Sukses

Dijamin Aman, Ini 5 Cara Alami Atasi Kebotakan Dini

Berikut ini adalah 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kebotakan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah rambut yang kerap dialami banyak orang baik pria maupun wanita ialah rambut rontok. Ada baiknya Anda tak membiarkan masalah ini. Pasalnya kerontokan rambut bisa berujung pada kebotakan. 

Kebotakan tentu membuat banyak orang tidak percaya diri. Tak hanya pria, wanita pun beresiko mengalami kebotakan dini. Umunya hal ini  bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari gaya hidup, stres berlebihan, keturunan, iritasi kulit kepala, dan penyakit kronis. 

Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberap cara alami yang dapat membantu Anda mengatasinya. Dilansir dari Boldsky berikut ini adalah 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kebotakan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Biji Fenugreek

Lantaran mengandung vitamin B6, mineral, zat besi dan kalsium, tanaman yang satu ini dapat merangsang pertumbuhan kembali rambut Anda. Caranya cukup haluskan biji fenugreek lalu oleskan di daerah yang botak. Biarkan selama satu jam lalu bilas dengan shampo. Lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

3 dari 6 halaman

Minyak Timi

Tahukah Anda bahwa minyak ini mengandung timol dan antiseptik yang meningkatkan sirkulasi darah, merangsang pertumbuhan rambut, dan mengurangi ketombe. Tuangkan beberapa tetes minyak timi di tangan Anda, lalu gosok sedikit untuk menghangatkan minyak. Usapkan di daerah yang botak lalu pijat sebentar. Kemudian sisir agar minyaknya merata.

4 dari 6 halaman

Safron

Safron memiliki jumlah antoksidan yang cukup sehingga saffron dapat memperbaiki folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Campur 4 sendok teh susu dan 1 sendok makan saffron. Aduk dan oleskan pada daerah yang botak. Biarkan selama satu malam dan bilas di pagi hari.

5 dari 6 halaman

Jus Lobak

Jus lobak memiliki vitamin A,C,dan K yang bermanfaat untuk memperkuat akar rambut. Oleskan jus lobak pada daerah yang botak lalu berikan sedikit pijatan sampai Anda merasakan kulit menjadi sedikit hangat.

6 dari 6 halaman

Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu mengandung protein penting yang bisa memperbaiki folikel rambut yang rusak. Haluskan beberapa kelopak kembang sepatu lalu campurkan beberapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan di daerah yang botak, biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.