Sukses

Terbiasa Menggosok Gigi Usai Sarapan, Bisa Timbulkan Bahaya Bagi Kesehatan Loh

Bahaya menggosok gigi setelah sarapan. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Menggosok gigi merupakan ruitinitas yang tak boleh terlewatkan untuk menjaga gigi tetap sehat dan mulut tetap segar.

Namun, masih banyak orang yang kerap melakukan kebiasaan buruk menyikat gigi yang menimbulkan kerusakan pada gigi.

Seperti menggosok gigi setelah sarapan agar napas Anda tetap segar. Rupanya kebiasaan ini justru berbahaya bagi kesehatan gigi.

Tidak ingin gigi Anda rusak? Simak ulasan alasan mengapa menyikat gigi usai sarapan berbahaya yang dirangkum dari NYPost. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merusak ketahanan email gigi

Sehabis sarapan langsung menggosok gigi merupakan ide buruk bagi Anda yang kerap melakukannya. Hal ini dikarenakan saat Anda mengonsumsi makanan situasi di dalam mulut menjadi asam. 

Berdasarkan ungkapan Richard Marques dokter gigi di Harley Street, London menjelaskan kebiasaan itu akan melemahkan fungsi email gigi yang tugasnya memberikan perlindungan pada gigi karena kandungan asam yang terkandung dalam makanan.

Gosok gigi hanyalah memperparah gigi Anda dengan meratakan kandungan asam menyeluruh pada permukaan gigi.

Kandungan asam yang tinggi lambat laun menggerogoti email gigi Anda atau istilah akrabnya disebut proses erosi gigi.

 

3 dari 4 halaman

Menghilangkan kilau putih gigi

Senyuman indah yang kerap Anda bagikan pun menghilang hingga kilau putih gigi berganti menjadi menguning. Tentu, ini menjadi pintu masuk bagi bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

 

4 dari 4 halaman

Lantas, kapan waktu terbaik menggosok gigi?

Dr Marques menambahkan tidak ada patokan waktu yang pas dalam menggosok gigi. Kalau-kalau Anda tetap ingin melanjutkan kebiasaan itu usai sarapan boleh saja, tetapi Anda membutuhkan waktu setidaknya 30 menit setelahnya atau 10 menit sebelum makan. 

Dikhawatirkan akan terjadi penumpukan plak pada gigi, Anda juga bisa lakukan langkah simpel dengan kumur dengan air untuk menghindari sisa makanan menempel pada permukaan gigi.

Di samping itu, Anda harus mengurangi kebiasaan ngemil terus-menerus karena ini akan menyebabkan gigi Anda akan berada dalam situasi asam secara konstan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.