Sukses

Wajib Dicoba, Ini 5 Cara Rahasia Untuk Menghemat Uang Secara Efektif

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak tips berguna tentang cara menghemat uang. Msalnya, seperti menggunakan kupon dan diskon yang berbeda, dan mencoba menghindari beberapa kesenangan kecil dalam hidup. 

Ternyata kita dapat mengubah beberapa kebiasaan rutin kita dan menghemat tidak hanya uang tetapi juga banyak waktu dan tenaga. Apalagi fakta bahwa itu dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan juga.

Bright Side telah menemukan beberapa langkah mudah yang dapat Anda ambil hari ini untuk memastikan stabilitas keuangan Anda dan merasa lebih percaya diri di masa depan.

1. Lewati kopi sebelum berbelanja

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein memengaruhi berapa banyak yang Anda belanjakan dan berapa banyak barang yang akan Anda beli. Selama percobaan, orang yang minum secangkir kopi menghabiskan 50 persen lebih banyak uang dan membeli sekitar 30 persen lebih banyak barang daripada mereka yang hanya minum kopi tanpa kafein atau minum air putih. Kafein melepaskan dopamin di otak. Itulah mengapa Anda bisa sangat bersemangat untuk melakukan pembelian impulsif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Pergi berbelanja setelah Anda makan

Alasannya sangat sederhana. Jika Anda berbelanja saat lapar, semuanya akan terlihat terlalu menarik, jadi ada kemungkinan lebih besar Anda akan membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Untuk menghindari membuang semua makanan basi, biasakan saja berbelanja dengan perut kenyang. Dengan cara ini, Anda tidak akan terlalu ambisius tentang apa yang bisa Anda makan.

3. Sisihkan dan sembunyikan sejumlah kecil uang

Banyak orang menggunakan amplop untuk tujuan ini. Tetapi jika Anda lebih suka brankas yang terkunci atau kotak uang, gunakan saja. Hal utama di sini adalah menyimpan uang, tidak terlihat, dan tidak memikirkannya. Anda dapat mulai dengan jumlah uang yang sangat kecil dalam satu minggu. Minggu depan tambahkan jumlahnya dan seterusnya sampai akhir tahun. Dengan cara ini, Anda akan memiliki banyak tabungan di akhir tahun.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

4. Bayar dengan uang tunai saat Anda berbelanja

Secara psikologis, jauh lebih mudah bagi kita untuk menggesek kartu daripada membayar dengan uang tunai. Masalahnya adalah ketika kita melihat uang kita, kita lebih sadar akan nilainya, dan kita mendapatkan lebih banyak dampak psikologis dari melakukan pembelian dengannya.

Jauh berbeda dengan pembayaran online atau kartu kredit. Jadi lebih baik pergi berbelanja dengan sejumlah uang tunai. Dalam hal ini, Anda akan segera berhenti ketika dompet Anda kosong dan menghindari pengeluaran lebih dari yang dapat Anda bayarkan.

5. Hanya membelanjakan uang pada hari-hari tertentu dalam seminggu

Pilih saja hari yang paling nyaman dalam seminggu dan belanja hanya pada hari itu. Beri diri Anda beberapa batasan juga, jadi Anda tidak membuang semua uang Anda dalam satu hari. Metode ini akan membantu Anda mengontrol pengeluaran dengan lebih baik, dan Anda akan menghemat banyak uang di masa mendatang. Coba saja dan temukan sendiri.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS