Sukses

Bahaya Pakai Headphone Terlalu Lama dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda sering menggunakan headphone dengan waktu yang lama?

Liputan6.com, Jakarta- Mendengarkan musik sambil mengerjakan tugas, sedang berpergian atau saat sedang berada di gym tentu akan terasa lebih asik, bukan? Hampir semua individu menggunakan headphone sepanjang waktu. 

Mendengarkan lagu ketika sedang berada di keramaian menjadi salah satu cara bagi sebagian individu untuk melarikan diri dari kenyataan. Selain itu, ada juga beberapa orang yang mendengarkan lagu untuk menenangkan pikiran mereka.

Namun, apa yang terjadi jika kita menggunakan headphone terlalu lama? Apakah pernah terlintas di benak Anda bahwa menggunakan headphone selama berjam-jam memiliki dampak buruk bagi Anda? 

Menggunakan headphone terlalu lama bisa mempengaruhi pendengaran jika Anda mendengarkannya terlalu lama atau dengan volume yang keras. WHO mengungkapkan bahwa sekitar 1 miliar anak muda di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran karena sering mendengarkan musik melalui menggunakan headphone. 

Kemudian, WHO juga merekomendasikan untuk tidak mendengarkan musik dengan volume lebih dari 60 persen volume maksimum. Selain itu, dirasakan pula untuk tidak menggunakan headphone lebih dari satu jam.

Ketika menggunakan headphone, Anda disarankan untuk istirahat lima menit setiap setengah jam. Healthy Hearing mengungkapkan paparan kebisingan adalah satu satu penyebab dari gangguan pendengaran.

Berikut bahaya menggunakan headphone terlalu lama, seperti melansir dari Thelist, Jumat (5/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mempengaruhi pendengaran Anda

Jika Anda senang mendengarkan musik atau podcast menggunakan headphone, Anda harus lebih berhati-hati akan bahaya yang ditimbulkan oleh suara keras di telinga Anda.

Penelitian menemukan bahwa penggunaan headphone atau earphone telah menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran pada remaja. 

Ketika Anda mendengarkan suara yang keras, gendang telinga Anda bergetar yang menjalar ke koklea, sebuah ruangan yang berisi cairan dan rambut-rambut kecil.

Semakin keras volume suara maka akan semakin kuat pula getarannya. Jika Anda mendengarkan musik secara terus menerus dengan volume yang keras akan membuat sel-sel rambut lebih sensitif. 

Anda dianjurkan untuk menggunakan headphone over-the-ear daripada in-ear-bud karena headphone ini memberikan jarak yang lebih jauh antara telinga bagian dalam suara.

3 dari 5 halaman

Menyebabkan demensia dan pusing

Sebuah studi menemukan bahwa gangguan pendengaran ringan juga dapat berisiko pada demensia Anda.

Dr Ana H.Kim mengatakan bahwa mendengarkan musik yang berkepanjangan diperkirakan menyebabkan demensia, kerusakan alat pendengaran periferal (yang mengkonversi suara menjadi sinyal listrik yang ditafsirkan ke otak) akan menurunkan suara yang masuk ke pusat utama pendengaran otak. Kondisi ini meningkatkan risiko demensia.

Kemudian penelitian juga menunjukkan bahwa suara dan tekanan dapat menyebabkan vertigo, di mana Anda merasa sekitaran Anda berputar.

4 dari 5 halaman

Mengakibatkan masalah kulit

Menggunakan headphone over-the-ear dapat menyebabkan peningkat jerawat dan infeksi kulit. Hal tersebut dapat terjadi ketika Anda menggunakannya selama berolahraga atau setelah berolahraga dan menggunakannya dalam waktu yang lama.

Masalah kulit ini dapat terjadi karena meningkatkan pertumbuhan bakteri pada headphone dari keringat dan kelembaban. 

Seorang dokter juga membuktikan, penggunaan earbud terlalu lama dan terlalu sering dapat mendorong kotoran lebih dalam ke folikel. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat mengurangi penggunaan earbud, tidak menggunakannya terlalu lama, dan selalu membersihkannya dengan teratur.

5 dari 5 halaman

Cara mencegah gangguan pendengaran ketika menggunakan headphone

Mendengarkan musik dengan menggunakan headphone memang sangat asik. Namun untuk mencegah gangguan pendengaran akibat penggunaan headphone, Anda dapat mencegahnya dengan beberapa cara berikut, seperti melansir dari Cnet, Minggu (5/9/2021).

1. Kecilkan volume

Jagalah volume headphone Anda tetap rendah, maksimall 60 persen dari volume maksimum, jangan lebih. 

2. Gunakan headphone yang dapat meredam kebisingan

Jika Anda berada di jalan raya atau lingkungan yang berisik, biasanya Anda akan terus menaikkan volume Anda karena suara eksternal semakin keras. Untuk mengatasi peningkatan volume yang terus menerus, Anda dapat menggunakan headphone peredam bising. 

3. Pakai earphone, jangan earbud

Headphone dan earbud adalah dua yang yang berbeda. Earbud memiliki volume yang lebih keras dibandingkan headphone. 

4. Istirahat minimal 5 menit

Semakin lama Anda mendengarkan musik, akan semakin tinggi kemungkinan pendengaran Anda akan rusak. Istirahatlah minimal 5-10 menit setiap 30 menit. 

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.