Sukses

4 Alasan Anda Harus Setop Kebiasaan Minum Kopi Setelah Makan

Ini alasan mengapa meminum kopi setelah makan adalah kebiasaan yang harus dihentikan.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak dari Anda yang membutuhkan kopi di pagi hari setelah Anda selesai sarapan atau secangkir cappuccino panas setelah makan siang.  Sebenarnya, saat Anda menikmati secangkir kopi setelah makan itu dapat memengaruhi kesehatan Anda lebih dari yang Anda kira.

Ya, ternyata kebiasaan menikmati secangkir kopi setelah makan bisa berdampak pada kesehatan dan penampilan Anda. Bagi Anda yang ingin mencari tahu mengapa meminum kopi setelah makan adalah kebiasaan yang harus dihentikan, berikut ulasannya dilansir dari Brightside.

1. Dapat Membuat Kulit Kering

 

Secangkir kopi nikmat dapat membangunkan Anda di pagi hari dan bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam banyak hal. Tetapi meminumnya langsung setelah makan tidak akan membuat tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi dari makanan dan dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 80 persen. 

Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup zat besi, itu mempengaruhi Anda dalam berbagai cara, dan itu akan terlihat terutama di kulit Anda. Mungkin kulit Anda akan lebih pucat dan lebih kering dari biasanya sehingga membuat kerutan lebih terlihat. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dapat Merusak Gigi

Minum kopi tepat setelah makan dapat memperlambat kemampuan tubuh Anda untuk menyerap mineral penting lainnya, termasuk kalsium. Kita secara alami kehilangan kalsium melalui rambut dan kulit, dan tubuh membuangnya dengan keringat dan urin. 

Minum kopi menyebabkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak kalsium, dan jika diet Anda tidak mengimbanginya, tubuh Anda pada akhirnya akan mulai mengambil kalsium dari tulang dan gigi Anda. Hal ini, pada gilirannya, dapat membuat gigi Anda rapuh dan menyebabkan gusi Anda teriritasi.

3 dari 4 halaman

3. Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol Jahat

Sepotong roti dengan lapisan mentega yang tebal mungkin bukan makanan yang paling sehat, tapi rasanya enak, apalagi dinikmati dengan kopi. Namun kebiasaan makan keduanya hampir bersamaan bisa membuat kolesterol Anda meroket. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak yang ditemukan dalam kopi memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur kolesterol, menjadikan minuman favorit kita sebagai salah satu senyawa yang paling meningkatkan kolesterol dalam makanan kita.

4 dari 4 halaman

4. Kerontokan Rambut

Bahkan jika diet Anda seimbang dan kaya akan semua nutrisi penting, kebiasaan minum kopi langsung setelah makan bisa menyabotase upaya Anda untuk makan sehat. Karena, minum secangkir kopi langsung setelah makan, mengurangi penyerapan banyak elemen penting dan itu berdampak pada tubuh Anda dalam banyak hal bahkan dapat memengaruhi rambut Anda. 

Ketika tubuh Anda kekurangan zat besi, lebih sulit bagi darah Anda untuk membawa oksigen yang memperbaiki sel-sel dalam tubuh Anda yang merangsang pertumbuhan rambut. Ini, pada gilirannya, memengaruhi kesehatan kulit kepala Anda, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.