Sukses

Terlalu Sering Pakai Headphone Picu Jerawat di Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya komedo dan jerawat di area wajah tentu lumrah dialami setiap individu. Namun, munculnya jerawat dan komedo tentu menjadi masalah bagi segelintir individu karena akan mengurangi kepercayaan diri mereka.

Biasanya komedo muncul di wajah, terutama hidung dan dagu. Namun, tahukah Anda ternyata komedo juga bisa muncul di dalam telinga?

Seorang dokter memperingatkan bahwa memakai headphone untuk waktu yang lama bisa menyebabkan pembentukan komedo di telinga.

Meski mendengarkan musik bisa membantu Anda melepas stres, kebiasaan menggunakan headphone secara berlebihan bisa mengganggu kulit dan menimbulkan komedo di telinga Anda.

2 dari 4 halaman

Penyebabnya

Melansir dari Elitereaders, Senin (21/6/2021), dalam sebuah video berjudul "The Doctors," menunjukkan bahwa bagian luar telinga mengandung banyak kelenjar sebaceous seperti hidung dan dagu.

Kelenjar sebaceous ini bertanggung jawab untuk mensekresikan minyak yang dapat menyebabkan komedo.

Untuk menghindari adanya komedo pada telingamu, coba biasakan rutin membersihkan kulit bagian luar telinga atau daun telinga untuk memastikan pori-pori tidak tersumbat.

Selain itu, batasi penggunaan headphone, apalagi headhone yang tidak dibersihkan secara teratur untuk mengurangi iritasi kulit.

 

3 dari 4 halaman

Komedo di Daun Telinga

Sebuah video yang memperlihatkan komedo besar dikeluarkan dari daun telinga beredar hingga viral di media sosial. Komedo yang menyumbat pori-pori itu ternyata menumpuk setelah dikeluarkan.

Awalnya, komedo yang dikeluarkan dari kulit berlubang hanya berupa serpihan. Namun, pada menit-menit akhir, terdapat komedo hitam yang cukup besar. Banyak warganet yang tidak menyangka jika sebuah komedo dapat bersarang di telinga.

Banyak individu memang merasa kesulitan untuk menangani masalah jerawat ataupun komedo. Maka tak heran jika segelintir orang memutuskan menggunakan bantuan ahli untuk menangani masalah tersebut.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: