Sukses

4 Langkah Mudah yang Bisa Anda Terapkan Tiap Hari untuk Turunkan Kolesterol

Ini hal yang bisa Anda lakukan tiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi terjadi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darahnya, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah serius jika diabaikan.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pola makan yang mengandung terlalu banyak makanan berlemak, kurang berolahraga, obesitas, merokok, minum minuman keras atau riwayat keluarga.

Menurut Webmd, untuk setiap 1% penurunan kolesterol Anda, risiko terkena penyakit jantung berkurang 2%. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menurunkan kolesterol tinggi, apakah Anda ingin mencegah penyakit jantung atau mencoba mencegah kerusakan lebih lanjut setelah serangan jantung.

Terlepas dari faktor-faktor yang jelas seperti menurunkan berat badan dan berolahraga lebih banyak, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit serius. Apa saja? Ini dia.

1. Makan lebih banyak pektin

Meningkatkan asupan buah Anda selalu merupakan cara yang pasti untuk menjadi sehat, tetapi makan lebih banyak jeruk, terutama kulit putihnya yang pahit, telah terbukti membantu menurunkan kolesterol.

Serat yang ditemukan dalam pektin dikatakan membantu menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein atau "kolesterol jahat) sebesar tujuh hingga 10%, menurut sebuah studi oleh dokter Belanda. Terlebih, pektin membantu mengikat kolesterol dalam makanan sebelum diserap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tidur yang cukup

Terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cardiovascular Nursing.

Dalam studi lain ditemukan bahwa pria yang tidur kurang dari enam jam hampir setiap malam memiliki kolesterol LDL yang lebih tinggi, tetapi wanita yang tidur dengan jumlah yang sama memiliki LDL yang lebih rendah.

Menurut penelitian sebelumnya, individu yang tidur kurang dari enam jam setiap malam sangat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Hindari pesta minuman keras

Mengurangi alkohol dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol.

“Ketika Anda minum alkohol, itu dipecah dan dibangun kembali menjadi trigliserida dan kolesterol di hati,” kata Heart UK.

Badan amal kesehatan menambahkan: “Jadi, minum alkohol meningkatkan trigliserida dan kolesterol dalam darah Anda."

“Jika kadar trigliserida Anda menjadi terlalu tinggi, mereka dapat menumpuk di hati, menyebabkan penyakit hati berlemak."

“Hati tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dan tidak dapat menghilangkan kolesterol dari darah Anda, sehingga kadar kolesterol Anda meningkat.”

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 5 halaman

4. Tambahkan suplemen akar licorice ke dalam diet Anda

Sejumlah penelitian kecil telah menemukan akar licorice mengurangi kolesterol LDL dan penumpukan lemak, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan mengapa dan seberapa baik kerjanya.

Satu studi yang diterbitkan di National Library of Medicine menemukan konsumsi suplemen licorice selama satu bulan membantu mengurangi kadar kolesterol plasma sebesar 5%, kadar LDL sebesar 9% dan tekanan darah sebesar 10%.

Akar licorice dapat berinteraksi secara berbahaya dengan obat lain seperti insulin, pencahar, dan kontrasepsi, jadi bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencobanya.

Anda mungkin memerlukan obat untuk menurunkan kolesterol jika kadar kolesterol Anda tidak turun setelah mengubah pola makan dan gaya hidup atau Anda berisiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke.

NHS mengatakan: “Statin adalah obat yang paling umum untuk kolesterol tinggi.

“Mereka mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat tubuh Anda. Anda minum satu tablet sekali sehari.”

Seseorang biasanya harus mengonsumsi statin seumur hidup.

4 dari 5 halaman

Ini 5 Manfaat Konsumsi Kacang Almond Tiap Hari Bagi Kesehatan

Tidak dapat disangkal bahwa kacang almond adalah pembangkit tenaga nutrisi. Tubuh kita membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Ini harus menjadi makanan pokok dalam diet Anda. Ahli gizi dan ahli kesehatan merekomendasikan makan beberapa dari mereka sebagai camilan tengah hari untuk menghindari makan berlebihan dan meningkatkan pengisian energi.

Ayurveda adalah salah satu dari sedikit sistem pengobatan yang dikembangkan di zaman kuno yang banyak dipraktikkan di zaman modern. Menurut Ayurveda, tubuh berada dalam keadaan paling sehat jika dan ketika Vata, Pitta dan Kapha seimbang. Ketidakseimbangan apa pun akan menyebabkan penyakit kesehatan. Berasal dari kepercayaan yang kuat pada khasiat nutrisi almond, konsumsi almond setiap hari sering dikaitkan dengan kesehatan yang baik.

Dr Vishakha Mahindroo, Ahli Ayurveda Senior menyarankan lima manfaat utama dari mengonsumsi almond setiap hari. Apa saja? Ini dia.

1. Bermanfaat untuk pasien diabetes Mengonsumsi almond dapat membantu mencegah beberapa komplikasi diabetes, seperti kelemahan. Menurut Ayurveda, almond dapat membantu dalam kondisi diabetes yang berhubungan dengan gangguan klinis seperti obesitas, sindrom metabolik pradiabetes.

 

5 dari 5 halaman

2. Meningkatkan kesehatan kognitif

Menurut Ayurveda, seseorang harus mengonsumsi almond setiap hari untuk memperkuat sistem saraf mereka. Secara tradisional juga dipercaya bahwa konsumsi almond meningkatkan daya ingat.

3. Baik untuk kulit dan rambut

Konsumsi almond setiap hari, menurut Ayurveda, dapat memberikan kelembapan pada jaringan tubuh, memperbaiki warna kulit dan meningkatkan cahayanya. Kacang almond tidak hanya baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan, tetapi juga dapat mengobati rambut beruban dini dan rambut rontok.

4. Berharga Untuk sistem reproduksi

Konsumsi almond dapat mendukung potensi jaringan dan fungsi reproduksi dan dianjurkan untuk dimakan setiap hari untuk menuai manfaat terbaik.

5. Meningkatkan massa dan kekuatan otot

Salah satu cara sehat untuk menambah berat badan secara bertahap adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Almond mampu meningkatkan massa dan kekuatan tubuh, menurut Ayurveda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.