Sukses

10 Tanaman Ini Dipercaya Mencegah Ular Masuk ke Rumah

jenis-jenis tanaman yang tidak disukai ular.

Liputan6.com, Jakarta Ular merupakan jenis hewan yang berbahaya, di antaranya dapat mematikan karena memilki bisa yang beracun. Ular seringkali ditemukan di tempat-tempat yang rimbun. Dan kemungkinan juga bersarang di sana.

Bagi Anda mungkin yang memilki kebun di rumah, hati-hati dan yang tidak bisa dibiarkan adalah jika mereka sampai berkembang biak sebab tentu akan berbahaya dan mengganggu keselamatan. Salah satu cara adalah menemukan hal yang tepat untuk mengusir ular dari halaman rumah atau kebun Anda yakni dengan menanam tanaman yang mereka benci.

Melansir laman BestLife, Senin (14/11/22) berikut beberapa tanaman yang tidak disukai ular. Di antaranya: 

1. Lidah Mertua

Lidah Mertua dikenal sebagai tanaman pengusir ular. Dan tanaman ini sekilas juga terlihat seperti ular, sehingga penampakan ini telah memberinya suasana yang hampir bersifat mitologis, bahwa ular menjauh karena mereka takut padanya.

Sebaliknya, yang menjadi alasan adalah karena lidah mertua memiliki daun yang tajam dan kaku sehingga ular takut.

2. Marigold

Tanaman lain  dengan aroma kuat adalah marigold, terkenal sebagai pengusir ular yang umum digunakan. Marigold mengeluarkan bau yang menyengat yang mana bagi ular dianggap menyinggung, jadi mereka akan menghindari area di mana bunga ini ditanam. Marigold melakukan tugas ganda sebagai salah satu penolak serangga paling populer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Kaktus

Kaktus yang dikenal sebagai tanaman yang memiliki duri yang tajam tentu menjadi alasan besar untuk ular tidak mendekat. 

Kaktus juga memilki banyak spesies dan yang paling dibenci ular adalah spesies opuntia. Saran, dianjurkan meletakkan kaktus dibawah sinar matahari langsung.

4. Holly

Tanaman holly berwarna merah dan daun bercabang yang mungkin Anda kenali sebagai tanaman dekorasi natal. Iya, tanaman Eropa ini terkenal  dapat mencegah ular berkat permukaan daunnya yang berduri. Tekstur yang tidak menyenangkan cukup mudah untuk dihindari ular. Cara jitu lain untuk pengusir ular di sarankan untuk menyebarkan daun holly di sekitar halaman Anda.

3 dari 5 halaman

5. Tanaman Warmwood

Menanam wormwood ( sejenis tanaman herbal yang digunakan untuk pengobatan) di sekitar tepi teras atau perimeter taman adalah ide yang tepat untuk menghindari ular. Sebab ular tidak tahan dengan baunya.

Terlebih lagi, karena wormwood cukup besar, yang merupakan tanaman berukuran antara dua hingga tiga kaki. Sehingga ia juga dapat secara fisik menghalangi ular selain mengganggu indra penciumannya.

 6. Basil atau Daun Kemangi

Dalam pesto, pizza, dan koktail manusia menyukai basil terutama karena baunya yang luar biasa. Tetapi ular, di sisi lain, menganggapnya menjijikkan. Ular tidak tahan dengan bau kemangi. 

Basil juga bisa tumbuh di dalam ruangan jika masalahnya ular Anda masuk melebihi teras atau taman rumah Anda. 

 

4 dari 5 halaman

7. Serai

Serai merupakan salah satu yang dikenal sebagai bumbu dapur dan kerap digunakan untuk memasak. Ternyata tanaman serai merupakan tanaman yang dibenci oleh ular, sebab tanaman ini termasuk ke dalam kelompok tanaman jeruk yang memiliki aroma kuat. Hal itu yang menjadi alasan ular menjauhi tanaman ini.

8. Jeruk purut

Jeruk purut dikenal juga dengan nama makrut lime yang umumnya digunakan dalam masakan negara di Asia. Namun, aroma menyengat jeruk purut mampu menjadi pengusir ular sebab bau nya yang kuat itu tidak disukai oleh ular.

5 dari 5 halaman

9. Sambiloto/ Raja Pahit

Raja pahit memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata,tanaman dengan bunga putih yang indah akan menjadi nilai tambah jika menjadi tanaman hias di rumah. Tetapi, ini juga bisa untuk mengusir ular karena memilki akar yang pahit sehingga sangat dibenci oleh ular.

10. Bawang

Tidak hanya jenis tanaman hias yang bisa mengusir ular, namun tanaman bumbu seperti bawang merah dan bawang putih menempati urutan teratas sebagai tanaman pengusir ular.

Dengan aroma menyengat yang dimilki bawang hal itu yang tidak disukai oleh banyak hewan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.