Sukses

Menyegarkan di Siang yang Terik, Cobain Resep Es Limun Santan Kocok Ini

Liputan6.com, Jakarta Dalam menjalani hari yang terik, menikmati minuman yang menyegarkan akan membantu menghilangkan dahaga. Minuman dengan rasa asam seperti es limun dapat menjadi pilihan yang tepat saat sedang merasa haus.

Meski begitu, beberapa orang tidak menyukai rasa asam yang berlebih dari suatu makanan atau minuman. Namun, Anda tetap bisa menikmati minuman es limun yang tidak terlalu asam dengan kombinasi bersama santan.

Melansir dari Eating Well, terdapat salah satu minuman yang mengombinasikan antara es limun dengan santan. Kelembutan milkshake yang digabungkan dengan rasa segar dari lemon akan memberikan cara baru untuk menikmati es limun ini.

Menggunakan bahan dasar berupa lemon juga akan memberikan nutrisi baik untuk tubuh, seperti kandungan vitamin C yang berperan penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Berikut ini kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang akan didapatkan dari lemon.

2 dari 6 halaman

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatan dari Lemon

Melansir dari Verywell Fit, dalam satu lemon utuh bisa mengandung 17 kalori dan lebih dari 5 gram karbohidrat. Karbohdirat tersebut terdapat kandungan serat sebanyak 1,6 gram dan gula sebanyak 1,5 gram.

Lemak yang terkandung pada lemon sangat sedikit, diperkirakan di bawah 1 gram dalam satu buah utuh. Begitu pun dengan protein, lemon bukan sumber protein yang signifikan, hanya disediakan kurang dari 1 gram dalam per buah.

Namun, lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Adapun yang lainnya juga terdapat kandungan thiamin, vitamin B6, dan folat di dalamnya. Untuk mineral, lemon hanya memiliki sejumlah kecil kalsium, zat besi, dan potasium.

Dari berbagai macam nutrisi tersebut, lemon bisa mencegah defisiensi atas kekurangan vitamin C. Hal tersebut juga sudah terbukti sepanjang sejarah, sebab dahulu Angkatan Laut Inggris menemukan penyakit kudis atau penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, dapat disembuhkan dengan makan lemon dan jeruk.

Asupan vitamin C tersebut juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular (CVD), termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. National Institutes of Health menyatakan bahwa manfaat tersebut didapatkan dari kandungan antioksidan lemon yang membantu mencegah kerusakan oksidatif (penyebab penyakit kardiovaskular).

Walaupun begitu, penelitian menunjukkan kekurangan vitamin C yang juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi akibat penyakit kardiovaskular dan vitamin C mungkin sedikit meningkatkan fungsi endotel dan profil lipid pada beberapa kelompok, tetapi penelitian tersebut tidak memberikan dukungan yang cukup untuk penggunaan vitamin C secara luas.

Kandungan vitamin C memang memiliki banyak manfaat lainnya seperti menurunkan usia lebih lambat dengan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, juga bisa memabntu meningkatkan kesehatan mata, memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, dan juga bisa mencegah kanker.

3 dari 6 halaman

Bahan-Bahan

Dalam membuat minuman segar dan lembut ini membutuhkan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat empat porsi es limun santan, yaitu:

Sirup Sederhana Lemon

  • ½ cangkir gula pasir
  • ½ gelas air
  • Kulit lemon, 1 buah

 

Limun

  • ½ cangkir jus lemon segar (dari 2 lemon)
  • 1 cangkir santan penuh lemak
  • 2 ½ cangkir es batu
4 dari 6 halaman

Cara Pembuatan

Dalam membuat minuman segar ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam 10 menit, karena harus mendiamkan didihan air gula terlebih dahulu.

  1. Siapkan sirup lemon terlebih dahulu dengan mendidihkan gula dan air dalam panci kecil di atas api sedang, aduk sesekali sampai gula larut
  2. Masukkan kulit lemon ke dalam panci yang berisi cairan gula, kemudian aduk untuk beberapa saat dan angkat dari kompor
  3. Tutup panci dan biarkan kulit lemon terendam selama 1 jam, lalu saring untuk memisahkan air dan kulit lemon
  4. Siapkan lemon kocok dengan menambahkan sirup lemon yang sudah disaring tadi dengan jus atau perasan lemon, santan, dan es batu ke dalam blender
  5. Biarkan di dalam blender sampai es batu hancur dan adonan menjadi tercampur rata
  6. Sajikan dengan membaginya menjadi empat porsi dalam gelas yang berbeda

Tips: Sirup lemon sederhana bisa di diamkan dalam wadah kedap udara selama 1 minggu sehingga bisa lebih cepat dalam membuatnya, jika dilakukan sebelumnya.

5 dari 6 halaman

Nutrisi Per Porsi

Dalam satu porsi yang berukuran 8 ons memiliki kandungan 167 kalori, 1.3 gram protein, 16.4 gram karbohdirat, 0.8 gram serat makanan, 13.4 gram gula, 12.1 gram lemak, 10.7 gram lemak jenuh, vitamin A, vitamin C, folat, kalsium, besi, magnesium, kalium, natrium, dan gula tambahan.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: