Sukses

Deretan Pemain yang Alami Cedera Jelang Piala Dunia 2022

Pertandingan Piala Dunia 2022 yang berada di Qatar telah dimulai, tapi beberapa tim nasional dari beberapa negara tidak bisa mengerahkan pemain terbaiknya karena cedera. Berikut daftar pemain cedera dari berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar, berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang. Sebanyak 32 negara di dunia bakal mengerahkan para pemain sepak bola terbaiknya untuk meraih trofi FIFA World Cup

Uniknya, pada Piala Dunia tahun ini, FIFA memperbolehkan pergantian pemain hingga lima pemain pada masing-masing pertandingan. Meski menjadi kesempatan, hal ini juga jadi tekanan bagi masing-masing skuad yang berlaga.

Pasalnya, beberapa timnas mungkin tak bisa mengerahkan pemain terbaiknya secara optimal di Piala Dunia Qatar 2022 karena ada sejumlah pemain yang alami cedera. 

Berikut deretan pemain sepak bola dari berbagai negara mengalami cedera jelang laga Piala Dunia 2022, dikutip dari laman resmi Olympics, Senin (21/11/2022):

Group A

Qatar

Penyerang dari Qatar Ahmed Alaeldin memiliki masalah cedera. Meski begitu, cedera yang dideritanya tidak signifikan dan diperkirakan akan membaik saat menghadapi Ekuador. 

Ekuador

Robert Arboleda baru saja kembali dari patah tulang pergelangan kaki tetapi seharusnya cukup fit untuk pertandingan pembuka melawan Qatar dan bisa menjadi starter di bek kanan.

Selanjutnya ada Jeremy Sarmiento yang dilaporkan memiliki sedikit masalah otot. Lalu, gelandang Carlos Gruezo juga sempat mengalami masalah paha, namun diperkirakan akan tetap menjadi starter dalam laga-laga Ekuador berikutnya. 

Senegal 

Pemenang Piala Bangsa Afrika tahun ini, Senegal, mendapat pukulan telak pada malam turnamen ketika striker Sadio Mane dikesampingkan dari turnamen.

Bintang Bayern Munich yang bergabung musim panas ini dari Liverpool Sadio Mane, menjalani operasi lutut setelah mengalami cedera saat klubnya menang di Bundes Liga atas Werder Bremen pada 8 November lalu.

Selain itu ada Abdou Diallo yang mengalami cedera lutut dan diragukan untuk tampil pada laga pembuka melawan Belanda.

Namun absennya dari kedua pemain terbaik Senegal ini, bukan berarti senegal akan menjadi tim yang lemah, kemungkinan Belanda akan sulit menghadapi Senegal.

Belanda 

Pelatih Belanda, Louis van Gaal, mengatakan Memphis Depay tidak akan menjadi starter saat melawan Senegal setelah pulih dari cedera hamstring. Namun itu hanyalah tindakan pencegahan dengan penyerang Barcelona itu diharapkan memainkan peran penuh setelahnya.

Pemain lainnya, Georginio Wijnaldum, juga akan absen di Piala Dunia setelah mengalami patah kaki saat bermain untuk Roma pada bulan Agustus lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Group B

Inggris

Bek kanan Kyle Walker akan melewatkan laga pembuka Inggris melawan Iran setelah pulih dari operasi pangkal paha baru-baru ini. Namun pemain Manchester City ini yakin dia akan fit untuk sisa Piala Dunia.

Hal ini pun disambut baik oleh Gareth Southgate setelah Reece James dikesampingkan dari turnamen karena cedera lutut.

Gelandang Leicester City, James Maddison, telah pulih dari cedera lututnya yang memaksanya keluar di babak pertama melawan West Ham Sabtu lalu. 

Iran 

Sardar Azmoun tetap dimasukkan ke dalam skuad Iran oleh Carlos Queiroz meskipun telah absen sejak otot betisnya robek pada awal Oktober. Meski begitu, belum diketahui apakah Sardar Azmoun akan dimainkan selama Piala Dunia.

Omid Ebrahimi absen dari turnamen setelah mengalami cedera pangkal paha dalam pertandingan persahabatan melawan Nikaragua Kamis lalu (10 November).

Amerika Serikat 

Gelandang Juventus, Weston McKennie, adalah keraguan terbesar AS menjelang pertandingan pembuka melawan Wales karena cedera otot paha.

Meskipun ia diperkirakan akan memainkan beberapa bagian, McKennie tidak mungkin menjadi starter dengan Luca de la Torre, yang juga baru pulih dari cedera otot, akan menggantikannya.

Selain itu, Amerika Serikat juga kemungkinan kehilangan bantuan dari Chris Richards di Piala Dunia 2022. Pasalnya, bek tengah Crystal Palace itu sudah absen dua minggu sebelum turnamen karena cedera kaki yang dideritanya pada bulan Agustus.

Wales

Gareth Bale akan beraksi di Piala Dunia namun dikatakan kondisinya belum fit 100 persen. Pemain Wales lainnya yang juga mengalami cedera adalah gelandang veteran Joe Allen, namun ia kembali berlatih setelah dua bulan absen karena cedera hamstring. 

3 dari 6 halaman

Group C

Argentina 

Penyerang Fiorentina, Nicolas Gonzalez, tidak akan bermain di Piala Dunia 2022 setelah mengalami cedera otot dalam latihan pada hari Kamis, 17 November 2022. 

Gonzales akan digantikan oleh Angel Correa dari Atletico Madrid yang masuk ke dalam skuad Argentina.

Selain itu, ada Jorge Correa dari Inter Milan yang juga telah dikesampingkan karena cedera. Pengganti Correa adalah Thiago Almeda, pemain yang berbasis di klub sepak bola AS.

Mexico 

Raul Jimenez tidak akan ke Qatar karena beberapa rangkaian cedera. Selain itu pemain sayap Sevilla Jesus Corona absen dari skuad karena cedera pergelangan kaki.

Polandia

Kiper Bartlomiej Dragowski tidak akan bermain di Qatar setelah pergelangan kakinya patah dengan cara yang mengerikan saat bermain untuk tim Serie A Italia, Spezia, melawan Verona, Minggu lalu.

Selain itu, gelandang Brighton, Jakub Moder juga akan absen dalam turnamen ini setelah ligamen lutut anteriornya robek pada April lalu.

Group D

Denmark 

Andreas Christensen baru pulih dari kerusakan ligamen pergelangan kaki yang diderita bulan lalu.

Prancis

Karim Benzema absen dari Piala Dunia 2022 karena cedera. Peraih Ballon d'Or ini mengalami cedera paha depan kiri saat latihan dan pelatih Didier Deschamps kemudian mengkonfirmasi bahwa Benzema yang berusia 34 tahun tidak akan bermain di turnamen.

Australia

Dari Australia, ada pemain bernama Martin Boyle yang mengalami cedera lutut saat bermain untuk Hibernian bulan lalu.

 

4 dari 6 halaman

Group E

Jerman

Marco Reus dan Timo Werner, keduanya mengalami cedera pergelangan kaki.

Sementara kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen absen karena mengalami infeksi gastrointestinal, saat menang 1-0 dalam laga persahabatan atas Oman pada hari Rabu lalu.

Jepang

Bek tengah Nakayama Yuta bakal absen di Piala Dunia dan sisa musim ini, usai menjalani operasi pada tendon achilles-nya pada awal bulan.

Selain itu, Mitoma Kaori, Endo Wataru, dan Morita Hidemasa akan tinggal di kamp skuad di Doha untuk melanjutkan rehabilitasi mereka. 

Pasalnya, Kaori mengalami sakit, Wataru mengalami gegar otak, dan Hidemasa menderita cedera betis. 

Spanyol

Bek kiri Valencia, Jose Gaya, absen dari turnamen pada hari Jumat lalu, setelah pergelangan kakinya terkilir saat latihan pada Rabu malam.

Selain itu ada, Mikel Oyarzabal, menderita cedera ligamen lutut yang pecah. 

Group F

Maroko

Gelandang Marseille, Amine Harit, absen dari Piala Dunia setelah ia ditandu keluar karena cedera lutut serius saat melawan Monaco hari Minggu lalu.

Belgia

Pemain sayap AC Milan, Alexis Saelemaekers, baru saja gagal pulih tepat waktu dari cedera lutut agar fit untuk Piala Dunia.

Kanada

Kiper LAFC Maxime Crepeau dikesampingkan dari Piala Dunia awal bulan ini ketika ia mengalami patah kaki saat melakukan pelanggaran yang membuatnya diusir dari lapangan di Final Piala MLS.

Doneil Henry juga absen setelah mengalami cedera saat melakukan pemanasan menjelang pertandingan persahabatan melawan Bahrain Jumat lalu.

 

5 dari 6 halaman

Group G

Swiss

Yann Sommer dari Borussia Moenchengladbach absen sejak ligamen pergelangan kakinya robek pada bulan Oktober.

Lalu Yvon Mvogo dari Lorient, juga absen setelah mengalami cedera lutut dua minggu sebelum turnamen melawan Paris Saint-Germain.

Brasil

Pemain Liverpool Arthur Melo mengalami cedera paha yang tampaknya akan membuatnya absen hingga tahun baru.

Bruno Guimaraes, membutuhkan perawatan setelah penyerang Real Madrid, Rodrygo, menginjak kakinya.

Lalu, bek Sevilla Alex Telles juga membutuhkan perhatian setelah ia ditekel dari belakang oleh superstar Paris Saint-Germain Neymar.

Keduanya akan diperiksa lebih lanjut pada hari Senin setelah kedatangan mereka di Doha. Keduanya masih berpotensi untuk bisa ikut berlaga di Qatar. 

Serbia

Striker Juventus Dusan Vlahovic absen selama sebulan terakhir karena cedera adduktor.

Pemain incaran Fulham, Aleksander Mitrovic, juga absen dalam beberapa pekan terakhir, karena masalah pergelangan kaki.

 

6 dari 6 halaman

Group H

Uruguay

Satu pemain yang absen dari skuad adalah gelandang Getafe, Mauro Arambarri, yang menjalani operasi pergelangan kaki bulan lalu.

Portugal

Portugal kehilangan tiga pemain Liga Primer Inggris dengan pemain depan Liverpool yang paling banyak absen, Diogo Jota. Ia mengalami cedera betis setelah pulih dari masalah hamstring.

Timnas Portugal juga tidak diperkuat pemain sayap Wolves, Pedro Neto yang mengalami kerusakan ligamen pergelangan kaki dan Ricardo Pereira yang mengalami cedera Achilles dalam pertandingan persahabatan pramusim Leicester City melawan Sevilla.

Ghana

Kapten Spezia, Emmanuel Gyasi, absen dari Piala Dunia karena cedera otot yang membuat sang penyerang absen saat klubnya bertandang ke AC Milan hanya beberapa jam sebelum kick-off pada 6 November.

Bek Stephan Ambrosius, yang dipinjamkan ke tim lapis kedua Jerman Karlsruher dari SV Hamburg, juga harus menepi karena cedera paha.

Rennes Kamaldeen Sulemana harus absen karena mengalami cedera pergelangan kaki. Lalu, Penyerang SC Freiburg Daniel Kofi Kyereh mengalami cedera otot. Keduanya dianggap cukup bugar untuk dimasukkan ke dalam skuad.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.