Sukses

Jangan Dibuang, 4 Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jual Lagi dengan Harga Fantastis

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa menyukai suatu barang, sampai kamu ingin mengoleksi barang itu? Ternyata tidak selamanya buruk jika kita gemar mengoleksi suatu barang, terutama barang yang bernilai seni tinggi dan bisa kamu jual kembali dan meraup keuntungan fantastis. Melansir laman Live About.com deretan barang ini ternyata masih memiliki nilai jual yang tinggi walaupun sudah kamu pakai. Kira-kira apa saja ya? 

1. Sepatu

Siapa sangka barang yang digunakan sebagai alas kaki ini, bisa bernilai fantastis jika bermerek dan limited edition. Kendati demikian, tidak selalu harus dibeli dengan harga mahal, beberapa kolektor sepatu menginginkan sepatu yang antik dan sesuai dengan kebutuhannya.

Agar sepatu itu bisa kamu jual kembali, kamu harus bisa merawatnya dengan benar. Salah satu caranya, membersihkan sepatu menggunakan sikat yang lembut dan sabun yang tidak mengandung banyak bahan pemutih, gunakan sabun khusus pencuci sepatu. Lalu, simpan sepatu di tempat yang tidak lembap.

Transaksi jual beli sepatu, ternyata bukan hal yang aneh, bahkan banyak artis yang sengaja mengoleksi sepatu untuk dijual kembali. Sebut saja Uya Kuya, yang diketahui memiliki koleksi sepatu yang sangat banyak terutama bermerek Nike.

Keuntungan menjual kembali sepatu bekas dipakai bisa sampai 100 kali lipat, terlebih jika kamu memang pandai berbisnis dan kondisi sepatu yang kamu jual masih sangat bagus dan edisi spesial.

Jika sepatu yang sudah tidak terpakai tetapi masih bagus dan layak, bisa kamu jual di beberapa e-commerce, beberapa artis juga sering melakukan preloved (menjual barang bekas mereka pakai yang masih berkualitas) di beberapa website dan e-commerce, bahkan di Instagram pun sekarang bisa menjadi tempat jual beli barang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Video Game

Jangan sepelekan barang yang satu ini, karena ternyata video game yang kamu miliki banyak yang mengincar, bahkan bisa kamu jual dengan nilai fantastis. 

Kamu bisa mendapatkan untung jika menjual video game, terlebih video game yang dijual adalah barang yang limeted edition. Barang seperti video game sangat mudah dijual, karena pasti akan selalu ada yang ingin membeli, baik kolektor game maupun gamers yang ingin mencoba game yang kamu miliki.

Terlebih lagi, jika game yang kamu miliki adalah game konsol retro dari tahun 70-an, 80-an dan 90-an. Video game yang masih banyak digemari oleh gamers sampai sekarang adalah Ateri, Ness, Super Nintendo, games yang terdapat dalam Nitendo Wii dan XBox. Tempat menjual video game adalah e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Facebook marketplace. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

3. Mainan

Pernahkah kamu ingin menjual semua mainan yang kamu beli saat kamu masih kecil. Atau, pernahkah kamu merasa ingin mengkoleksi mainan yang kamu sukai sampai sekarang? Rupanya, mainan yang terkesan kekanak-kanakan itu memiliki nilai jual yang tinggi jika masih dalam kondisi bagus.

Sebut saja, mainan yang masih digemari sampai saat ini adalah Hot Wheels. Bahkan akan menjadi sangat bernilai jika kamu sudah mengkoleksi mainan mobil-mobilan dan motor motoran bermerek itu. 

Jika kamu sudah bosan dengan koleksi kamu tersebut, tenang saja masih banyak yang mau membeli barang bekas kamu. Bahkan kamu bisa mendapat keuntungan jika kamu pintar berbisnis.

Selain Hot Wheels, permainan seperti lego, boneka American girl, barbie, dan mainan antik lainnya bisa kamu jual di market place. Diketahui para kolektor Hot Wheels memiliki grup pecinta Hot Wheels dimana kamu juga disana bisa bertransaksi jual beli. Kamu bisa menjual mainan koleksi di e-commerce atau Facebook market place. 

 

4 dari 4 halaman

4. Pakaian Bermerek

Kamu hobi membeli baju bermerek? Rupanya itu hobi yang bagus dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah loh. Beberapa baju yang sudah tidak terpakai tetapi masih dalam kondisi bagus, bisa kamu jual kembali.

Tidak selalu harus mahal, tetapi yang terpenting adalah model yang unik dan barang masih bagus. Terlebih lagi, jika baju yang ingin kamu jual memiliki merek yang sudah dikenal banyak orang, jangan kaget jika beberapa waktu kemudia setelah kamu memajang baju mu di e-commerce, akan segera mendapat penawaran dari pembeli. 

Beberapa artis juga melakukan hal yang sama mereka menyebutnya sebagai kegitan preloved yaitu menjual pakaian bekas tetapi masih bagus dan berkualitas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS