Sukses

Hugo Lloris Tolak Pakai Ban Kapten Pelangi Simbol LGBT di Piala Dunia Qatar

Jelang Piala Dunia 2022, Kapten timnas Prancis Hugo Lloris dipastikan tak pakai ban kapten pelangi demi hormati Qatar

Liputan6.com, Jakarta - Penjaga gawang sekaligus kapten timnas Prancis, Hugo Lloris  mengonfirmasi bahwa dirinya tidak akan mengenakan ban kapten pelangi selama Piala Dunia di Qatar.

Lloris sebelumnya menolak keras untuk mengatakan apakah dia akan berpartisipasi dalam inisiatif untuk mendukung kampanye OneLove selama satu musim untuk mempromosikan dengan cara menampilkan ban kapten bergambar hati warna-warni di lengan simbol LGBT.

"Saya sudah sangat jelas tentang ini dan saya tidak ingin menambahkan apa pun," kata Hugo Lloris dalam wawancara dengan AFP, dikutip dari Doha News, Kamis (17/11).

Selanjutnya, Lloris meminta kepada rekan-rekannya maupun pihak lain untuk menunjukkan rasa hormat kepada tuan rumah Qatar. 

Ibaratkan orang asing datang mengunjungi Prancis dengan berbagai tujuan, maka para pendatang ini wajib mematuhi serta menghormati aturan yang telah berlaku di Prancis.

"Ketika kami menyambut orang asing, kami sering meminta mereka mengikuti aturan kami, untuk menghormati budaya kami. Karena itu, saya akan melakukan hal yang sama ketika saya pergi ke Qatar. Sesederhana itu," ujar Lloris.

Meski demikian, Qatar memang telah melarang aktivitas-aktivitas promosi OneLove sebelum Piala Dunia 2022 digelar.

Lalu, negara Timur Tengah sudah menerapkan sistem syariat Islam dari dulu sehingga mengharamkan LGBT.

Namun anehnya lagi, bagi penggiat LGBT peraturan tersebut merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

FIFA Belum Beri Dukungan

Lebih lanjut, komentarnya menggemakan yang dibuat oleh Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet, yang menentang inisiatif tersebut.

Lloris absen karena dibekap cedera saat bek Manchester United Raphael Varane mengenakan ban kapten pelangi dalam pertandingan UEFA Nations League melawan Denmark pada September. Kala itu, Varane menyebutnya sebagai 'suatu kehormatan'.

Inisiatif ini diumumkan pada September 2022, dengan diwakili oleh Hugo Lloris dan kapten Timnas Inggris Harry Kane di antara kapten dari 10 negara Eropa lainnya yang diharapkan untuk tak mengenakan ban kapten beraneka warna di Qatar.

Sebab, homoseksualitas adalah perilaku yang menyimpang dan ilegal. Namun, badan sepak bola dunia FIFA belum memberikan dukungannya terhadap inisiatif tersebut.

3 dari 5 halaman

Tetap Fokus ke Sepakbola

Selasa, 15 November 2022 kemarin tim Prancis sudah mengumumkan bahwa mereka berniat mendonasikan uang ke organisasi hak asasi manusia dari dana pribadi Generasi emas 2018.

Akan tetapi, Hugo Lloris tidak mengungkapkan berapa banyak nominal yang akan diserahkan.

Bintang tim Prancis yang menjuarai Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu mengaku dan meminta untuk harus tetap fokus di sepak bola ketimbang kegiatan sosial.

"Ini akan memungkinkan kami untuk menghindari menjawab pertanyaan tentang ini sebelum dan selama kompetisi karena ada titik di mana Anda harus tetap fokus pada sepak bola daripada menghabiskan energi untuk hal-hal yang bukan tanggung jawab kami," kata Hugo Lloris kepada AFP.

4 dari 5 halaman

Badai Cedera

Badai cedera menerpa Timnas Prancis jelang Piala Dunia 2022. Sebelumnya, mereka datang ke Qatar sudah keadaan pincang, sebabnya sebagian pemain pilar nya diterpa cedera. Kini mereka harus kehilangan Christopher Nkunku dibekap cedera setelah sesi latihan.

N'Golo Kante dan Presnel Kimpembe sama-sama diterpa cedera hamstring. Kante sendiri memang sudah absen bela Chelsea sejak Agustus lalu. Namun, keadaan memburuk setelah pemulihannya kemunduran sehingga Kante harus menepi selama empat bulan.

Sementara Kimpembe juga sama halnya Kante karena proses pemulihan cedera achilles tak berjalan sesuai harapan. Memang belakangan ini bek milik PSG itu kerap kerap diterpa cedera. 

Selanjutnya, Paul Pogba alami cedera meniskus lateral kaki kanannya. Dia sukses menjalani operasi pada Senin, 5 September 2022. Meski operasinya berjalan lancar, Pogba gagal fit tepat waktu. 

Selain itu, Karim Benzema juga masih dalam masa pemulihan. Sebelumnya, ia diterpa cedera otot paha kala berjumpa Celtic di Liga Champions sampai ia absen beberapa pertandingan berikutnya.

Tak cukup di situ saja, Benzema kembali dibekap cedera ringan bagian lututnya kala melakukan pemanasan sebelum laga vs Sevilla. Meski begitu, Benzema tetap dipanggil oleh Didier Deschamps di skuad Prancis untuk menambah amunisi lini serang.

Dengan demikian, Didier Deschamps sudah memasukkan tiga nama baru menjelang Piala Dunia melawan Australia. Tiga pemain tersebut, yakni Marcus Thuram, Axel Disasi, dan Randal Kolo Muani.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Prancis

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Prancis vs Denmark

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Tunisia vs Prancis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.