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Berjalan kaki yang sehat juga dapat mengurangi stres, membantu kalian tidur lebih nyenyak, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan umur panjang.

Berjalan kaki adalah aktivitas fisik berdampak rendah yang dapat membantu kehilangan lemak tubuh secara keseluruhan dari waktu ke waktu. Kalian juga dapat melakukannya beberapa kali sehari dalam interval kecil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS