Sukses

3 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Namun banyak individu, khususnya kaum hawa bermasalah jika kulit wajah mereka berminyak, karena sangat mengganggu penampilan.

Kulit wajah yang berminyak bisa disebabkan beberapa faktor, seperti genetik, pola makan, stres dan iklim. Jadi, kondisi kulit berminyak dialami individu karena hasil dari peningkatan produksi sebum, yang apabila berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak individu memilih menggunakan berbagai produk khusus untuk kulit berminyak. Namun, nyatanya perawatan dengan bahan alami juga bisa membantu mengatasi kulit wajah berminyak.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa mengatasi kulit wajah berminyak, seperti melansir dari Boldsky, Jumat (23/4/2021).

2 dari 5 halaman

Oatmeal, Telur dan Madu

Oatmeal mampu membersihkan kulit mati dan menyerap minyak berlebih di wajah. Sementara itu putih telur menjaga kulit Anda tetap kecang dan madu memiliki sifat antibakteri yang sangat baik untuk mencegah kulit Anda dari bakteri berbahaya.

Yang Anda butuhkan 3 sdm oatmeal bubuk, 1 telur 1 sdm madu dan 1 sdm dadih.

3 dari 5 halaman

Minyak Jojoba

Konsistensi minyak jojoba sangat mirip dengan minyak-sebum alami kulit. Saat Anda mengoleskan minyak jojoba pada kulit Anda, minyak itu akan menyerap dalam kulit Anda, bercampur dengan sebum dan menyeimbangkan produksinya untuk mengatasi kulit berminyak.

Selain itu, minyak jojoba memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat yang bisa mencegah bakteri.

Yang Anda butuhkan hanya minyak jojoba dan kapas. Pertama-tama cuci muka Anda dengan pembersih wajah, lalu keringkan.

Selanjutnya ambil sedikit minyak jojoba di atas kapas. Lalu bisa Anda aplikasikan ke wajah seperti Anda menggunakan toner. Biarkan selama 2-3 jam, lalu bilas.

Gunakan minyak jojoba ini dua kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

4 dari 5 halaman

Tepung Gram, Air Mawar dan Lemon

Tepung gram menjadi pembersih alami terbaik untuk kulit. Selain itu juga memiliki sifat antibakteri yang luar biasa untuk menjauhkan bakteri penyebab jerawat dan membuat kulit Anda sehat dan bersih.

Sementara itu, perasan lemon dan air mawar sama-sama memiliki sifat astringen yang kuat yang mencegah produksi sebum berlebih dan menambah kilau kulit Anda.

Yang Anda butuhkan, 1 sdm tepung gram, 1 sdt air mawar dan 4 tetes perasan lemon.

Untuk menggunakannya, siapkan mangkuk dan masukkan seluruh bahan ke dalamnya. Aduk seluruhnya dengan baik.

Setelah itu, oleskan pasta di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil terbiak, gunakan obat ini 2-3 kali seminggu.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: