Sukses

9 Tips Mudah untuk Rileks dan Meningkatkan Mood Secara Instan

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada tombol yang dapat Anda tekan yang membuat Anda langsung merasa senang. Namun, sains telah berkembang jauh dan telah menunjukkan beberapa hal mengejutkan dan bahkan aneh yang dapat digunakan untuk meningkatkan suasana hati Anda secara instan.

Apa saja? Dihimpun dari Brightside, ini dia.

1. Makan cokelat

Cokelat khususnya tampaknya memiliki beberapa kemampuan meningkatkan suasana hati yang sangat ampuh. Antioksidan dalam cokelat (resveratrol) menghasilkan ramuan endorfin dan serotonin – bahan kimia yang membuat Anda bahagia dan puas.

2. Berdiri tegak dengan bahu ke belakang

Memiliki postur yang baik benar-benar membuat Anda merasa seperti seorang pemenang. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki postur tegak dapat membuat Anda merasa lebih waspada dan antusias, merasa kurang takut, dan memiliki harga diri yang lebih tinggi. Ini bahkan dapat membantu Anda merasa lebih bertekad saat menghadapi masalah.

3. Cium aroma rumput segar

Aroma rumput segar terbukti bekerja dengan sangat baik dalam hal meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Bahkan ada upaya untuk membuat parfum yang menangkap keajaiban ini.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

4. Rilekskan lidah Anda di mulut Anda

Jika Anda ingin memotong dialog internal negatif untuk sesaat, coba santaikan lidah Anda di mulut untuk sementara waktu. Psikiater setuju bahwa ini dapat memotong lingkaran setan dari pikiran yang mengalir di kepala Anda dan dapat membantu Anda menjernihkan pikiran.

5. Letakkan es batu di atas leher Anda

Menempatkan es batu pada titik yang tepat di leher Anda adalah teknik Tiongkok kuno yang disebut Feng Fu. Hal ini diyakini untuk membantu dengan sejumlah masalah termasuk sakit kepala, kurang tidur, selulit, dan perbaikan suasana hati. Literatur sains terutama menempatkan kekuatan penyembuhannya untuk masalah-masalah lokal.

 

3 dari 4 halaman

6. Bermain di tanah

Jika Anda ingin memperbaiki suasana hati, terkadang Anda harus mengotori tangan Anda. Para peneliti dari Inggris menemukan bahwa bakteri “ramah” yang biasa ditemukan di tanah mendorong sel-sel otak untuk memproduksi zat kimia serotonin, yang memiliki efek serupa dengan antidepresan. Jangan lupa cuci tangan setelahnya.

7. Lakukan ini dengan tanganmu

Letakkan tangan Anda di dada dalam bentuk kupu-kupu. Kemudian mulailah menepuk dengan lembut tapi berirama dengan satu tangan diikuti dengan tangan lainnya. Teknik ini disebut butterfly tapping dan merupakan keterampilan menenangkan diri untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

Ia bekerja dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis kita dan mungkin itulah yang Anda butuhkan saat berikutnya Anda merasa panik atau cemas.

 

4 dari 4 halaman

8. Beri sedikit garam di lidahmu

Bagi orang-orang yang menderita gelombang kecemasan yang berat, tampaknya hanya dengan sedikit garam di lidah mereka dapat sangat membantu situasinya. Ini melibatkan indra Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari fokus pada hal yang membuat Anda panik.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami sesak napas karena produksi asam yang dirangsang oleh garam, jadi waspadalah.

9. Warnai dinding kamar mandi Anda dengan krayon saat Anda mandi

Ini membantu Anda menggabungkan dua teknik penghilang stres yang terbukti dan melatih keterampilan melukis Anda juga, yang merupakan nilai tambah. Menurut penelitian, mewarnai mengurangi stres karena membantu kita memfokuskan kembali perhatian kita. Tidak hanya itu, para ilmuwan menemukan bahwa mandi secara teratur membantu mengatur kecemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.