Sukses

Punya Kulit Berminyak, Atasi dengan 6 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Kulit berminyak menjadi satu hal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, khususnya wanita. Terkadang pasti akan merasa tidak nyaman merasakan kulit berminyak itu. Oleh karena itu, perlu beberapa cara untuk menghilangkan minyak yang ada pada kulit khususnya di wajah.

Penyebab kulit Anda berminyak bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut di antaranya keturunan, riasan, atau pun makanan yang Anda konsumsi.

Kulit berminyak tentu bukan diatasi dengan menutupnya menggunakan riasan (makeup). Justru dengan menggunakan riasan terkadang akan menimbulkan masalah lagi.

Berminyaknya kulit Anda juga akhirnya bisa menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Anda perlu membersihkannya secara teratur untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah. Di samping perawatan wajah yang lain, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara ini untuk coba menghilangkan minyak di wajah.

Mengutip laman magforwoman, berikut ini penjelasan bagaimana Anda dapat menghilangkan kulit yang berminyak.

1. Mencuci wajah secara teratur

Setidaknya, Anda bisa mencuci wajah Anda 4-5 kali dalam sehari. Jangan hanya mencuci wajah saat mandi. Selain itu, cucilah menggunakan sabun gliserin untuk mendapat hasil yang lebih baik.

2. Mengoleskan gel lidah buaya

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, Anda lebih mudah mendapatkannya. Dengan gel yang berasal dari tanaman lidah buaya, ternyata dinilai bisa menghilangkan minyak di wajah.

Namun, jangan khawatir jika Anda tidak memiliki tanamannya Anda bisa membeli gel lidah buaya di toko. Anda bisa mengoleskannya beberapa kali setiap harinya untuk menghilangkan minya berlebih.

3. Coba campuran almond dan lemon

Ternyata campuran almond yang digiling halus dengan lemon kemudian dioleskan di wajah dinilai bisa membantu menghilangkan wajah berminyak.

Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan diamkan beberapa menit, jadikan campuran tersebut sebagai masker. Anda bisa lakukan itu saat pagi dan malam hari.

 

 

2 dari 2 halaman

4. Coba masker apel

Selain almond dan lemon, Anda juga bisa mencoba masker apel. Membuatnya cukup mudah. Anda cukup memotong apel kecil-kecil dan haluskan.

Aplikasikan apel yang sudah dihaluskan tersebut pada wajah Anda. Dengan melakukannya secara rutin, Anda tak perlu khawatir lagi dengan masalah kulit berminyak.

Selain untuk menghilangkan kulit yang berminyak, apel juga mengandung nutrisi yang baik untuk kulit Anda.

5. Bersihkan riasan

Saat Anda menggunakan riasan, jangan lupa untuk cepat membersihkannya jika sekiranya sudah tidak dibutuhkan.

Jangan sampai Anda tidur meninggalkan riasan yang masih menempel pada wajah Anda karena hal itu justru akan menyebabkan kulit Anda semakin berminyak.

Selain itu, riasan juga yang akan menyebabkan pori-pori Anda tersumbat sehingga akan menyebabkan tumbuhnya jerawat atau komedo hitam di wajah.

6. Mengoleskan campuran telur dan gula

Cara terakhir yang mungkin Anda lakukan adalah dengan mengocok putih telur dengan gula. Bukan sebagai bahan pembuatan kue, tetapi Anda bisa mengaplikasikan campuran tersebut ke wajah Anda yang berminyak. Setelah dioleskan, diamkanlah selama 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah. Campuran telur dan gula tersebut dinilai bisa membantu menghilangkan kulit berminyak.

Selain melakukan keenam cara tersebut, Anda juga perlu menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak. Tidak lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan wajah dengan mencucinya dengan bersih untuk menghilangkan kulit berminyak.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati