Sukses

10 Tanda Ini Menunjukkan Anda Cuma Dimanfaatkan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sangat sulit untuk mengetahui kapan Anda dimanfaatkan dalam suatu hubungan. Tidak hanya ada banyak cara untuk dimanfaatkan — termasuk secara finansial, seksual, atau emosional, hanya untuk beberapa nama — ada juga cenderung banyak penipuan dan manipulasi yang terlibat, semuanya dalam berbagai tingkat.

“Pada spektrum yang tidak terlalu merusak – tetapi masih bermasalah –, pasangan mungkin menggunakan Anda untuk menghindari kesepian,” kata Dr. Carla Marie Manly, seorang psikolog klinis, pembicara, dan penulis Date Smart.

Mereka mungkin memulai hubungan asmara dengan Anda untuk mengisi kesenjangan dalam hidup mereka, untuk menemukan kepuasan seksual, atau untuk meringankan beban keuangan, tanpa menyadari bahwa mereka menjadi racun dan tidak adil.

Ada juga ujung spektrum yang sangat beracun, kata Manly, di mana pasangan mungkin menggunakan Anda untuk keuntungan finansial belaka atau memiliki seseorang untuk diganggu dan dikendalikan.

"Faktor penipuan menyebabkan kerusakan mental dan emosional yang signifikan," kata Manly. “Ketika Anda menyadari bahwa pasangan telah memanfaatkan Anda, wajar jika Anda merasa sedih, kesal, dan marah. Menggunakan orang lain benar-benar tidak sopan, dan tidak pernah merasa baik untuk tidak dihormati — terutama oleh seseorang yang mengatakan bahwa mereka mencintaimu.”

Berikut adalah beberapa tanda pasangan Anda mungkin memanfaatkan Anda.

1. Dia Selalu Tampak Tidak Peduli

Jika seseorang mempertahankan hubungan dengan Anda, sementara hanya menunjukkan sedikit atau tidak tertarik pada kehidupan sehari-hari Anda, anggap itu sebagai tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi.

“Paling sering ketika seseorang menggunakan orang lain, mereka akan menunjukkan tanda-tanda ketidaktertarikan dalam percakapan, aktivitas pilihan orang lain, dan suka dan tidak suka mereka,” kata Tina Sadri, LMFT, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi.

Dia tidak akan bertanya tentang hari Anda, tidak akan menanyakan pendapat Anda tentang sesuatu, dan pasti tidak akan mendengarkan dengan penuh minat saat Anda berbicara. Sementara pasangan jangka panjang akan melalui periode gangguan, mengalami hal ini secara teratur tidak baik.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini 

 

2 dari 5 halaman

2. Dia Tidak Suka Kencan Hanya Berdua

Niat sebenarnya pasangan Anda mungkin muncul dengan cara yang kurang jelas juga, termasuk meminta orang lain untuk bergabung dengan Anda berkencan, kata Sadri. Ini sering dilakukan sebagai cara untuk menyebarkan perhatian ke seluruh kelompok.

Jika Anda selalu berkencan dengan orang lain (kemungkinan besar teman mereka), itu berarti pasangan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu atau energi untuk mengobrol dengan Anda secara khusus. Namun, dia akan mengatakan bahwa mereka "membawamu keluar" sebagai cara untuk berpura-pura tertarik agar hubungan tetap utuh.

3. Dia Hanya Baik Saat Menginginkan Sesuatu

Meskipun dia mungkin tampak jauh dan tidak tertarik pada sebagian besar waktu, perhatikan apakah orang ini menjadi kuat setiap kali dia menginginkan sesuatu. Dia akan beralih menjadi sangat baik dan penuh kasih sayang — dan kemudian meminta bantuan segera setelahnya.

Namun, itu tidak berarti bahwa pasangan yang melakukan sesuatu yang baik secara otomatis memanfaatkan Anda. Jika dia datang dengan membawa makanan bungkus makanan favorit Anda, misalnya, itu tidak berarti mereka memiliki niat jahat. Ini hanya masalah jika ada pola ketidakpedulian yang konsisten, diikuti oleh kebaikan dan permintaan yang berlebihan.

 

3 dari 5 halaman

4. Dia Menggunakan Anda Untuk Berjejaring

Jika pasangan Anda menggunakan Anda, dia mungkin memiliki harapan ekstra tinggi dalam hal pencapaian Anda — tetapi bukan karena mendukung Anda untuk mencapai tujuan Anda. Sebaliknya, dia menginvestasikan diri dalam kesuksesan Anda untuk mendapatkan sesuatu.

Itu sebabnya pasangan Anda mungkin tidak ingin menonton film atau pergi berkencan, tetapi tiba-tiba mau diajak pesta di mana dia mungkin bisa berkenalan dengan beberapa teman berpengaruh Anda. Baginya, hubungan Anda adalah sarana untuk mencapai tujuan.

5. Dia Mendorong Anda Untuk Mengambil Pekerjaan Bergaji Tinggi

Dalam nada yang sama, dia mungkin juga mendorong Anda untuk mengambil pekerjaan bergaji lebih tinggi dan kemudian membuat Anda merasa bersalah jika Anda tidak tertarik, kata Sadri. Ini akan terasa seperti mereka bersikap manis dan menyemangati, tetapi jika Anda melihat cukup dekat, Anda akan melihatnya bercampur dengan penyebutan ringan tentang bagaimana kesuksesan Anda akan menguntungkannya dan/atau hubungan Anda.

6. Anda Merasa Tidak Nyaman di Sekitar Dirinya

Menurut Amalia Sirica, LCSW, seorang pekerja sosial klinis berlisensi, tubuh Anda dapat memberi tahu Anda banyak tentang niat seseorang, jadi perhatikan bagaimana perasaan Anda setiap kali Anda berbicara atau bergaul dengan pasangan Anda. Apakah Anda menjadi gelisah? Apakah Anda tegang? Apakah Anda merasa marah tanpa alasan?

Reaksi fisik dan emosional seperti ini mungkin merupakan tanda bahwa pasangan Anda tidak memiliki minat terbaik Anda, bahkan jika Anda tidak tahu alasannya.

 

4 dari 5 halaman

7. Dia Melewati Batas Anda

Jika tubuh Anda bereaksi negatif, itu mungkin karena pasangan Anda melampaui batas Anda untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Perhatikan saat-saat di mana dia melewati batas, serta bagaimana ia merespons ketika Anda memanggilnya atau mengatakan "tidak."

“Anda dapat belajar banyak tentang seseorang dengan cara mereka menanggapi batasan Anda,” jelas Sirica. "Seseorang yang menjalin hubungan denganmu karena mereka menyukaimu akan menanggapi batasan dengan mudah dan pengertian."

Jika pasangan Anda bersikap ekstraktif atau “menggunakan” Anda, yang terjadi adalah sebaliknya. Mereka mungkin akan sangat marah dan melawan batasan Anda atau menemukan alasan mengapa batasan tersebut “bodoh” atau “tidak adil” alih-alih menyesuaikan perilaku mereka seperti yang diminta.

"Dengan kata lain," kata Sirica, "mereka tidak akan menghormati."

8. Hubungan Terasa Tidak Setara

“Seorang pasangan yang memanfaatkan Anda umumnya akan memiliki pendekatan yang tidak seimbang dan tidak adil dalam hubungan,” kata Manly, yang dapat bermanifestasi dalam cara finansial, emosional, dan fisik. Mungkin Anda merasa selalu menjadi orang yang membayar, merencanakan kencan, membeli hadiah, dan mengerjakan tugas — dan mereka sepertinya tidak pernah mengeluarkan upaya yang sama untuk menemui Anda di tengah jalan.

“Jika pasangan Anda tampaknya tidak mau membalas budi, atau tidak bersemangat untuk membalas, kemungkinan dia memanfaatkan Anda pada tingkat tertentu,” kata Manly.

 

5 dari 5 halaman

9. Dia Selalu Ingin di Rumah

Meskipun tidak ada yang salah dengan bersantai di rumah (terutama saat ini), segalanya mungkin mulai terasa tidak enak jika pasangan Anda hanya ingin Netflix dan bersantai — terutama jika Anda selalu menjadi orang yang trekking ke tempat mereka.

Menurut Pendeta Sheri Heller, LCSW, seorang pekerja sosial klinis berlisensi, jenis kemalasan ini mengirimkan pesan yang kuat. Membatasi hubungan ke tempatnya, tanpa kencan membangun persahabatan atau perjalanan ke luar, merupakan indikator yang jelas dari ketidaktertarikan untuk membawa hubungan ke tingkat berikutnya.

Apakah mereka menolak untuk pergi jalan-jalan? Bertemu dengan teman-teman? Atau bahkan mendapatkan kopi? Jika Anda tidak mencari apa pun selain hubungan kasual, pengaturan ini benar-benar baik. Tetapi jika Anda ingin hubungan itu tumbuh, jenis perawatan ini bisa menyakitkan dan merendahkan harga diri, kata Heller, serta tanda bahwa dia memanfaatkan Anda.

10. Dia Hanya Mengajakmu Berkencan

Di sisi lain ini adalah seseorang yang mengajak Anda berkencan sepanjang waktu, kata pelatih hubungan Leah Carey. Masalahnya, dia tidak melakukannya karena ingin menghabiskan waktu bersama Anda, khususnya. Sebaliknya, ini lebih tentang status atau gagasan memiliki pasangan, mungkin untuk mengesankan teman.

Apakah dia ingin tinggal di dalam, atau hanya ingin keluar, Anda pasti ingin memastikannya cocok dengan apa yang Anda cari. Seperti yang dikatakan Carey, "Jika orang lain memenuhi kebutuhannya dan Anda tidak, inilah saatnya untuk memeriksa kembali hubungan."